Roti Kentang Isi Cokelat


Roti Kentang Isi Cokelat
Adonanan donat kentang yang dipanggang dengan diberi isian meises cokelat...jadi deh, roti cokelat!


Camilan standar roti kentang isi coklatnah gini nih kalo orang  Indonesia, roti itu buat camilan... Adonannya seperti biasa pake adonan donat kentangnya bu Fatmah. Kalo mau yang nggak pake kuning telur tapi tetep lembut rotinya, bisa yang pake metode water roux, cuma karena lagi males ngerebus tepungnya, saya pakai adonan donat kentang aja. Sama-sama lembut kok hasilnya. Untuk isiannya bisa divariasikan sesuai selera masing-masing yah... bisa pakai keju, abon, kelapa, vla.. terserah. Begitu juga dengan bentuknya, silahkan berkreasi dengan aneka macam bentuk yang lucu. Sayangnya saya lagi males-malesan jadi cuma dibulet-buletin aja, dioles susu terus ditabur wijen, beres.

Adonan roti ini memang cenderung lengket, basah dan menempel-nempel, padahal jumlah airnya sudah saya kurangi dari resep aslinya, tapi tetep aja lengket. Tapi jangan khawatir, kalo misalkan masih terasa lengket, celupkan ke dua tangan ke dalam tepung terigu, juga taburi permukaan talenan atau meja kerja dengan tepung terigu, untuk mempermudah agar rotinya lebih gampang dibentuk. Siap menyingsingkan lengan dan membanting adonan? mariiii simak resepnya....


Roti Kentang Isi Cokelat


ROTI KENTANG ISI COKELAT
Source: Fatmah Bahalwan NCC



Roti Kentang Isi Cokelat
  






500 gr terigu protein tinggi
75 gr mentega
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan
100 gr gula pasir
4 btr kuing telur
200 ml air dingin [saya kurangi jadi kira-kira 170ml]
1/2 sdt garam


Susu cair untuk olesan
wijen untuk taburan
meises coklat secukupnya, untuk isian







Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, kemudian masukkan kentang halus, telur dan air dingin, uleni hingga adonan rata dan setengah kalis. Setelah itu, masukan mentega dan garam, uleni terus hingga adonan menjadi kalis elastis, lalu istirahatkan adonan hingga 15 menit.

Bagi adonan yang telah mengembang, masing-masing 50 gr, kemudian bulatkan. Diamkan adonan selama 20 menit, hingga mengembang dan permukaan adonan tampak licin. Kempiskan adonan, dengan cara ditinju permukaanya, lalu bentuk sesuai selera, jangan lupa dikasih isian. Diamkan dulu sebentar hingga permukaannya kembali mengembang. Olesi dengan susu cair, taburi dengan wijen. Panggang selama 13 menit dengan suhu 180'C dengan api atas bawah. Keluarkan dari oven, oles permukaannya dengan mentega atau margarin. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



25 comments :

  1. Geuning etah meisesna buat taburan jeung buat isian juga teh? Hayooo.... yg d maxut wijen kalee....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi enya ieu si eceu teh keur lieur meni pabeulit...punten, udah di edit lg :D

      Hapus
    2. Makluuuum... paktor u....

      Qiqiqiqi...
      Semakin umur nambah semakin ngurangi konsenterasi...


      *tutupin muka pake nampan...

      Hapus
    3. kya kya kya.... berasa nenek-nenek gini....xixixi
      *kasian nampannya ketutupin bu gulu...:D

      Hapus
    4. ini pada ngomong pake bahasa apa sih..?
      jadi ikutan pabaliut mata bacanya...

      Hapus
    5. cicing bapa bapa mah ulah sok banyak tanya....:D

      Hapus
    6. Tekep aja tuh matanya si bapak pake ulekan... biAr g bs mbca...

      Hapus
  2. kalo yang ginian ngapain bikin
    di indomart juga banyak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      bener, cerdas bgt si mas..:P

      Hapus
    2. Hehe.... berati indomart dh mnembus hutan yah.... ?

      Hapus
    3. kalo di jogja maksudnya

      ilmu praktis dari ibue ncip kalo ada rikues pengen makan apa langsung nyuruh anak-anak beresin mainan sambil bilang, "ikut gak ayahnya mau makan makan...?"

      *dodol

      Hapus
    4. si ibu cerdas banget huahhahaha...

      Hapus
    5. Wkwkwk... lbh parah dong ya... si bapane afa mah kl sy nanya mau lauk apa jwbnya apa ajah enak kok .... nah... aku bertahun2 nyari lauk macam itu d pasar ga ktmu2... paling adanya ayam daging sayur tahu tempe telor.... de el el...

      Hapus
    6. biasanya itu jawaban yang cari aman... biar gak jadi beban buat istrinya kalo masak..:)

      Hapus
    7. Beda lah, walau beli lbh gampang tp lbh puas buat sendiri.

      Hapus
  3. wah jadi laper ni. seperti bilang mas @Rawins banyak di indomart hehe. tapi buat sendiri keknya lebih sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ngikik*
      lebih sip, dan tangan lama2 jadi se-sekseh Rambooo...:D

      Hapus
    2. bohong tuh pak sedan...
      aslinya milih ke indomart. karena buat narsis di blog doang makanya bilang bikin

      *sambit penggorengan...

      Hapus
    3. Hah... entah mengapa kali ini setuju dg komengnya pa rawins...


      *ngumpet d kolong oven...

      Hapus
    4. hihiihih...
      kebayang si oven nya bakalan melar...*ngikik*

      Hapus
  4. waduh ketinggalan yg empuk2 nih....dsini musim dingin, proofingnya lamaaaa...:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. disimpen deket mejikom um...biar rada anget2..:D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^