Jamur krispi


jamur krispi

Hari ini seharian..-eh nggak deng-..setengah hari, mati lampu. Padahal kerjaan ibu-ibu kan banyak...utamanya jadi susah air, dan kenapa malam-malam online? soalnya baru saja membereskan cucian yang tadi kejeda gara-gara listriknya mati, daripada bengong kan mending sambil online:).

Baiklah, sudah basa basinya, sekarang saya akan membahas soal jamur krispi kesukaan kami sekeluarga. 
Menurut saya, membuat jamur krispi itu gampang cuma agak tricky saja. Intinya tips agar jamur krispinya jadi renyah dan garing, menurut pengalaman saya, yang paling penting adalah mengeringkan jamur sebelum dibalut tepung. Kenapa? karena kalau jamurnya basah, bisa-bisa  yang ada malah jadi bala-bala [kalau bahasa Indonesianya bakwan] hehehe..

Pengalaman  pertama kali membuat jamur krispi, sewaktu saya masih kuliah dan tinggal kost di Gegerkalong, karena sama sekali nggak tahu soal jamur dan nggak nanya juga ke orang, akhirnya bisa ditebak saudara...jamur krispi saya jadinya becek, digoreng lama pun susah kering..dan berakhir menjadi bala-bala hihihi... Tapi kegagalan bukan alasan untuk terus ngoprek bukan? makanya setelah uji coba *glekss...* akhirnya saya pun menemukan komposisi yang menurut saya tekstur jamurnya krispilicious plus bisa tahan lama, hasilnya lihat saja poto di samping dan di bawah... 

Selain itu, hal yang harus diperhatikan juga dari waktu mencampur jamur dengan terigunya. Jangan biarkan jamur menganggur terlalu lama. Maksudnya, ketika hendak digoreng, minyak harus sudah dipanaskan, jadi jedanya tidak terlalau lama. Saran saya, ketika jamur akan dibalut terigu, maka pada saat itu juga minyak harus sudah mulai dipanaskan. Yah....daripada nyimak tulisan yang malah tambah membingungkan ini, lebih baik kita praktek sajalah...yuk..mareee...^^





jamur krispi


Read More...

JAMUR KRISPI




Bahan:
200 gr jamur ukuran sedang, belah 2
1 putih telur
90 gr tepung bumbu siap pakai
1/2 sdt merica
1/4 sdt garam [skip jika terlalu asin]
2 sdm tepung beras
2 sdm tepung terigu
1/2 sdt Baking powder
Minyak untuk menggoreng




jamur krispi





Cara Membuat:
Bersihkan jamur, kemudian peras airnya hingga jamur tidak lagi basah. Kocok putih telur dengan garam, sisihkan. Campurkan semua bahan kering, sisihkan. Panaskan minyak goreng, sambil menunggu minyak panas, lebih menyiapkan jamurnya.

Ambil jamur, campurkan dengan terigu, aduk hingga rata. Masukan putih telur ke dalam jamur, aduk lagi hingga terigunya menenpel dengan sempurna tapi segera pisahkan jamur apabila saling menempel, lakukan dengan cepat, kemudian segera goreng ke dalam minyak yang sudah panas. Setelah matang, angkat, tiriskan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat^^




Salam,



24 comments :

  1. Teh...., kalo kehabisan tepung siap pakai, kepepet paket tepung ketan malah crispy.....

    BalasHapus
  2. kalo keabisan jamur, mominya kirei juragan jamur tuh..
    #jamur kulit..

    BalasHapus
  3. mayan pan..kalo kepepet, nggak usah cari tukang sayur..apalagi akhir bulan kayak gini:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ngaku juga akhirnya
      kirain mau ngeles kalo itu tato
      #gambar emping

      Hapus
    2. zebra aja cantik ada motifnya..apalagi kita..#hah?kita???hihi..

      Hapus
    3. pantesan ga berani posting poto bugil
      haha...

      Hapus
    4. nggak bisa ditangkis..akukan jagonya ngegetok mas:P

      Hapus
  4. wuaaaah....laper....aku suka jamur goreng krispi...

    BalasHapus
  5. Saya punya pengalaman pahit mbak tentang makanan krispi, dulu saya pernah dioperasi ternyata terdeteksi ada "kandungan sejenis plastik" dari "gorengan krispi" yang sering saya beli dipinggir jalan. Dan menurut **** investigasi ternyata "rasa dan bentuk krispi" bisa dibuat dengan mencampurkan plastik transparan kedalam minyak panas.... ck ck ck (penjual gorengannya tega amat sama saya yah...padahal saya beli hampir tiap hari)

    kesimpulan :
    resepnya mbak diah lebih oke, saya suka masakan rumah ternyata gitu tho caranya, nanti saya bilang sama istri saya untuk buat jamur crispi, tapi kayaknya saya milih yang bala-bala aja deh mbak, trauma ama yang krispi xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh gawat itu kang..plastik pan emang bahaya, buat bungkus aja nggak aman, apalagi dimakan..makanya saya lbh suka bikin sndri daripada dihailin pedagang nakal...

      iya bala2 lebih simple, tp nggak kriuk..hehe..met nyobain^^

      Hapus
  6. praktekin ah resepnya... makasih sharenya teh ayu :)

    BalasHapus
  7. ini kesukaan suamiku teteh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di rumah saya, kesuakaan kita semua heheh...
      apa kabar enju?
      :)

      Hapus
  8. waaah, enak nih resepnya, kapan-kapan dicoban ah
    makasih

    BalasHapus
  9. wah bisa di coba nih, kayaknya nikmat :)

    BalasHapus
  10. Teh.. Itu krispinya tahan lama ndak ya? Pengen bikin pagi ini, tp ru dimakan ntar buka puasa. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak begitu lama teh, tapi lumayan lah dua jam-an kl mau renyahnya lama bisa dioven di mode warm.. :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^