Nasi Liwet Bakar Isi Teri & Pete

Nasi Liwet Bakar Isi Teri & Pete
Nasi liwet dengan isian tumis teri pete, kemudian dibakar...


Nasi bakar kali ini saya pilih nasi liwet, bukannya nasi kukus santan yang biasa saya buat. Alasannya karena nasi liwet tidak memakai santan tapi dengan citarasa yang tetap lezat karena tambahan tumisan bawang merah, daun salam, sereh, lengkuas serta garam. Di kami, di daerah Pasundan, kebanyakan nasi liwetnya tidak memakai santan, entah ya kalo di daerah lain.

Khususnya di Sukabumi, nasi liwet ini biasanya dimasak di atas kastrol bersama ikan asin yang dibungkus daun singkong di atasnya. Kadang juga memakai teri. Tapi seumur-umur saya tidak pernah memakan nasi liwet yang di atasnya ditaruh ikan asin atau teri. Udah ngacir berat meski cuma nyium aromanya. Saya suka nasi liwet, kadang makan juga ikan asin, tapi ketika keduanya dimasak bareng, artinya bencana buat saya...bau amis bok... mungkin untuk sebagian orang, aroma amisnya biasa-biasa saja, tapi buat saya, yang "sensor amis"nya tajem banget, nasi liwet plus toping ikan asin itu siksaan berat... Jadi kalo saya biasanya lebih memilih memisahkan nasi liwet dan ikan asinnya lalu di masak di tempat berbeda. Nah kali ini saya sandingkan nasi liwetnya dengan teri yang ditumis bersama pete, sebagai isian. Tentu saja tambahan pete ini semakin menambah citarasanya. Tidak perlu ditanya lagi, enak bangeeeet....^^

Kalo temen-temen mau nyoba nasi bakar yang pakai santan, silahkan klick disini atau disini, untuk hasil terbaik silahkan ikuti step by step sesuai resep yah...






NASI LIWET BAKAR ISI TERI & PETE











Nasi Liwet
350 gr beras, cuci bersih
400-450 ml air
3 sdm minyak
4 btr bawang merah, iris halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1 batang serai, geprek
4 lmbr daun salam
2 cm lengkuas, geprek [gak pake, lupa:D]
Daun pisang untuk membungkus




Isian
50 gr teri, goreng kering [saya pakai teri nasi]
1 papan pete, kupas, potong-potong
2 tangkai daun bawang, iris
4 buah cabe hijau, iris serong
3 buah cabe rawit merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
4 btr bawang merah, iris tipis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
4 sdm minyak untuk menumis
50 ml air
1 buah tomat, potong-potong







Nasi
Campurkan beras dengan daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, tuangi air. Tumis bawang merah hingga harum dan kecoklatan, matikan kompor. Tuang bawang merah beserta minyaknya ke dalam penanak nasi. Lalu masak sambil sesekali nasi diaduk, supaya tercampur rata kematangannya. Setelah matang, kipasi baru dikasih isian.

Isian
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukan pete, cabe hijau, cabe rawit, daun bawang dan tomat. Aduk rata. Tuangi dengan air, masak hingga layu, tambahkan gula dan garam. Terakhir masukan teri yang sudah digoreng. Aduk, dan masak hingga kuah menyusut. Cicipi, pas kan rasanya dengan selera masing-masing. Angkat.

Penyelesaian
Ambil daun pisang, tuang nasi di atasnya kemudian ratakan. Ambil 1-2 sdm isian, lalu gulung, dan semat ujung-ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi. Lakukan sampai habis. Panggang sebentar di atas kompor. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



18 comments :

  1. Ari teteh ga tahan amis. Ari saya ga tahan pete n jengkol....

    Nti kl bikin, skip petenya aaaahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ari sayah mah ngga tahan laper......masa?!

      Hapus
    2. ah sami atuh ai eta mah abdi ge mang...:D

      Hapus
  2. hhaaa?paraku? hihi kalo gt cabe ijonya aja banyakin...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr pd repot, gmn kl sy minta ajah ke teteh.,..?

      Okeh.....
      Uhuuuyyyyy.....

      Hapus
  3. nasi liwet macem ginih mah atuh...tiap hari diliwetin juga bakalan doyantragis dong, tak pikir nasi liwet yang umumnya biasa diliwetnya didepan pos ronda, lauknya juga beda tipis sama liwet buatan eceu da....;o)
    #daramang sadayana ceu?mugia weh nya'.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhehe... benten saalit mang...:D
      alhmdlllh sae mang, sawangsulna kmh tah i Cilembu...?

      Hapus
  4. Rasa yang seanggun penampilan mestinya nih. Apa dibakarnya manual pake tungku, dalam kompor atau di semprot pake kompor gas macam di las gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga kang, ini dibakar aja di kompor... kayak biasalah heheh saya gak punya yg bakaran semprot itu hehhe

      Hapus
  5. Teteh Ayudiah, iiih, seneng deh makanan sunda nya, nasi bakar, tutug oncom, bikin kangen Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang Bandung yah?
      heheh...
      emang niju dimana kitu?

      Hapus
    2. nuju di jakarta... terus posting ya Teh, nambah semangat masak deh lihat selalu ada resep baru tiap hari

      Hapus
    3. hehhe InsyaAlloh, mudah2an sehat janten tiasa posting...:D
      ah di jakarta mah cake atuh....heheh

      Hapus
  6. Makasiih resepnyaa. Jadi inspirasi buat Buka puasa sore ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga nikmat hasilnya :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^