Braided Oatmeal Bread With Coffe Cream Filling

Braided Oatmeal Bread With Coffe Cream Filling
Roti oatmeal dengan isian kopi...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Nah, ini nih yang saya janjikan kemarin. Masih dari adonan yang sama dengan Baked oatmeal doughnut, 1/3 bagian dari adonannya saya bikin roti dengan isian kopi. Karena tadinya tidak berniat untuk diposting di blog, jadi ketika baru matang langsung saya potong-potong untuk dicoba. Lagipula tak ada yang paling enak dari menyantap roti, kecuali pada saat baru saja keluar dari oven. Aroma, tekstur dan rasanya benar-benar sedap, dan itu yang membuat saya selalu ketagian pengen bikin roti... lagi dan lagi dan lagi..... sampai-sampai saya lupa buat motret penampakan utuh bentuknya. Jadi saya ngambil gambar seadanya aja... tapi kalo misalkan temen-temen penasaran seperti apa penampakan utuhnya, silahkan liat di postingan Plaited coconut bread, sama aja kayak gitu, cuma yang ini versi jumbo nya. Karena besar,  disajikannya dipotong-potong dulu, nggak satuan.

Teksturnya yang lembut dengan rasa yang lezat dan aroma semerbak kopi yang enak, membuat saya berfikir, kayaknya gak ada salahnya kalo ini juga di-share ke temen-temen. Dan berbeda dengan bentuk donat yang kemarin saya posting, yang ini meski seratnya tidak panjang, namun sangat lembut. Bahkan setelah saya simpan semalaman pun rotinya masih lembut. Saya juga bingung, dari satu adonan kenapa hasilnya jadi beda gini ya... Nah, karena kemarin adonana rotinya udah saya tulis, sekarang saya cuma mau ngasih resep isiannya aja... ini link  resep rotinya silahkan ceklik dimari aja ya...^^

Cara membentuk rotinya, sebenarnya simple aja. Ambil adonan roti, kemudian giling atau lebarkan, hingga agak tipis dan membentuk persegi panjang. Oles permukaannya dengan isian, sisakan kira-kira 1 cm disetiap sisinya, lalu gulung. Pindahkan ke dalam loyang. Gulungan ini kemudian dibelah dua secara memanjang, dengan salah satu ujung tidak sampai putus. Setelah itu, di ujung tidak putus, adonan kemudian dipilin kayak tambang gitu. Tak perlu khawatir dengan isian, karena kalo sudah dingin jadi mengental, gak akan terlalu blepotan. Udah gitu aja. Biarkan hingga mengembang, oles dengan susu cair, taburi dengan mede cincang, lalu panggang selama 20 menit d suhu 200'C. Enjoy!


COFFE CREAM FILLING


Braided Oatmeal Bread With Coffe Cream Filling



20 gr kopi instan
2 sdt gula pasir
1 sdt tepung terigu [larutkan dengan sedikit air]
100 ml air


Rebus air dan gula hingga mendidih, masukan kopi dan tepung terigu yang sudah dilarutkan, aduk hingga mengental, dinginkan. Isian siap digunakan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



0 comments :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^