Kastangel Roti Tawar

Kastangel Roti Tawar


Kastangel roti ini teksturnya krenyes-krenyes, gurih dan enak...lumyanlah... buat camilan sore hari dikala kepepet pengen ngemil....


Kastangel ini dibuat beberapa hari yang lalu dalam rangka menghabiskan stok roti tawar yang lumayan banyak untuk dilahap sendirian. Masih ingat kan dengan Puding Roti yang pernah saya buat sebelumnya? nah kastangel roti ini dibuat dari sisa membuat puding roti kemarin itu. Ternyata tanggal kadaluarsanya sudah mulai mefet bo... sementara untuk menyantap sendiri roti sebanyak itu, ya klenger aja kali masa seharian makan roti....ya, susah sih yah kalo orang sunda mah biar makan keju sebaskom juga teuteup aja nyari kejo [in inglish, kejo itu artinya nasi pemirsa] hehehhe...



Kastangel Roti Tawar




Kastangel Roti Tawar



Resep kastangel roti tawar ini saya contek dari blognya Mama Vino yang katanya didapat dari Tabloid Saji, cuma nggak jelas edisi berapa hehehe...tapi meski begitu, resep yang saya cantumkan dibawah ini, nggak bener-bener meniru resep aslinya, tapi sudah saya modifikasi, ya seperti biasa, disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di rumah..^^





KASTANGEL ROTI TAWAR
Source: mamavino




Kastangel Roti Tawar





8 lembar roti tawar
Keju parut secukupnya, untuk topping



Vla:


100 ml susu cair
20 gr keju parut
1/2 sdt garam
1 1/2 sdm gula pasir
1 sdt tepung maizena
1 sdm butter







Vla:

Rebus susu, keju, gula dan garam hingga keju larut, kemudian masukan tepung maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Tunggu hingga meletup-letup dan mengental, masukan butter, aduk-aduk, angkat, biarkan hingga hangat.
Ambil satu lembar roti, olesi dengan vla, kemudian potong memanjang, seperti halnya kastangel. Gulingkan bagian atas yang diberi vla ke dalam parutan keju. Panggang hingga kecoklatan. 



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



17 comments :

  1. kalo cuma roti tawar dipotong, kasi kuning telor terus pake keju bisa jadi gak ya teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jadi lah masa gak jadi..
      tapi jadinya itu roti panggang keju hehehe...*kiddin..
      kl mau lbh praktis lagi dan supaya aromanya lbh nendang, bisa pake cara tadi, tapi sbg masukan, mungkin rotinya lebih baik dioles dl dengan butter sblum dikasih kuning telur,...soalnya salah satu penentu kesedapan dr kastangel roti ini ya aromanya itu mbak.. ^^

      Hapus
  2. Ih, da kalo Rudy udah punya Istri, pasti Rudy bakal minta dia untuk ngintipin dapurnya Teh Ayu ini, hehe...Teteh pinter banget sih bikin-bikin kulinernya?.

    Oh iya, kalo diperhatikan, bahan-bahan dan cara membuat Kastangel Roti Tawar ini cukup simpel ya Teh?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehhh..blm py istri?kirain udh py cucu..hihi..
      sy jg masih belajar kang...:)

      iya lmyan simple sekaligus pemberdayaan bahan baku yang sbntar lg mau kadaluarsaa..:D

      Hapus
  3. meuni hoyong, ceu...
    disini juga sering makan roti tawar
    tapi roti tawar doang ga pake apa-apa
    hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau di-keju-in juga?
      ish... gampil atuh kang, kempit aja tuh roti diketek, lima menitan lah..ntar juga baunya asem kayak keju plus asin asinnya dr kriget kl abis manjat tower...:D

      Hapus
    2. sekalian aja kasih upil...

      *sambit sandal...

      Hapus
    3. iya bener tuh upilnya..
      merem aja, ntar juga berasa kismis wkwkwkkw

      Hapus
    4. akhirnya...geuleuh juga dirimu huahahhaha...

      Hapus
  4. fotonya cantik mbak ^^, kejunya menggoda

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih hehhe..
      iya..krenyes-krenyes mbak^^

      Hapus
  5. kelihatannya simple. Mau nyoba bikin jadinya. Soalnya di rumah juga suka stock roti tawar.
    makasih teh :)

    BalasHapus
  6. kreatiiipppp..izin nyontek resepnya mbak ayu :)

    BalasHapus
  7. Boleh juga nih...izin coba resep ya mba.. 😊

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^