Sweet Purple Potato Bun

Sweet Purple  Potato Bun


Assalamua'laikum...wr...wb...
Wilujeng enjing....

Nyempet-nyempetin dulu posting sebelum beraksi di dapur nih....  Mumpung lagi rajin ngeblog, padahal biasanya jam segini biasanya udah sibuk dengan panci, centong dan kawan-kawan... Saya lagi banyak stok ubi ungu jadi hari kemarin nyoba bikin roti kasur pake isian kismis dan dikasih toping vla, sayang vlanya kurang oke, jadi entar saya gak mau bagi resepnya, meding pake resep andalan teman-teman aja yah, dari pada gatot gak keruan, pan repot... Untungnya gak begitu ngaruh sih... secara keseluruhan rotinya empuk, dan manisnya pas, sayang Aiko gak seneng kismis, entah gimana.... mungkin dipikirannya itu kayak tompel firaun, jadi tiap kali makan roti ini kismisnya dikepinggir-pinggirin... atau dilepeh, atau dikused-kused di tembok atau dipaksain harus dimakan sama kakaknya... pokoknya disingkirkan dengan aneka macam gaya yang bikin si emak histeris...

Resep rotinya, agak mirip-mirip sama Roti kentangnya bu Fatmah, dan lebih mirip juga sama donat ubi ungu yang kemarin-kemarin saya posting... Karena memang resep ini ya hasil modifikasi dari situ-situ juga sih... Dan karena roti ini termasuk kategori sweet bread, jadi sebenarnya nggak usah dikasih isian kismis pun gak masalah, cuma kalo saya sih, asa gimnaaa gitu yah, kalo makan roti gak ada isinya... jadi harus selalu dikasih isian, tapi terserah sih kalo temen-temen suka yang polosan yo jangan diisi... 



Sweet Purple  Potato Bun


Tekstur rotinya, seperti yang terlihat digambar... berserat panjang dan lembut... Kuncinya selain dari cara menguleni adonannya yang dijungkir balik, tonjok, putar dan balikin lagi, juga dari pemanggangannya... ketika memanggang oven sudah harus dalam kondisi panas, kemudian roti  dipanggang di suhu yang tinggi, tetapi masa pemanggangannya jangan terlalu lama, jangan terlalu singkat juga, ntar rotinya gak mateng... kalo kelamaan malah jadi keras.. intinya kenali oven masing-masing dan atur suhunya sedemikian rupa ya hingga bisa bisa menghasilkan roti dengan tingkat kematangan yang pas, lembut dan mengembang sempurna... 



SWEET PURPLE POTATO BUN


Sweet Purple  Potato Bun






200 gr ubi ungu, yang sudah dikukus dan dihaluskan
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
80 gr SKM
2 sdm gula pasir
8 gr ragi instan
35 gr butter/margarin
1/4 sdt garam
2 kuning telur
150 ml air dingin


Pelengkap
Kismis
Vla Vanilla




Campurkan semua bahan kecuali garam dan butter. Aduk dan uleni hingga kalis, setelah itu tambahkan butter dan garam, uleni lagi hingga elastis dan adonan benar-benar lembut. Fermentasikan selama kurang lebih 1 jam, dengan cara adonan dibulatkan, kemudian tutup dengan serbet bersih, diamkan hingga mengembang. Setelah adonan mengembang hingga dua kali lipat atau lebih, kempiskan adonan dengan cara ditinju. Ambil sedikit adonan, beri isian kismis, kemudian bulatkan, susun di atas loyang, lakukan sampai adonan habis. Biarkan lagi hingga mengembang permukaannya. Oles dengan susu cair, kemudian beri topping vla. 

Panggang dengan suhu 200'c selama 13 menit di rak tengah, kemudian turunkan suhunya di 180'c, lalu lanjutkan memanggang selama kira-kira 3/4 menit di rak bawah. Keluarkan dari oven, oles permukaannya dengan butter/ margarin. Sajikan.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



11 comments :

  1. nah tuh, sekarang mah modem saya baru full tenk, jadinya bisa buka gambar sweet purple potato yang menggairahkan, tapi pas di pocel, kayanya ngga asing nih purple potato nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha jangan2 ini imporan dari cilembu ya mang...:D

      Hapus
  2. aku jadi lapar, padahal lagi puasa ini. tanggung jawab Yu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh acay silahkan tadahin sendiri ya mbakyu hihi

      Hapus
  3. Jagonya bikin ngiler nih,
    Istri saya bisa nggak ya bikin kyak gtu? #Kepengen dah

    BalasHapus
  4. ihh..cakep banget itu warnanyaa..seratnya juga kliatan lembut benerr
    jd pengen deh maen kesitu.. :P :D
    *nodong

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan sukarela aku mau ditodong mbak Oki heheh...

      Hapus
  5. aku pernah bikin tapi gatot, raginya sudah mati mungkin ya teh. adonan kagak bisa ngembang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm... pada prinsipnya ini sama aja kayak bikin roti kentang mbak Ivone, jadi kayaknya mungkin raginya sudah tidak aktif...:)

      Hapus
  6. Mba.. Ini lg bikin tp kok aneh abis dikasih butter & garam jd lengket banget ga bs diulen. Mlh skrg adonannya ky keju mozarella yg molor2 itu.. Hixx. Ak pk mixer phillips. Td perasaan sdh lumayan kalis sebelum kasih butter. ๐Ÿ™๐Ÿ™Thanx mba

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^