Sliced Baked Potato


Sliced Baked Potato

Kentang yang diiris tipis kemudian dipanggang dengan taburan lada hitam, garam dan parsley...

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Iseng nyobain kentang versi panggang gini. Biasanya kalo yang dipanggang bentuknya gak diiris tipis-tipis tapi dipotong memanjang, kayak french fries gitu... dulu pernah nyoba bikin, sila click aja dimari kalo ada yang pengen nyoba. Menurut testimoni temen-temen yang pernah re-cook, katanya enak, ya seneng-seneng aja sih ada yang suka. Tapi kali ini nyobain yang lebih tipis lagi. Kalo kemarin kan nyobain potato chipsnya, digoreng gitu...enak dan kriuk pastinya, nah gimana kalo dibikin versi panggang, apakah se-kriuk kayak yang digoreng juga?

Hasilnya beragam ternyata. Ada yang kriuk, ada yang empuk [gak garing]. Ya wajar sih namanya juga dipanggang, gak bisa merata panasnya. Tapi jadinya unik, pas dikunyahnya itu. Tetap enak-enak aja sih kalo menurut saya. Jadi enakan mana sama yang digoreng? kalo saya sih dua-duanya enak, mau yang digoreng atau yang dipanggang. Yang digoreng lebih mantap karena teksturnya yang kering itu. Nah kalo yang dipanggang lebih gurih dan lebih kerasa kentangnya karena teksturnya lembut dan sari-sari kentangnya gak kabur semua kayak yang digoreng...*apasih ini... hihi...[lagi males ngbelog pemirsah jadi rada ngaco nih maap:D]


Sliced Baked Potato


Kalo temen-temen mau nyoba bikin, saran saya loyangnya harus dialas kertas baking dulu, karena nempel banget di loyang, jadinya agak susah diangkat. Terus untuk taburannya, ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera kita aja. Kalo saya cuma pake lada hitam, garam, dan parsley. Simple, tapi segitu aja udah enak. Nah kalo temen-temen bener-bener pecinta pedas, silahkan bubuhi cabai bubuk atau bon cabe kalo pedesnya kurang nonjok...^^


SLICED BAKED POTATO







4 buah kentang
1/2 sdt lada hitam, haluskan
1/4 sdt garam
Parsley kering
1 sdm butter, lelehkan





 Kupas kentang, cuci bersih


 Iris tipis dengan slicer, tiriskan


Masukan butter yang sudah dilelehkan, aduk rata.


Tata di atas loyang. Taburi dengan lada hitam, garam dan parsley kering


 
  Panggang di suhu 150'C sampai matang kecoklatan. Sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...
Salam,



16 comments :

  1. suka fotonya, deep of fieldnya bikin gambar jadi keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan DOF nya biasa aja deh gak begitu dalem, lagian kita kan mau motret bukan mau gali sumur jadi gak perlu dalem2...heheh...

      ayways, thanx udah mampir kang Joe...^^

      Hapus
    2. loch...ko'pikirannya sama dengan kang joe sayah teh ya...soalnya yang namanya kentang ya...kentang, tapi liat disini...ko' jadi menggoda banget tuh kentang ya...ya itu tuh...kedaleman motonya dan alat motonya yang canggih, kentangnya jadi...gimanaaa...gituh.

      Hapus
    3. heuheu.. gak ada yang dalem disini mang, alat maupun tehniknya juga masih dodol banget, saya malah gak suka sama foto2 ini, tapi karena ini bukan ajang pamer poto, tapi intinya, berbagi resep, sooo teteup diposting...^^

      Hapus
  2. aku mah suka anaknya
    heran bisa bikin yang semanis ituh, hihihi

    BalasHapus
  3. Udah nyobain.
    Ternyata gampang, cepet dan gak ribet. Tapi rasanya gak sekriuk kalau digoreng ya.
    Karena gak punya parsley kering, aku taburin rajangan daun ketumbar.

    Ah ntar bikin lagi ahhh..
    Cocok buat kudapan sehat ala Food Combining, bisa buat pengganti nasi.

    Makasih ya Yuk, inspirasinya

    enkoos.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihi iya gak sekriuk yang digoreng, malah ada yg cm empuk aja, tapi justru itu yang enaknya...:D

      aku belum pernah nemu ih daun ketumbar yg kyk gimna... pgn nyobain...
      wah makin istiqomah nih FC nya heuheu...
      sama2 mbak...^^

      Hapus
  4. Kapan hari aku celupin ke kuah rawon. Kuahnya doang, dagingnya gak dimakan, Food Combining kan :D

    Ketumbar baunya langu, rasanya juga gitu, tapi aku suka banget. Sering aku rajang buat taburan salad.

    Tentang Food Combining, Alhamdulillah iya. Udah kerasa banget manfaatnya. Sesekali masih curang seperti makan soto ayam pake nasi, tapi itu udah juaranggggg banget, dan abis itu diguyur jus sayur. Hihihihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      sebenarnya satu2nya hambatan kenapa sy belum beralih ke foodcombining ya karena susah misahin protein hewani sm nasinya itu lho mbak..:D, kayak sate plus lontong atau soto pake nasi, kyk yang mbak Evi bilang... kalo yang lain2nya sih InsyaAlloh bisa diatasi... nah yang justru urgentnya itu yang susah...heuheu...

      Hapus
  5. Huwaa rajinnyaa..... Kebanyang kriuknyaa

    BalasHapus
  6. Teh ayu,
    Aq dah coba pake parchment paper, hasilnya lebih parah malah nempel2 kertasnya hiks jd gabisa dimakan deh kentangnya :( mending nempel di loyang drpd di kertas ya. Atau kl mau mungkin bisa pake pan teflon biar ga lengket sygnya aq ga punya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo ya ampuuunnn mohon maaf kalo gitu...
      saya kira kalo dialas kertas baking akan memudahkan, malah tambah nempel ya...:(
      iya tuh kayaknya kalo pake teflon bisa jadi salah satu solusinya, atau pakei silpat mungkin?
      makasih ya dah ngasih masukan...^^

      Hapus
    2. pengen bgt buat ini...kalau dialasi alumunium foil bisa ga ya sebagai pengganti parchment papernya?

      Hapus
    3. bisa kayaknya...:)
      mudah2an suka ya...^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^