Nugget Jamur Keju

nugget Jamur Keju
Nugget ini terbuat dari jamur, keju, roti tawar dan bawang. Simple yet yummeeeh....!


Setelah kurang begitu sukses dengan resep sebelumnya, Nugget Ayam Tempe, tadi pagi saya membuat nugget dari bahan jamur. Dulu sih pernah bikin, cuma keenceran jadinya plintat plintut adonanya nggak bisa dipotong, alhasil diguling-guling seheboh mungkin di atas tepung panir. Dengan harapan nuggetnya jadi lebih keras abis itu langsung dibekuin. Tapi ternyata bencana muncul justru ketika digoreng, persis kayak perkedel kentang kurang telur... buyar kemana-mana...hiks...*peres aer mata...
Tapi itu dulu... untuk nugget yang sekarang saya buat hasilnya pas. Bisa dipotong, bisa dibentuk dan tentu saja endyang bambang gulindaang...


Bahan-bahan dalam membuat nugget jamur keju ini sebenarnya bisa dikreasikan dengan ayam giling, atau pun dengan menambahkan serutan wortel, supaya lebih banyak sayurnya. Pun jua jikalau pemirsa sebangsa dan setanah air ingin menganti roti tawarnya dengan tepung terigu, gak masalah. Karena pemakaian roti disini sifatnya nggak kayak pake helm kalo naek motor, gak bakalan ditilang pak pulisi kalopun gak pake...*apaa coba jadi ngomongin helm... Seberapa banyak takarannya? nah itu dia yang jadi masalah, saran saya tidak usah terlalu banyak, cukup tambahkan 1-2 sendok makan saja. Bukan kenapa-kenapa ya nggak enak aja kalo kebanyakan.



Read more...

nugget Jamur Keju


NUGGET JAMUR KEJU


Nugget Jamur Keju






300 gr jamur tiram, kukus sebentar saja, potong-potong kemudian haluskan
2 lembar roti tawar, haluskan 
2 lemar keju slice, potong kotak kecil
50 gr keju cheddar parut
27 gr susu bubuk full cream
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula
1/4 sdt garam
1 butir telur


2 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
2 sdm minyak untuk menumis


1 putih telur
tepung roti






Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak. Tumis hingga setengah matang, angkat, dinginkan. Campur semua bahan kecuali putih telur dan tepung roti, aduk, tambahkan tumisan bawang, aduk lagi hingga rata. Masukan adonan ini ke dalam loyang yang telah dioles margarin. Kukus selama kurang lebih 15 menit. Angkat, dinginkan, potong-potong sesuai selera.

Kocok putih telur, celupkan potongan nugget, kemudian gulingkan di atas tepung roti. Lakukan sampai habis. Goreng hingga matang. Jika bersisa masukan ke dalam plastik, segel rapat, kemudian bekukan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



19 comments :

  1. Aaahhh... Udah lama g makan jamur...

    BalasHapus
  2. waah......pantesan makin keren photo-nyaa.....mana syukurannya nih Mbak? delivery ke kumamoto ya berkatannya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuehu jauh nih ke kumamoto,
      cukup sujud syukur aja deh heheh...

      Hapus
  3. Aku pernah bikin nugget itu dr selada air :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo gt? sy malah baru dneger tuh dari salada... kayak gmn yah rasanya..?:D

      Hapus
  4. kak itu emang harus pake keju yah? :)

    BalasHapus
  5. emhh..nggak harus sih, skip aja kalo gak suka, tapi entar judulnya ganti jadi nugget jamur aja hehhe...
    keju disini tujuannya untuk memberikan rasa gurih, tapi kalo emang gak doyan sih ya gak usah pake, tambahin kaldu bubuk aja kalo gitu:)

    BalasHapus
  6. Wichh kerennn ... kapan2 harus dicoba nih ,,, smoga nuget hasil masakanku besok juga endyang bambang gulindaang juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti berhasil donk...
      InsyaAlloh mbak, mudah2an suka deh ya...^^

      Hapus
  7. Kalo aku mau nambah daging ayam giling kira2 takaran ayamnya brp gr ya?
    Lalu bahan lainnya harus ditambahin jg ngga??

    Secara masi pemula masaknya. Kalo takeran kira2 biasanya gagal melulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran sy kalo begitu ikut plek resep aja mbak jangan dirubah. Sy blm pernah menambahkan ayam dan sy pun tak mau kira kira... :)

      Hapus
    2. saran sy kalo begitu ikut plek resep aja mbak jangan dirubah. Sy blm pernah menambahkan ayam dan sy pun tak mau kira kira... :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^