Aneka kreasi Puff Pastry 1: Croissant

Croissant

Assalamua'likum..wr..wb...
Wilujeng siang...

Ini croissant jejadian ala ala... Ngabisin puff pastry sisa bikin-bikin apa gitu yah kemarin.. kebayakan gak sempet di aplot potonya.. Jadi mau dibikin beberapa judul aja deh.. biar kayak sinetron panjang ceritanya heheh... Yang pertama diposting, ini aja... favorit sejuta umat: Croissant [baca: krwa’song].

Dinamai croissant karena bentuknya seperti bulan sabit, meksipun saya gak yakin juga poto di atas itu kayak bulan sabit apa ulet bulu hahah... Kue atau roti, atau apa sih ini disebutnya ?... sudah ada sejak abad Pertengahan, di Austria.. tapi kenapa kemudian populernya lebih dikenal dari Prancis ya... emh setelah gugling sana sini  akhirnya ketemu... Jadi konon katanya inilah sisi hebatnya strategi marketing orang Prancis sehingga segala sesuatu berbau Prancis lebih mudah laku dan dikenal.. *ceunah... hehehe.. Konon juga sejarah Croissant ini berhubungan dengan kalahnya peperangan kaum muslimin Turki [yang biasanya selalu memakai lambang bulan sabit] di Wina Austria, sehingga dari kota tersebutlah lahir roti berbentuk bulan sabit ini. Itulah kenapa saya pun membentuknya tak semirip bulan sabit malah mirip molen... :D*ngeles..



Croissant


Croissant yang asli*da yang ini mah jejadiannya aja... Biasanya terbuat dari tepung terigu, mentega, susu, telur dan ragi. Pertama, terigu dicampur dengan susu, ragi, telur dan mentega, kemudian diuleni hingga kalis. Selanjutnya adonan diratakan dan dibentuk persegi. Lalu diletakan mentega di atasnya. Adonan di lipat ketengah lalu digilas, dilipat lagi, kemudian diilas lagi, sehingga terbentuk adonan mentega yang berlapis-lapis. Iya sih kalo nulis mah gampang, prakteknya? entah lah.. saya sendiri belum pernah mencbanya. lha ini aja beli yang udah jadi kok hehehe... Makanya doakeun yah pemirsa mudah-mudahan besok-besok saya punya nyali buat bikin adonan pastry sendiri..*grin...

Isian dari croissant ini macem-macem yah, ada yang isian cokelat, keju, almond, atau polos tanpa isian. Nah yang saya bikin ini diisi cokelat block yang dapat meleleh ketika dipanggang dan jadi beku pas udah dingin. Jadinya cuma cocok dihidangkan ketika masih hangat, supaya dapet lelehan coklatnya...*lap iler.. Serius enak... saya suka.. saya suka... Besok-besok mau bikin lagi ah... 

Gimana sih cara ngebentuknya? lebih jelas dan lengkep kalo ngintip sendiri di yutub aja yah.. Soalnya saya kemaren males mendokumentasikan step by step pembuatannya... dan lagi saya juga masih dalam tahap pemanasan, baru belajar juga bikin bikin yang beginian, lha biasanya aja bikin comro, kudu ngegulung croissant ya jelaslah plintat plintut hehehe...



Semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. Kalo aku seneng isian daging aja dech

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku blm nyoba lho yang isi daging hihi

      Hapus
    2. Bikin yg isi daging atau ayam cincang dech

      Hapus
  2. Aihhhh... cakeup bgt potonyah....
    Sayang, ga dikirimin ke Cirebon nih kuenyah, jd ga tau deh sensasi nyuruput melting chocolate ituh...!!!

    *kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho surga bgt pastinya bu gulu hehehee

      Hapus
  3. Mamaku kalau aku minta bikin gak mau. Ribet katanya. Dia tahu sih bahan2nya tapi gak mau ribet. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emang bener bang ribet... Eke aja males T_T

      Hapus
  4. Saya belum pernah beli kulit pastry :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru aja bisa dibikin macem macem :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^