Aneka Kreasi Puff Pastry 3: Almond Pastry Vla Saus Caramel

Almond Pastry Vla Saus Caramel

Assalamua'laikum..wr..wb..

Wilujeng siang... wilujeng leleson heheh... Teu karaos dinten rebo deui... Alhamdulillah sakedap deui tos bade mayunan bulan Ramadhan...kantun sababaraha dinten deui... kedah tos siap-siap, utamina nyiapkeun stamina supados shaumna tiasa puuul teu bolalocor.. *emang ban bocor... xixixi... Salangkungna nyiapkeun ruhiah urang, tos kedah ngirangan itu ieu anu teu patos penting.  Mugi-mugi lancar, sehat tur tangtosna barokah ditampi shaumna.. amiin...

____________________



Almond Pastry Vla Saus Caramel



Masih edisi sekuel dari kreasi puff pastry yah pemirsa. Kali ini saya bikin yang bersaus dan ber-vla... versi sebelumnya ada croissant ala-ala amatir terus ada juga Eggtart galau kacau balau.. nah kali ini insyaAlloh gak pake gagal, hihihi... Awalnya saya bingung ini mau dinamain apa yah... Jadi ceritanya ini kan terbuat dari puff pastry yang dioles terus, ditaburi almond slice, di dalamnya disusupin saus vla, terus dikasih apel sebagai garnis [jadi sifatnya optional], terus dikucurin saus caramel. Kalo semua bahan itu harus dimasukin semua bisa bisa jadi panjang deh namanya hehe... makanya kemarin saya minta usul ke temen-temen di IG, dan pilihan jatuh ke nama yang di atas. Thanks buat mbakyu Dewitrisna, yang udah ngasih inspirasi nama ini... bener-bener mewakili deh hihi... *salim...


Gimana.. gimana... ? dari penampilannya aja udah mewakili kan gimana rasa, serta kalori, lemak, gula dan kolesterol yang terkandung di dalamnya? hahahah... Bener banget, ini adalah salah satu dessert yang terlalu berat boookkk, terlalu menimbulkan rasa bersalah dan tetiba ingin lari tujuh keliling monas, buat membakar kalori yang masuk, tapi karena semangat yang loyo, ya udin paling paling jalan di tempat, atau lebih parah lari dari kenyataan aja deh hihi.... Jadi tak usahlah saya deskripsikan panjang lebar ya, pokoknya sedap !




------------------------
ALMOND PASTRY VLA SAUS CARAMEL



Almond Pastry Vla Saus Caramel






2 lembar puff pastry [saya yang siap pakai]
1 btr telur, untuk olesan
Almond slice secukupnya


Saus caramel
50 gr gula palem
2 sdm air
100 m susu cair
1 sdm butter
Apel untuk garnish


Vla
50 gr gula pasir [atau sesuaikan dengan selera]
200 ml susu cair
1 kuning telur
25 wcc [optional]
1 sdt vanilla
35-50 gr maizena
Sejumput garam






Panaskan oven, set di suhu 200'c. SIapkan puff pastry, potong persegi, letakkan di atas loyang, oles dengan telur kocok, taburi almond slice. Pannggang di rak tengan selama 10-12 menit.


Vla:
Campur semua bahan kecuali kuning telur dan vanilli, aduk rata, masak di atas sauce pan dengan api kecil, hingga meletup-letup. Ambil satu sendok sayur, masukan ke dalam mangkuk, campurkan dengan kuning telur, aduk cepat, tuang lagi ke dalam sauce pan. Masak sambil terus di aduk hingga di dapat kekentalan yang diinginkan. Angkat, tuang vanilla, aduk rata, dinginkan.


Saus Caramel:
Panaskan gula dan air hingga meleleh dengan api kecil, tidak usah diaduk, boleh digoyang-goyang supaya cepat leleh. Masukan butter tunggu hingga leleh, kemudian tambahkan susu cair dan garam, masak hingga mengental, jika sulit mengental, boleh sedikit ditambahkan larutan maizena. Angkat.


Penyajian
Ambil satu buah puff pastry yang telah dipanngang, kucuri vla diatasnya, tumpuk dengan puff pastry lagi, beri garnish, kemudian kucuri dengan saus karamel. Sajikan.


 ------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




6 comments :

  1. Boleh ngak kalo aku tanpa saus caramel ??? aku ngak doyan caramel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bgt kakak... Byw kok gak doyan... Napa?

      Hapus
  2. Ah elah eta kueh kering dikasih apel gimana rasanya di mulut..?
    Kriuk nyess atuh nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan biar seimbang rasanya mas, gak terlalu blenek, makanya ditambahin buah gt ceitanay ehhehe

      Hapus
    2. What the meaning of blenek..?
      #mikir...

      Hapus
    3. Sejenis kunyahan dr stereofom mas haahaha*dipentung panci...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^