Bangket Kacang Mede

Bangket Kacang Mede
Bangket kacang ini, terbuat dari kacang mede, gula minyak, sedikit garam dan tepung. Lumayan simple kan? rasanya manis gurih dengan sedikit sensasi asin.



Masih edisi kacang mede yah pemirsa. Jadi ceritanya ini adalah trik ke dua dalam rangka memberdayakan kacang mede kemarin itu. Setelah sebelumnya kurang sukses dengan Kacang Mede Manis Pedas, kali ini saya bikin edisi manis aja gak dipedesin. Dengan harapan supaya anak-anak bisa makan. Idengnya datang dari Bangket Kacang Tanah yang dulu pernah saya bikin. Toh masih sama-sama kacang, kenapa gak dicoba...

Dari segi rasa memang mirip yah, sama-sama gurih. Tapi aromanya beda.... *ya pastilah... dan kalo saya dikasih pilihan, sepertinya memang lebih enak yang kacang tanah sih. Kalo yang bangket kacang tanah itu, cita rasanya khas banget, lebih nendang pokoknya.... Kalo yang dari kacang mede ini, meskipun enak, tapi aromanya kurang sedap, entahlah... yah..mungkin cuma di  indra pembau saya saja yang demikian, mungkin bagi teman-teman yang lain, beda ceritanya...

Anak-anak, khususnya Aiko, suka-suka aja sih kayaknya. Cuma karena teksturnya yang terlalu rapuh, bikin seisi rumah jadi penuh dengan remah-remah, malah jadi masalah baru. Akhirnya bangket ini saya simpen aja di kulkas, disembunyiin dari tangan mungilnya, nggak kuat bo, kalo tiap menit kudu nyapu-nyapu...

Jadi sebenernya misteri kacang mede yang gak laku itu, sama sekali belum terpecahkan, mana di kulkas masih ada 300 gr lagi..*selain setoples gede bangket itu tadi.....T_T



Bangket Kacang Mede
coba perhatikan pemirsa, watermarknya bukan momylicious.com tapi momylicipus! dan saya terlalu malas, ngebenerinnya...:D

BANGKET KACANG MEDE


Bangket Kacang Mede










250 gr Kacang mede goreng/sangrai/panggang
500 kg Terigu, sangrai
1/2 sdt garam
300r gula halus [tambahkan jika kurang manis]
250 ml minyak sayur [saya pakai minyak kedelai]










Blender kacang hingga setengah halus. Campurkan terigu, kacang, gula halus dan garam. Lalu masukkan minyak sayur sedikit-sedikit higga semua tercampur rata. 
Ambil sedikit adonan, kira-kira 10 gr, kemudian bulatkan adonan. Taruh di atas loyang, lalu tekan perlahan dengan garpu, hati-hati adonannya mudah pecah.



Panggang adonan dengan api kecil kira-kira pada suhu 140-150'C sekitar 20 menit. Keluarkan dari oven, tunggu hingga bangketnya dingin, baru angkat perlahan dari loyang, kemudian simpan dalam wadah kedap udara.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. tahi kacang mede enak belum lama da
    waktu kecil suka banget nyolong jambu mede
    tapi buahnya doang yang dimaka, bijinya dibuang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya semua anak2 kampung ngalamin ya, yang namanya ngeprakan jambu monyet...hihiihi dan kebanyakan yang dimakan bijinya, da buah na mah ampun deh rasanya...

      aneh na teh dulu mah hiji oge meni di ala.. ai ayeuna aya sakilo, udah dikupasin, digorengin, malah bingung makannya... serem mas, takut gemuk, padahalmah suka2 aja ngabisin semuanya, seandainya, badan dijamin jadi langsing hahhahah..

      Hapus
    2. ah elah...
      kirim kemari atuh kalo ga doyan. eh naha itu komen diatas jadi tahi nya..?
      ah dodol geuningan..?

      Hapus
    3. berat diongkos hahhaha...
      lho kirain kalo dijawa disebutnya begitu mas... D

      Hapus
    4. salah yang bikin kibod itu
      kenapa u sama i dibikin berdekatan...

      Hapus
    5. jadi maksudne tahu....
      hahah tadi malah mikir lagi..kok kacang mede nyambungnya ke tahu...*gak baca konteks..:D

      Hapus
  2. perasaan udah komen, kok gak nongol2 yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak ada bu, kalo ada mah udah diposting...
      dicari2 dispam jg gak ada, soalnya si komen ini kadang nyasar masuk ke spam, tapi ini mah gak ada beneran..^^

      Hapus
    2. ah itu mah cuma perasaan adek ajah...

      *sambit panci

      Hapus
    3. *jeritan hati korban deletan*
      #ngikik...

      Hapus
  3. wuih...cemilan mahal ini Mbak...hehe...kacang medenya mahal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..:(
      tapi malah gak ada yang doyan kesuali sy...hikxhikx

      Hapus
    2. padahal mahal itu alasan sebenarnya. bukan semata mata lebih suka kacang tanah :D

      Hapus
    3. ish, jangan bukaa kartu mas..isin..:D

      Hapus
  4. disini kacang tanah jg mahall :D 10rb cuma dpt segenggem....:(

    BalasHapus
  5. wah kacau..:(
    bakalan batal trs bikin pecel nih...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^