Tongseng Jamur Tiram

Tongseng Jamur Tiram
Jamur yang dimasak bersama bumbu dan santan dengan citarasa gurih dan pedas...


Nggak usah mati gaya kalo punya jamur dan bosen mau dibikin apa. Coba deh dibikin tongseng kayak gini. Rasanya gurih, pedas dan lezat, tentu saja. Apalagi jamur tiram merupakan varietas yang tidak begitu sulit dijumpai dipasaran, setidaknya di Bandung, jamur ini mudah sekali di dapat. Apalagi harganya pun boleh dibilang murah, dibanding aneka jenis jamur yang lain. Tak usah dibandingkan dengan jamur impor dulu, bahkan dengan jamur lokal semacam jamur merang pun, jamur tiram masih lebih murah*ini cerita di Bandung ya, entah kalo di daerah lain. Meski begitu, citarasa jamur ini tak kalah enak jika dibandingkan dengan jamur yang lain. 

Aneka macam olahan jamur tiram yang biasa saya buat,  di antaranya yaitu jamur krispi, sate jamur, nugget jamur, pepes jamur, sop jamur, atau cukup ditumis biasa dengan bawang merah dan bawang putih juga sudah enak. Tapi kali ini saya bikin versi tongsengnya, dengan menambahkan santan dan aneka bumbu. Jadi tak hanya rasa, aroma nya pun lebih kaya. 

Bagi yang menghindari daging, tongseng jamur ini bisa menjadi salah satu alternatif lauk pauk yang tidak hanya enak, relatif murah, tapi juga bergizi. Jadi, tunggu apa lagi? yukk mareeee....



Tongseng Jamur Tiram


TONGSENG JAMUR TIRAM


Tongseng Jamur Tiram







200 gr jamur tiram
2 lembar daun jeruk, sobek
300 ml santan encer
1 buah cabe merah besar, iris tipis
3 buah cabe rawit super pedas, iris tipis [saya dihaluskan]
1 tangkai daun bawang
1 buah tomat [saya ganti dengan 1 mata asam]
1 sdt gula
3/4 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
Minyak untuk menumis


Bumbu yang dihaluskan:
1/2 sdt ketumbar, sangrai
4 btr bawang merah
2 siung bawang putih
2 btr kemiri [skip kalo gak suka]
1 cm kunyit, bakar
1 cm jahe, bakar







Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan daun jeruk, cabe merah besar, cabe rawit, daun bawang dan tomat. Masukan jamur, aduk rata. Masak hingga jamur layu. Tuang santan, masak sambil terus diaduk. Tambahkan gula, garam dan merica serta kaldu bubuk. Masak hingga jamur matang. Cicipi kuahnya, apabila rasanya sudah pas. Matikan api, sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. wah ide menarik nih..selama ini kalau masak jamur cuma ditumis aja hehehe
    makasih resepnya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2...:)
      mudah2an cocok sama versi tongsneg kayak gini..

      Hapus
  2. udah lama ga makan jamur tiram....jadi pengeeenn....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^