Pisang Bolen Coklat Keju

Pisang Bolen Coklat Keju
Pisang berbalut coklat dan keju, diselimuti tepung yang diuleni dengan mentega... lezat!


Penasaran banget sama pisbol ini, sejak mbak Vivi nulis resepnya. Bentuknya cantik, permukaanya kinclong dan mengkilat gitu *maksutnya yang punya mbak vivi... apalagi, yang menarik adalah, resepnya gak pake korsvet. Tapi pake mentega atau bisa juga pake margarin biasa. Cuma,  saran saya, untuk mendapat aroma terbaik, lebih disarankan memakai mentega.

Tadinya saya pikir, kulitnya lembut aja, ternyata hasilnya flaky gitu... pas digigit bagian atasnya renyah, dan isiannya yang melimpah bener-bener bikin lidah bergoyang.... Oyah, Untuk isiannya, saya modif yang asalnya pisang sama keju quickmelt aja, jadi pisang, meises, coklat dan keju parut. Soalnya saya lebih prefer pisbol yang manis dan gurih. Tapi kalo temen-temen mau bikin, isiannya terserah ya mau coklat keju, keju doang, atau coklat aja, terserah...

Seharusnya, bahan olesan untuk pisbol ini ditambahin madu, cuma karena lagi gak ada stock, madunya saya ganti pake minyak. Hasilnya tentu jadi tidak sekinclong yang dioles madu. Silahkan liat penampakan foto saya lalu bandingkan dengan yang punya mbak vivi, ntar keliatan banget bedanya. Punya mbak vivi jauh lebih cantik... Penambahan madu memang bagus untuk olesan kayak gini, membuat penampilannya lebih menarik dan tentunya lebih mengundang selera. Pokoknya resep ini layak banget untuk dicoba...

Thanks ya buat mbak Vivi...^^


Pisang Bolen Coklat Keju

Pisang Bolen Coklat Keju

Pisang Bolen Coklat Keju


PISANG BOLEN COKLAT KEJU
Source: Jajane Vivi


Pisang Bolen Coklat Keju






Bahan A
100 gram tepung terigu protein tinggi 
1 sendok makan minyak goreng 
75 gram margarin [saya ganti dengan butter]


Bahan B
200 gram tepung terigu protein tinggi 
30 gram gula tepung 
80 ml air 
75 gram margarin [saya ganti dengan butter]


Bahan Olesan [aduk Rata]
2 kuning telur 
1 sendok makan air 
1 sendok teh madu [saya ganti pakai minyak]


Bahan Isi
8 buah pisang raja, rebus [saya pakai pisang kepok]
Keju parut secukupnya
Meises, secukupnya






Belah pisang menjadi 2 kemudian beri isi dengan keju dan coklat, tutup lagi dengan pisang, sisihkan. 
Aduk rata bahan A, lalu bentuk bulat, kemudian diamkan selama 10 menit. Sementara itu, aduk bahan B sampai setengah elastis, lalu diamkan 15 menit. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.

Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B, kemudian lipat seperti amplop.Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.

Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



34 comments :

  1. kesukaankuuuu... tp blom prnh bikin sndri :(. gak pake oven bisa gak ya?hahaha maksa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *garuk2kpala*
      gisa gak yah... hihihi....:D

      Hapus
    2. Bisa doooong... pake duit... tggal beli pan gmpang... kaga usah pk open...

      Huawawkakakak....

      Hapus
    3. Sini sayah bntuin garukin...


      * pk kulit duren...

      Hapus
    4. berarti judulnya ganti donk, bukan bikin pisbol tapi beli pisbol:P

      Hapus
    5. hahaha... iya ya paling gampang ya beli.tp penasaran euy buat bkin sndri.syng oven d rmh gak bs ikutan d boyong ksni wkwkwjwk

      Hapus
    6. wah kl sy bisa mati gaya kalo gak ada oven hihihi

      Hapus
  2. ahhh makasih pengen bikin pas weekend ah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2... mudah2an suka ya...:)
      terima kasih sudah mampir..^^

      Hapus
  3. Balasan
    1. konon katanya ada beda antara bolen dan molen, kalo molen itu pisang goreng yang dililit-lilit terigu, kalo bolen, pisang dibungkus adonan pastry, terus dipanggang, gt katanya om...:)

      Hapus
    2. bedanya terigu sama pastry aja aku ga ngerti
      taunya ngahuap doang lah...

      Hapus
    3. makana bapa2 mah cicing aja, tong sok protes..:D

      Hapus
  4. Uda lAma d bukmark nih... sayang blm ktmu wkt yg passss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak akan ada waktu yang pas, kalo niat belom mantap...*emang mao ngelamar..*:D

      Hapus
  5. dari duluuu pengen mbikin.....duluuu pertama liat di blog Mbak Vivi Supriadi .... kapan yaa bisa mbikin :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung itu kotanya pisang bolen, kendalanya kebanyakan pisbol pake korsvet, dan sewaktu mbak vivi posting ini, jadi keide-an aja gt, ternyata pake butter jg oke, lebih enak malah..:)

      Hapus
  6. Waah, favorit Papaku ini mba...
    Izin nyontek resepnya ya mba Ayu... :))

    BalasHapus
  7. punya saya meski nggak pakai madu juga lumayan mengkilap kok mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem soalnya sya mah pelit, kuning telornya cuma satu, minyaknya yang banyak hahhaha....

      Hapus
  8. Lah vivi supriadi yang dulu ada di jepang ya? Admin nya hhbf kan? Eh bener gak sih? Paling banter bikin pake pastry instan. Pemalesan* cari praktis. Hihi^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau mbak.. tapi mbak vivi yang saya maksud adalah mbak vivi "jajane vivi" itu :D

      Hapus
  9. Hi there, your recipe look so yummy and great, so we have been sharing them in our Pasar Senggol FB site. Hope you don't mind. www.pasarsenggol.org.uk Thanks.

    BalasHapus
  10. Mbak aku dah nyoba tp pake margarine,rasanya kuranh mantap,pengen bikin lagi tp sebagian tak isi nenas soale si kecil ga suka pisang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe betul mbak kalo pake margarin aromanya kurang oke...
      Wah pake nenas ya boleh deh lain kali sy coba kyknya enak jg;)

      Hapus
  11. Mba aga oot ni, fotonya bagus deh terus buat tulisannya pakai aplikasi apa? Biar ga terlalu oot waktu ngelipet adonan yang sudah ada pisangnya itu tinggal ditutupin aja apa bagaimana mba? Thanks before ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, saya pake sotosop mbak heheh
      dilipet aja mbak... udah agak lupa siy, tapi yakin kok gak aneh2 cuma dilipet biasa aja nanti yang bagian lipannya disimpen dibagian bawah...^^

      sama2:)

      Hapus
  12. pisbol ini emang yummy bgt yah mbak.. saya suka bikin pake kulit pastri yg udah jadi, tgl ngasih isian dan dioven.. kalo bkn sndiri kulitnya blm pernah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi btl yang pake kulit pastry siap pakai memabg lbh cepett.. kalo bikin mah rempooong :D

      Hapus
  13. udah bikin resep plek ketiplek sama punya mbak... kok hasil kulitnya agak kurang mateng ya,,,, apa ngoven nya salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? kenapa yah... apinya kegedean apa gimana? *kok balik nanya...T_T

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^