Soto Mie Ayam

Soto Mie Ayam
Soto mie dengan suwiran ayam, yang disajikan bersama potongan risol, air perasan jeruk nipis dan tentu saja sambal...


Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...


Soto mi ini biasanya pake daging sapi. Tapi karena Daddy agak menghindari daging merah, jadi saya pakai ayam aja deh. Kalo pake daging sapi pastinya lebih enak, apalagi kalo pake kikil kaki sapi, jadi kayak mie kocok gitu. Bumbunya juga simple tapi tetep gurih. Yang penting pas proses perebusan ayamnya harus lama dengan api kecil biar kuah kaldunya keluar.

Sebenarnya soto dengan daging ayam kayak ini akan lebih enak kalo pake ayam kampung. Sayangnya cuma ada ayam pedaging biasa. Terus pas menumis bumbunya harus benar-benar matang biar gak ada aroma mentah dari kemirinya bikin kurang enak kaldunya. Saya juga menambahkan irisan goreng bawang putih supaya lebih gurih dan aromanya lebih sedap. Soto mie ini disajikan bersama potongan risol isi bihun dan wortel. Jadi kesimpulannya secara keseluruhan soto mie ini ala soto mie bogor, cuma bedanya ini pake ayam. Mau nyoba? hayuukkk ngintip resepnya...^^


Soto Mie Ayam


SOTO MIE  AYAM


Soto Mie Ayam






10 buah risol
200 gr mie kering,  atau mie basah juga terserah
Kol, iris, seduh dengan air panas


Kuah Soto
500 gr ayam potong-potong
1.5 liter air
11/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula
2 ruas jari jahe, geprek
2 ruas jari lengkuas, geprek
1 batang sereh
3 lmbr daun salam



Bumbu yang dihaluskan
3 btr bawang merah
5 siung bawang putih
4 biji kemiri



Pelengkap
Sambal
Bawang putih goreng
Jeruk nipis/limau
Kecap, bila suka
Irisan tomat
Irisan daun bawang & seledri






Rebus ayam bersama semua bahan kuah dengan api kecil selama satu jam, atau hingga kuahnya terasa gurih. Selagi menunggu kuahnya siap, kita akan menyiapkan bahan yang lainnya. Misalnya, merebus mie, -jika memakai mie kering-, menyeduh kol, menyiapkan sambal, menghaluskan bumbu, menggoreng bawang putih, dll.

Panaskan wajan, tuang beberapa sendok makan minyak. Tumis bumbu yang dihaluskan  hingga harum dan matang. Angkat, kemudian tuang ke dalam kuah yang sudah direbus beserta dengan minyaknya. Aduk rata. Cicipi, apabila rasanya sudah pas, matikan api. Angkat ayam dari air kaldu, kemudian goreng sebentar.

Penyajiannya, siapkan mangkuk, taruh mie dan kol ke dalam mangkuk. Tambahkan ayam yang sudah disuir-suir, irisan tomat, air perasan jeruk nipis, sambal, kecap, potongan risol. Taburkan bawang goreng, daun bawang serta seledri. Kemudian tuang 2 sampai 3 sendok sayur kuah kaldu. Sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^