Pastel Goreng Renyah Tanpa Telur


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wiluejng wengi...


Udah agak ngantuk sih, tapi sempetin dulu posting sebentaar aja... soalnya tadi bikin pastel yang lumayan enak menurut saya...  Karena beberapa hari belakangan temen-temen di facebook, kok ya jadi pada posting pastel sih, sebel banget... bukan kenapa-kenapa soalnya saya itu penggemar berat pastel goreng... apalagi yang kulitnya renyah gitu... cuma sayang, suka males bikinnya... ya harus bikin isiannya dulu, terus bagian yang bikin rempong itu nipisin ama mrintil-mrintil kulitnya... hah... sama kan? sebel juga kan? coba deh ada yang jualan dan rasnaya pas, diborong deh kayaknya... tapi sayang disini mah jarang, adanya bala-bala mulu... yah mungkin karena yang gampang ya memang itu...

Setelah beberapa hari ini nggak bikin camilan yang bernuansa terigu, boleh dong kali ini nyemil-nyemil gorengan super renyah kayak gini... O yah untuk isiannya saya cuma pake kentang lumat yang ditumis sama wortel terus dikasih irisan telur rebus. Ngabisin stock kentang kukus aja sih... Meskipun sebenarnya nggak lazim yah pastel isiannya kentang lumat, ini mah cocoknya buat isian samosa... etapi setelah saya nyobain ternyata teuteup sedap sentosa dan gak ngaruh ke kulit... kulitnya teteup renyah dan kering, soalnya menumis isiannya sampai kadar airnya, benar-benar menyusut*harap dicatet ini yaaahhh... Jadinya unik, kulitnya kering dan renyah, dalemannya gurih dan lembut... cobain aja deh yaa.... ^^
Udah dulu yak mak, gak nahan nih* selimut... mana selimut....


PASTEL GORENG RENYAH TANPA TELUR


Pastel Goreng Renyah






250 gr tepung terigu
50 gr margarin
1/2 sdt garam
100 ml air
2 sdm minyak sayur 
Minyak untuk menggoreng




Isian
200 gr kentang kukus lumat
2 buah wortel ukuran sedang, potong kotak kecil
2 siung bawang putih
2 tangkai daun bawang
4 siung bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt garam
1/2 sdt gula
3/4 gelas air

Pelengkap
3 btr telur rebus, potong-potong




Isian
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dirajang halus, sampai wangi, masukan irisan daun bawang, aduk-aduk, tambahkan wortel, masak sampai layu. Tambahkan 1/2 bagian air. Masukan gula, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, aduk hingga airnya menyusut, masukan kentang, dan sisa air, aduk-aduk, masak hingga airnya mengering, cicipi, matikan api.

Kulit
Didihkan air, masukan margarin ke dalam air, matikan api. Biarkan hingga margarin cair dan air menjadi hangat, kemudian tuang ke dalam terigu yang sudah dicampur garam, tambahkan minyak, aduk asal rata, jangan terlalu lama mengaduk supaya kulit tidak alot.

Penyelesaian
Ambil adonan, kemudian tipiskan, cetak bulat. Ambil 1 sdm adonan dan seiris telur, lipat sisi- sisi nya kemudian pilin. Lakukan sampai habis. Goreng adonan di dalam minyak hingga terendam semua dengan api sedang, angkat, tiriskan, sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Aku ngak percaya itu enak, kalo aku blm nyobain #wekssss. Aku doyan banget makan pastel di campur bumbu kacang. Di mall ambasador ada yg jual enak bangetttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget pake bumbu kacang emang top markotop...
      hehe berapaan tuh disono.:D

      Hapus
  2. ih, samaaa.. suka banget pastel renyah tapi kok ya males bikinnya, kebayang ribetnya duluan >_<
    trus maemnya dicocol bumbu kacang, ahh..syedaaapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha tossss deeeeh....
      mantaapsss dicocol sambel...!

      Hapus
  3. waaahh kudu dicoba nih,,, tp rencananya isiannya mau aku ganti sama ubi ungu, dibikin manis pedes kayaknya endes deh :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^