Donat Madu Ubi Jalar


Assalamua'laikum...wr...wb...
Wilujeng sonten...

Sebelum ke postingan brownies snickers  yang saya janjikan kemarin, saya mau posting donat dulu aja... biar gak kelupaan resepnya, soalnya jarang-jarang saya bikin donat. Ini dibikinnya kemaren mak... beneraaan... enak banget, lembutttt gitu... apalagi gulanya diganti pake madu... jadi bedaa ajah. Pokoknya harus nyobain resep yang inih... Bikinnya seperti biasa pake metode tradisional banting tulang serong kanan serong kiri karena saya belom punya bread maker elektrik, tapi pake bread maker ori langsung dari yang maha kuasa... dan meskipun bikinnya ampe ngos-ngosan tapi puas dengan hasilnya...

Untuk isiannya, sebenarnya pengen pake selai... tapi kurang yakin anak-anak bakalan suka, jadi saya pilih yang disukai semua orang, meises! kalo gak ada meises bolehlah ganti pake cokelat blok, diris-iris kecil terus dicampur pake cokelat bubuk dan ditambahin sedikit gula... kenapa ditambah cokelat bubuk lagi? biar lebih nampol aja rasa cokelatnya dan ditambahin gula biar gak kepahitan, tapi kalo emang doyan dengan sensasi pahit dari cokelat, gak usah ditambahin gula lagi... pahit-pahit sekseh kok ya... Meskipun sebenernya ini kalo gak diisi apa-apa juga teteup enak kok... dengan catatan, bentuknya pake yang konvensional, bolong di tengah.... jangan dibulet buletin, biar dalemannya matang sempurna.. karena ini kan pake madu jadi cepet gosong apalagi kalo apinya gak dikontrol... jadi kalo lagi masak, bukan cuma hati yang harus dijaga,  api juga kudu dijagain ya maak...hihihi... dan lagi, coba aja pikir, donatnya kan udah pake madu, ditaburin gula, udah gitu diisi meises? bayangkan berapa banyak kalori dari gulanya? hitung aja sendiri... bukan... bukan karena saya pelit ngasih contekan, karena saya sendiri gak tau gimana ngitungnya hahaha.. cuma bisa ngebayangin... bahan dasarnya ini kan tepung, which is karbo, dan di dalam tubuh bakalan dijadiin gula juga, terus campurannya ubi ungu, apakeuh itu bukan bentuk lain dari karbo...? so ini kalo dikalkulasikan gulanya entah pangkat berapa ya hihihi.... jadi pesennya, bijak-bijak lah saat mengkonsusi donat ya mak.. biar tubuh kita bisa teteup ramah sama timbangan..... pan?



Donat Madu Ubi Jalar


Adonaan donat ini cenderung lembek dan agak lengket ya, sengaja saya bikin begitu, nah salah satu tipsnya biar gampang pas dibentuk, tangannya dibaluri dulu pake minyak,*minyak goreng yang masih bagus yah, bukan minyak jlantrah apalagi minyak tanah aaarkhhh... jangan! baru deh dipake buat ngeludek-ludek adonan, tapi jangan lupa itu tangan di cuci dulu yaak... jangan asal celup heheh....Terus untuk campurannya kalo misalkeun gak ada ubi ungu, gak apa-apa ganti aja pake ubi kuning atau kalo gak ada ubi, pake kentang juga gak masalah... yang penting pake campuran umbi-umbian... Tapi... lucunya kalo pake ubi ungu itu, warnanya jadi lebih cetaaarr... meskipun kalo dari luar sih gak kliatan, ya cokat ajah, tapi pas digigit, keluar deh aura cantiknya... ungu-ungu gonjreng...



Donat Madu Ubi Jalar



Satu resep ini jadinya lumayan banyak, dan karena saya ngeri-ngeri sedap dengan donat goreng makanya gak semuanya digoreng, hampir sebagian besarnya dikukus aja, jadi ala-ala roti kukus gitu... yang digorengnya paling cuma 15 buah aja, dengan ukuran yang agak-agak mini.... Tapi jujur sih yang digoreng lebih sedaap, luarnya renyah dalemnya empuuuuk banget, bahkan setelah didiemin di suhu ruang sampe sore... gak keras sama sekali! atau apa gitu namanya.. nggak bagel? seruuu kan... makanya...cobain ya maak...^^


DONAT MADU UBI UNGU


Donat Madu Ubi Jalar





Bahan donat
250 gr ubi yang sudah dikukus dan dihaluskan
500 gr tepung terigu protein tinggi
3-4 sdm susu bubuk
100 gr madu
1/4 sdt garam
11 gr ragi instan [fermipan]
2 kuning telur
1 btr telur
150-180 gr air es [adonan cenderung lembek]
70 gr butter/ margarin


Taburan dan isian
Gula halus
Meises untuk isian




Campur semua bahan kecuali margarin dan garam. Uleni sampai kalis, masukan margarin dan garam, uleni lagi sampai elastis.. kalo adonan susah dibentuk dan rada ngeyel banyak yang nempel, biarin aja. Langsung tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama 45 menit -1 jam atau hingga adonan bengkak, abis itu tinju sampai kempis. Ambil sedikit adonan bentuk bulat, baru kasih isian. Istirahatkan sampai adonan mengembang lagi.

Panaskan minyak, ambil adonan,  kemudian goreng dengan minyak sedang, jaga api biar gak terlalu besar supaya permukaannya tidak gosong. Angkat, tiriskan. Diamkan beberapa saat sebelum dibalut gula. Sajikan.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,




8 comments :

  1. Beneran dehh, Donatnya mengoda lidah.... dari sekilas sih kaya pernah liat donat kaya ginian tapi lupa namanya apaan hehee

    salam kenal baru mampir dimari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas..
      salam kenal juga, terima kasih sudah mampir:)

      Hapus
  2. eaaaa asik nih tinggal nyonteeeek. dari kapan penasaran deh sama si donat madu, tapi dasar pemalas gak dibikin2, nyari resep juga ngga :D btw, kalo dipanggang empuk jg gak teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. empuuuk....!
      jadi tricknya, panggang di suhu lumayan tinggi [200'C-an]di rak tengah, jangan lama2...[kira2 15 menitan] jadi empuk banget...:)

      Hapus
  3. sangat perlu untuk digalakan budidaya ubi jalar madu

    BalasHapus
  4. Mba tanya dong, klo misal separuh adonan digoreng & separuh lainnya disimpan, bagaimana & dimana ya mba cara simpan adonan nya? Taruh dikulkas? Terima kasih mba;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara simpannya di wadah tertutup di dalam freezer kak :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^