Puding Jagung Santan

Puding Jagung Santan
Jagung dicampur agar-agar, sedikit jeli bubuk,  gula, dan santan...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Jagung itu emang enak dibikin apa aja... dibikin campuran sayur asem, lodeh, perkedel jagung *lirik mbak Eliza Setiawan*, atau dibikin yang manis manis kayak Jagung susu keju, puding jagung custard, atau bubur jagung keju... sama enaknya. Begitu pun saat dibikin puding ringkes kayak yang ini nih... teuteeep endeus kalo kata mbak Oki mah hahahha....Asli baru tau ada kata endeuuuusss.... alternatif lain kalo bosen pake kata makyuss atau endang bambang gulindang nih ya....:D

Nah pemirsa sebenarnya resep puding jagung itu udah pernah dulu diposting resepnya tapi yang ini beda lagi resepnya. Maklumlah kadang seadanya bahan aja gak disama-samain, yang jelas takaran airnya disesuaikan dengan jumlah agar-agar yang digunakan. Kali ini pake tambahan jeli bubuk juga, kalo yang dulu sih nggak, cuma agar-agar doang. Tujuannya biar teksturnya lebih kokoh aja. Soalnya kalo agar-agar dicampur pake jeli itu testurnya jadi unik, kokohnya beda aja gitu...


Puding Jagung Santan


Gula yang saya pake cuma gula pasir biasa. Kalo pengen rasanya lebih eksotis endonesiah banget, boleh juga diganti pake gula merah atau gula palem juga boleh... nah kalo yang pake gula merah itu, ntar jadinya lebih nampol dan kalo di saya disebutnya dodol, bukan lagi puding. Rasa dan aromanya memang beda, unik dan enyaaak...eh endeeeuuuusss hahahha.... cobain aja...^^



PUDING JAGUNG SANTAN



Puding Jagung Santan





3 buah jangung, sisir
200 ml santan
700 ml air
130-150 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli bubuk atau embar daun pandan
3/4 bks agar-agar putih [1 bks= 7 gr]
1/2 sdt jeli bubuk plain




Blender jagung dengan 500 ml air sampai halus, kemudian saring. Campurkan air sari jagung ini dengan sisa air dan bahan yang lain, aduk hingga rata. Masak di atas kompor dengan api sedang hingga meletup-letup. Cicipi, paskan manisnya dengan selera masing-masing. Matikan api. Masukan ke dalam gelas, jar, atau cetakan yang sudah dibasahi air sebelumnya, supaya mudah dikeluarkan dari cetakan. Dinginkan, kemudian masukan ke dalam lemari es, sajikan dingin. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. wiiihhh style fotonya makin kereeeen aja nih mamih... mau dong pudingnyah...
    (sepuluh gelas yah..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah tibang foto ginian mah masih cetek teh...:D
      ini jadinya aja cuma 6 gelas bu... tekor donkk..:D

      Hapus
  2. lebih enaak pake gula merah mbak... salah satu favorit keluarga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bangeeed, lebih nonjok ya rasa sm aromanya:)

      Hapus
  3. uhhuk *tiba2 keselek* hahahah..
    shohiih teh, jagung emang mo dibikin aja enakk.. eh endeuuss..xixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kya kya kya, nah ini dia racun endeusss heuheu...

      Hapus
  4. Balasan
    1. yaah aku aja kehabisan... biasalah ma anak2 hehhe

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^