Sate Jamur

Sate Jamur
Sate jamur ini rasanya gurih banget. Ketika menyantap sate ini, rasanya mirip seperti sate ayam yang berlemak, makanya gurih, tapi tentu gurihnya bukan dari lemak tapi ya dari jamurnya itu. Selain rasanya yang gurih, teksturnya pun lebih alot karena dari serat jamurnya. Nah justru karena alotnya itu saya suka. Kalau sate ayam kan empuk aja gitu pas digigit. Beda sama sate jamur.

Awalnya saya membuat sate jamur karena pesanan Daddy, padahal sebelumnya nggak pernah bikin, beli pun belum pernah, cuma lihat di TV ada liputan tentang sate jamur. Karena bingung akhirnya saya membuat percobaan dengan resep buatan sendiri. Hasilnya ternyata cocok buat Daddy, sejak itulah saya jadi sering membuat sate jamur.

Membuat sate jamur ini tidak terlalu sulit. Untuk jamur ukuran besar cukup dibelah dua atau tiga, sedangkan untuk jamur ukuran kecil, sebaiknya jangan dibelah. Selanjutnya jamur ditumis dulu sebentar untuk menghilangkan baunya yang menurut saya kurang enak, selain juga untuk membuat jamurnya supaya tidak terlalu alot. Menumisnya tidak perlu lama-lama, cukup hingga airnya keluar, kompor harus segera dimatikan, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit untuk membuat bumbunya meresap. Untuk bumbu tumisan, garam dan gulanya sedikit saja supaya rasanya tidak terlalu strong, soalnya nanti kan dibumbui lagi dengan sambel kacang.

Eh yah..sate yang saya buat biasanya menggunakan jamur merang yang berwarna putih, dan saya belum pernah memakai jamur jenis lain. Barangkali ada yang pernah mencoba sate jamur dengan jamur jenis lain, tolong share di sini yah...^^



Read More...




Sate Jamur




SATE JAMUR MERANG BUMBU KACANG




Sate Jamur

Bahan Sate
200 gr jamur merang, belah dua
Garam
Gula
minyak untuk menumis

Bumbu Tumisan
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah cabe merah besar
1 sdm kecap asin
[Haluskan]


Olesan
1 sdm bumbu kacang
1/2 sdm margarin
3 sdm air tumisan jamur
[Aduk rata]


Bumbu kacang
100 gr kacang tanah, sangrai/goreng
2 buah bawang merah
2 buah bawang putih
2 buah cabe keriting
2 sdm kecap manis
1/2 gelas air
Garam
Gula





Sate:
Tumis bumbu yang dihaluskan, kemudian masukan jamur, tambahkan kecap asin, sedikit gula dan garam. Masak hingga jamur mengeluarkan air. Matikan kompor, biarkan selama 30 menit. 
Ambil tusuk sate lalu susun jamur, sebanyak 4 sampai 5 buah. Lakukan sampai habis. Panggang jamur,  sesekali olesi dengan campuran air tumisan jamur yang sudah dicampur dengan bumbu sate dan margarin. Panggang jamur hingga kekuningan, sajikan dengan bumbu kacang. Tambahkan kecap bila suka.


Bumbu Kacang:
Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe, kemudian tumis hingga harum, masukan kacang tambahkan air dan kecap, masukan gula dan garam. Masak hingga mengental. Jika ingin membuat bumbunya lebih kental, tambahkan maizena yang dilarutkan dengan air. 


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. kalo jamur kulit alot gak..?

    BalasHapus
  2. tergantunng kulitnya mas, kl nempel di kulit badak ya bukan alot lg tapi nyaingin beton:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah sarua jeung barang empuk ditonjok ngoceak...
      apa hayo..?

      Hapus
  3. ucing? kulitna empuk pan, hehhehe

    BalasHapus
  4. huuuuaaaa sate jamur mauuuu miii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan mana yah sama steak yang kmaren hihihihi...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^