Cheddar Cheese Stick


Cheddar Cheese Stick

 Terbuat dari terigu, kanji, keju, telur dan garam...

Assalamua'laikum...
Wilujeng wengi....

Kalo motret yang beginian enaknya digimanain sih? mati gaya mulu... udah muter-muter jungkir balik gak ada angle dan tampilan yang paaas gitu di mata dan hati... akhirnya harus puas dengan mode standar masukin gelas ama dibuntel kertas dan karung, terus minta dipegangin sama Kirei ala-ala buket gitu xixixi.... udah mah cistiknya pada bengkok gak ada yang lempeng jadi susah disusunnya, jadinya si buket amburadul geje...*sigh...

Udah ah gak usah ngomongin poto, amatiran mah pastinya semua juga maklum... Mending ngebahas resep aja. Jadi ini ceritanya kali kedua nyobain cistik ala NCC, mengingat betapa hebohnya topik cistik ini di grup, apalagi pas mau lebaran kemaren. Lama-lama jadi kepo juga pengen nyobain. Percobaan pertama saya modif abis-abisan. Mulai dari bahannya yang ditambahin bubuk biskuit keju, terus jumlah telurnya dikurangi jadi tiga biji, dari resep aslinya yang 4 biji*emang telor ada bijinya mak? terus adonannya ditambahin air, karena terlalu seret, eh bukan seret, terlalu beremah... eh apa sih itu, pokoknya belum nyatu aja kalo diuwel-uwel makanya ditambahin air, aslinya gak pake air sama sekali. Hasilnya? suprise! seriusss enaaak bangeeuddd.... saya suka saya sukaaa...*ala mei-mei... Tapi waktu itu gak sempet dipoto-poto karena udah keburu tanggung mau mudik... jadi udah males duluan. Dan waktu disuguhin ke ibu mertua sama sodara-sodara... semuanya pada suka.... happy? ya jelas lah....

Terus gimana ceritanya bikin cistik pake bubuk biskuit? ngarang banget! iya emang. Jadi begini ceritanya pemirsa...*gelar tiker... Waktu itu, masih inget kan waktu saya bikin cheese balls cookies? nah kan kukis yang onoh, sebelum dipanggang diguling-guling dulu ke bubuk keju, dan ternyata si bubuk kejunya masih nyisa sekitar 50 gr lagi. Sayang dong kalo dibuang. Makanya iseng saya masukin aja ke adonan cistik, hihi... dan ya memang ternyata ngaruh ke aroma, karena biskuitnya sendiri udah punya bawaan wangi khas gitu, jadi cistiknya juga kebawa ada aroma-aroma itunya... "itu".. maksudnya apa ya? ya pokoknya jadi ada aroma bawaan biskuitnya gituuu....



Cheddar Cheese Stick



Itu cerita cistik yang percobaan pertama. Kalo yang ini versi yang bener-bener mirip sama versi aslinya. Kenapa saya bilang mirip? karena teuteup aja ada bahan yang disubstitusi. Kejunya saya ganti pake cheddar bukannya edam atau parmesan [versi asli pake parmesan]. Kenapa? pertama karena cheddar lebih ekonomis, kedua karena seperti yang sering saya bilang, saya agak sensitif dengan keju, jadi biar  aromanya gak terlalu blenek, makanya saya pilih cheedar aja, tapi jumlahnya saya dobel-in dari versi asli yang hanya memakai keju sebanyak 100 gr jadi 200 gram. Hasilnya? yang ini menurut saya lebih mirip sama widaran keju. Iya serius... mirip. Enak? ya tentu... cuma aromanya lebih enak yang ditambahin biskuit... tentunya ini versi orang yang nggak begitu menggilai keju yah, beda kalo nanya nya sama penggila keju sejati pasti pendapatnya akan bilang, "apaan tuh cistik pake cheedar, dicampurin bubuk biskuit pula! camplang banget" heheh... 


CHEDDAR CHEESE STICK
[Resep sudah dimodifikasi semena-mena oleh penulis]








300 gr tepung terigu
200 gr tepung sagu [saya pakai kanji]
1 sdt garam
4 btr telur
30 gr mentega
100 gr keju parmesan, parut [saya, 200gr cheddar]
Air secukupnya [tambahan dari saya, optional]




Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan garam halus, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya. Masukkan telur, dan air [jika pakai] aduk rata. Beri keju parmesan, aduk dan uleni sampai bergumpal, tambahkan mentega, uleni terus hingga kalis. Tipiskan adonan dengan bantuan mesin giling mie, secara bertahap hingga paling tipis. Taburi tepung sagu, teruskan menggiling dengan pisau mie lebar. [saya ditipiskan dan dipotong secara manual]. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, goreng cheese stick hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Kemas dalam wadah rapat. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. hoo..potong manual atu-atu..? *amazed*
    itu kirei lucu pisan mau disuruh jadi model, hihihi
    ehiya itu brownies wafer ama caramelized applenya kok ga bisa diklik ya teh? udah mupeng liat potonyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kerajinan banget nih hahha.... soalnya penggilingan pastanya karatan, saya simpen dibawah tempat cuci piring, lembab deh...:(

      dia mah narsis mau aja kalo disuruh2 jadi model... dikira mau dipajang ama mukanya padahal cuma sepotong aja xixixiix...

      Itu salah klick, masih diedit eh malah ke publish... maklum udeh malem... jadi gak konsen:D

      Hapus
  2. Udah selesai nih ceritanya teh???? Pemirsaaah mo gulung lagi nih tikernya. Mana foto mudiknya? #Emma#

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh pemirsa bakalan kecewa kayaknya... nih mau mudik kloter kedua belom jadi juga, masih bokek mak hahhaha,....

      Hapus
  3. enyaakkkkk. ayu kamu udah buat millo doggy cookies itu belon? aku belon search sih hehehe *dijitak main nanya aja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah mbak, klick aja di kategori kukis...
      lucu emnag bentunya cuma rasanya gak begitu manis, kayak yang kukis biasa, kalo suka kukis yang manis, tambahin gula halus dikit:)

      Hapus
  4. cakep kok fotonyah... apalagi kalo sy dikirimin dua toples, makin tambah cakep deh...

    hahaah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh setoples aja gempor maaak... itu kan dipotong manual hahah...

      Hapus
  5. biar telat, tp mau ikutan duduk di tiker :D ah cakep ini potonya, bikin pengen nyobain...sekilo! nyahahahahahah akuh suka kijuuuuuuuu, dear cistik come to mamma *ngigo*
    ciyus mba motongin manual? motong pake apa? akyu jg gak punya gilingan mie, mau bikin beginian jadinya males krn bayangin motong manualnya itu looh

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem mbak... manual, penggilingan mie nya karatan.... jadi cara bikinnya pertama ditipisin pake rolling pin, terus dipotong2 pake pisau biasa pisau dapur hahha... untuk seresep ini, perkiraan waktunya dari mulai prepare ampe masuk toples itu dua jam...:D tapi karena hasilnya memuskan gak masalah sih lama2 juga... emang beneran enak kok... nekat ajah hahha... penggila kijuuu harus bangeeed nyoba... uh itu yah sehari aja cistiknya udah nyampe dasar toples wkwkwk...

      Hapus
  6. Mau bikin ah ... ga punya gilingan mie. Ya udah, Niron mbak aja deh pake rolling pin.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^