Risol Wortel & Bihun

Risol Wortel & Bihun
Tumisan bihun dan wortel dibungkus kulit lumpia, lalu digoreng...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi...

Aiih... dah weekend lagi... 
Iseng sambil nunggu download-an lama... mending nyambi posting resep. Ini dah dibikin dari beberapa minggu yang lalu... sebenarnya saya sendiri rada-rada lupa persis resepnya apa. Tapi... karena udah pernah saya posting jadi gak akan jauh beda dari yang dulu lha ya... nah yang saya tulis dibawah, saya copy dari resep yang beberapa waktu lalu saya posting disini...

Saya bikin risol kayak beginian biasanya kalo pas mau bikin soto. Karena biasanya risol ini jadi salah satu pelengkap soto kuning, atau soto mie. Tapi tentu saja dimakan langsung tanpa soto pun tetep enak. Biar gak terlalu kesepian, si risol ini ditemenin sama sambel kacang encer buat celupannya... sedaaaaappp.... kebetulan sebentar lagi kan mau masuk bulan ramadhan, nah ini adalah salah satu pelengkap pas ifthar, selain yang manis-manis tentunya...




Karena risol ini bisa disimpen untuk 2 atau 3 hari, jadi kadang saya kalo bikin suka rada banyak. Goreng secukupnya aja, nanti sisanya masukin ke wadah kedap udara terus dibekuin, jadi kalo lagi pengen makan gorengan, tinggal goreng aja. Sambelnya, kalo malas ngulek, bisa pake bumbu pecel siap pakai... praktis kan?



Marhaban ya Ramadhaan....



RISOL WORTEL & BIHUN


Risol Wortel & Bihun







20 lembar kulit lumpia [atau lebih]
250 gr bihun, rendam lalu tiriskan
2 buah wortel, serut halus
4 tangkai daun bawang, rajang
3 tangkai seledri, iris halus
1 sdt merica bubuk
Minyak
1/2 gelas air



Bumbu yang dihaluskan:
1 butir kemiri
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam
Gula






Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng,  kemudian masukan wortel, daun bawang dan seledri, aduk-aduk tambahkan air. Biarkan hingga mendidih dan air menyusut banyak, tambahkan gula, garam, serta merica bubuk. Masukan bihun, kemudian aduk-aduk cicipi rasanya. Angkat.

Ambil satu lembar kulit lumpia, masukan isian lalu bentuk seperti melipat amplop, lakukan hingga selesai. Goreng risol hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.
 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


14 comments :

  1. Kalau kataku ini lebih mirip lumpia dibanding risol, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya yah... apalagi gak ada penampakan bihunnya, jadi meragukan kalo ini risol hihihi

      Hapus
  2. oh aq baru tau lho teh makan risol pakai sambal atau dimakan pakai soto. taunya ya gorengan biasa dimakan pake cabe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua gorengan [kecuali yang manis] enak dicocol pake sambel kacang mbakyu... simple aja cuma cabe gula dan garam diulek sama kacang goreng, terus diguyur air panas, airnya lumayan banyak jadi encer gitu... sedap bgt:D

      Hapus
    2. oh oke deh teh ntar aq cocol2in semua gorengan hewhewhwe

      Hapus
  3. Mau dong say.....

    Buka puasa sama yg gurih2 tambah mantebbbb... ditemani dg soun sambelan juga yah....


    *ngarep gratisan ajah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem soun juga ahaaaay... manteb bgt lah... aku jg gak nolak teh kalo gratisan *lho?

      Hapus
  4. weks ini menu sarapan gw kalo ngantor dulu, biasa nya pake cabe rawit dan sambel kacang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yihaaawww... ma-ntebs bgt....tuh dicabein jugaaa

      Hapus
  5. Praktis ya Mbaak....*comot semuaa

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^