Homemade Potato Chips

Homemade Potato Chips
Kentang diiris tipis, ditaburi sedikit garam, kemudian digoreng hingga kering...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Ketika kita membeli sebungkus potato chips, benarkah kita sungguh-sungguh membeli potato chips atau justru kantong udara? karena potato chipsnya sendiri tidak lebih dari 1/3 bagian dari keseluruhan kemasannya... iya sih, kantong udara tersebut memang sengaja dibuat demikian untuk menjaga supaya kerenyahan dan potato chipsnya tidak rusak atau patah-patah, tapi mestinya gak segede itu juga kalee... jadinya ekspektasi kita yang ngaggap bahwa ini potato chips isinya banyak nih, kantongnya aja dah segede ini, tapi pas dibuka.. alamak isianya cuma seuprit, anginnya aja yang banyak [plus mecin dan garamnya yang segambreng itu]... jadi sebenarnya mereka tuh mau jual angin apa potato chips? hihihi...*kiddin..

Kayaknya cuma Pringles satu-satunya "potato chips" yang gak jual angin [CMIIW, jika ada merk yang lain]. Itu pun jika Pringles masih layak disebut potato chips, mengingat ingredients tepung kentang di dalamnya tidak lebih dari 42% aja, sisanya? terdiri dari tepung beras, jagung, garam, dan aneka seasoning yang gak begitu jelas persisnya apa. Kabar baiknya, Pringles dikemas sedemikian rupa di dalam tabung silinder berlapis alumunium foil, sehingga membuat "potato chips" [saya kasih tanda petik ya] tersebut relatif aman dari goncangan dan cuma sedikit menampung angin. Jadi konsumen tidak begitu 'tertipu' antara membeli potato chips dan beli angin hehehe... namun, kabar buruknya, harga Pringles, melesat jauh jika dibanding dengan harga potato chips yang lain. Jadi dengan harga yang segitu, kita tidak membeli angin, tapi kita membeli kemasan yang cantik dan eksklusif... jatuh-jatuhnya kalo diitung-itung ya sama aja, sama-sama maharani, untuk ukuran potato chips yang bisa kita bikin sendiri di rumah... Dan satu lagi pemirsa, Pringles belum bersertifikat halal, jadi itulah kenapa tadi di atas saya tulis "gak jelas persisnya apa" karena kita tidak tau pasti apakah Pringles memang terbuat dari bahan-bahan yang halal atau justru meragukan. Langkah terbaiknya bagi kita, muslim, ya hindari saja lah... ^^


Homemade Potato Chips


Satu hal yang kadang kita suka lupa... ngapain mesti beli potato chips yang harganya mahal, penuh dengan natrium, glutamat dan aneka seasoning gak jelas bentuk aslinya gimana, ketika kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Repot? nggak juga... santai aja kayak bikin gorengan yang lain. Kita cuma perlu mengupas, mengiris [dengan slicer] kemudian taburi sedikit garam, lalu goreng hingga kering. Saat itu juga potato chips yang renyah, masih fresh, serta less salt and MSG bisa langsung tersaji.


Homemade Potato Chips


Tidak ada trick atau kentang tertentu untuk mebuat potato chips ini. Biasanya saya memakai kentang apa saja yang di jual di tukang sayur, yang terpenting ukurannya tidak terlalu besar dan seragam, supaya pas digoreng, matangnya pun dalam waktu bersamaaan, itu saja. Jika ingin membuat kentangnya lebih renyah, cuci beberapa kali kentang yang sudah dislice, untuk membuang sebagian pati-nya. Tambahkan geprekan beberapa siung bawang putih ke dalam kentang yang sudah di goreng untuk menambah aromanya menjadi lebih sedap. Tidak juga tidak apa-apa...

Pertanyaannya, berapa lama potato chips home made ini akan bertahan? sesungguhnya saya sendiiri juga bingung kalo ditanya begitu, karena justru saya pengen balik nanya, memangnya bisa tahan selama itu yah berdekat-dekatan dengan potato chips? Maksud saya, bukan, bukan karena potato chipsnya bakalan mlempem kalo dilama-lama-in, tapi karena tangan ini gak akan berhenti nyemilinnya... jadi pastinya gak akan lebih dari satu atau dua hari saja, toples sudah kosong mlongpong... pan?:D


Homemade Potato Chips


Meski demikian pemirsa... satu hal yang harus kita ingat. Betapa pun mudah dan murahnya potato chips home made ini, tapi jangan sering-sering juga bikinnya. Saya sendiri tidak lebih dari 2 atau 3 kali maksimal bikin dalam setahun. Karena, konon katanya, kentang yang digoreng di suhu yang tinggi memiliki sifat karsinogen, maksudnya berpotensi memicu kanker. Sebenarnya bukan cuma kentang goreng aja sih, semua yang mengandung karbohidrat apabila terpapar di suhu tinggu dalam waktu yang lama memiliki resiko yang sama. Saya tidak begitu tau persisnya bagaimana, silahkan teman-teman gugling sendiri untuk informasi lebih lanjut. Pokoknya makanlah secukupnya dan jangan berlebih-lebihan aja....^^


HOMEMADE POTATO CHIPS


Homemade Potato Chips






1 kg kentang, kupas, iris tipis dengan slicer
1/3 sdt garam
6 siung bawang putih, geprek
Minyak untuk menggoreng





Cuci kentang yang sudah diiris sebanyak 1-2 kali. Tiriskan. Tbauri garam. Gorneg dnegan minyak sedang, masukan bawnag putih bersamaan ke dalam wajan. Jika warnanya sudah kekuningan, angkat tiriskan. Dinginkan, masukan ke dalam toples.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat... 

Salam,



8 comments :

  1. i luuuuv potato chip!!! misti dibikin ini ...banyak jimatnya drpd dibeli kan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya umii... lebih hemat... dapet banyak;)

      Hapus
  2. Balasan
    1. mbak Anna.. whow are yuuu.. duh akngen pisan.. kemana saja dikau meni tara ngapdet resepnya hihi...
      iya emang lebih aman kalo dipanggang ya, meski lama hihihi... jadi kalo versi panggang saya bikinnya potato wedges aja biar cepet:D

      Hapus
    2. Kangen Mbak Anna jugaaa ..... Peluuk peluuk semuaa ^^

      Hapus
    3. heem, mbak Anna ini suka tiba-tiba menghilang nih....:(

      Hapus
  3. Aiih rajinnyaa.... Saya mintak aja yaa :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^