Aneka Kreasi Puff Pastry 2: Egg Tart Cokelat


Assalamua'laikum...wr..wb...
Wilujeng enjing...

Tiris pisan dinten ieu. Anehna.. pan ayeuna teh tos lebet kana usum halodo, tapi naha kamari hujan.. ageung pisan pokonamah... mudah-mudahan dinten ieu tiasa caang, kumargi sesah pisan simkuring pami bade motret komo pami kasontenan hehe.. sapertos poto ieu nepika meredong poek heheh... Wilujeng dinten rebo, rebo nyunda na mung saalit kumargi diantos padamelan sareng murangkalih bade angkat sakola, janten kedah kilat ng-blogna.. :D

___________





Kilat aja ya pemirsa postingannya berhubung eke belum masak, belum nyiapin ini itu buat sekolahnya Kirei jadi ngeblognya bentar aja. Oke sebenarnya niat awal pengen bikin Portuguese Egg Tart, udah pede aja gitu, eh ternyata pas proses pembuatan isiannya, kekentelan sodara, jadinya, meski atasnya ada gosyong-gosyong sekseh ala Portuguese tartnya dapet, tapi bentuknya gak karuan, gak licin dan gak semulus jidat Syahrenong, malah jadinya kayak Quiche giteooo.. hadeuuh... Gara-gara ngelamun jadi gak merhatiin tingkat kekentelannya... Padahal sebenarnya gak dimasak pun isiannya gak masalah.. Jadi buat pemirsa yang pengen nyoba, tapi bingung menentukan tingkat kekentalan isiannya mending gak usah dimasak aja lha hehehe... O yah, barang kali bingung, apa sih maksudnya.. jadi begini, Portuguese egg tart itu, memang rada rada mirip dengan pie susu, bedanya PT biasnaya memakai kulit pastry yang flaky, bukan kulit pie yang crust. Makanya dipanggang dengan suhu yang tinggi sekitar 200'C. Nah jadinya nanti, isiannya akan menggelembung seperti balon, dan permukaan atasnya jadi ada gosong-gosongnya, tapi di situlah seni nya. Pas udah keluar dari oven, nanti akan mengempis dan cenderung membentuk permukaan yang cekung dengan motif gosong di sana sini heheh. Gitu bookk... udah kebayang kan maksud eke gimana?




Nah demi menutupi permukaan yang gak karuan, gak enak dipandang, gak sekseh dan malah mirip Quiche itulah, makanya saya tambahin coklat fudge di atasnya... Jangan ditanya ya bokk, soal rasa mah, aduhhh endeus banget.. apalagi itu cokelatnya... huhuhu.. bikin lupa agenda diet hahah... Tadinya saya gak mau ngepost hasil bakingan yang gagal ini, dan mau nyoba sekali lagi.. cuma bingung juga mikirin, ini siapa yang mau ngabisin...? ehhehe jadi ya sudah besok-besok aja lah bikinnya, sekarang mah, abisin dulu yang ini.... Mudah-mudahan pemirsa yang belum pernah nyoba bikin, bisa sama-sama belajar dari kegagalan saya yah... :D



------------------------------
EGG TART COKELAT







2 lembar puff pastry siap pakai


Isian
2 kuning telur
3 sdm putih telur
200 ml susu cair
65 gr gula halus
1/2 sdt vanilli bubuk
1 sdt maizena


Cokelat fudge
100 gr dcc (cokelat masak), cincang
35 gr butter [jangan diganti margarin]
2 sdm gula palem, dihaluskan



Keluarkan puff pastry dari freezer, diamkan selama kurnang lebih 20 menit, atau sesuai anjuran yang tertera di balik kemasan. Ambil satu lembar, kemudian gulung sambil dipadatkan. Potong gulungan tersebut, kira-kira 2 cm. Lakukan sampai habis.


 



Siapkan loyang cupcake oles dengan butter. Masukan potongan puff pastry, kemudian tekan hingga membentuk mangkuk.






Sekarang kita akan menyiapkan isiannya, kalo saya ini direbus dulu yah, tapi saran saya sebaiknya tidak usah. Campurkan telur, susu dan gula, aduk rata dengan handwhisk, masukan maizena, aduk. Masak di atas api kecil sebentar, matikan api, tambahkan vanilli, aduk, sisihkan, dinginkan. Jangan lupa menutup permukaannya dengan cling wrap supaya tidak mengeras.


Panaskan oven, set di suhu 200'c, masukan isian ke dalam adonan kulit, lalu panggang selama 25-30 menit dengan api atas bawah. Selama menunggu memanggang kita akan menyiapkan cokelat fudge nya. Siapkan panci, atau sauce pan, masukan butter, rebus dengan metode double boiler [pake dua panci dengan panci bawah di isi air] setelah butter meleleh, tambahkan cokelat dan gula palem, masak sampai cokelat dan gula meleleh serta halus permukaannya. Angkat, sisihkan.


Keluarkan, tart di oven, diamkan di dalam cetakan selama kurang lebih 5 menit, baru dikeluarkan, kemudian dinginkan di rak kawat. Kucuri cokelat fudge di atasnya ketika akan dihidangkan.



------------------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. comoott lima boleh yaa Mbak :))))
    kreasinya makin super nih Mbak...ada aja cemilannya. pengen bangeet tetanggaan dengan Mbak Ayu, biar kebagian incip2 tiap harinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah aku maluuu.. ummu lebih rajin bikin kue saya mah males malesan T_T

      Hapus
  2. Jadi nya masak apa buat kirei dan suami tercinta ???? aku juga mau dimasakin hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku masak air aja bang, makannya beli aja di warung padang hahahah...

      Hapus
  3. aku pernah bikin PET, malah adonannya ga kental2 meski dimasak lamaaa, entah kenapaaaaa, jadi yaaa meluber kemana2. gosongnya sih dapet, rasanya oke, tapi ya itu tadi, penampilan tak termaafkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaha... kok kebalik kita yaahhhh xixixix... beb aku belum main ke blog muu...*ketjup

      Hapus
  4. Wahhh... boleh juga nih dikirimin kemarih....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^