Baked Oatmeal Doughnut

Baked Oatmeal Doughnut
Roti dengan metode water roux, dengan campuran oatmeal...

Assalamu'alikum...
wilujeng siang...

Hai... met wikend... 
Persediaan oatmeal masih ada sisa, dan saya masih belum kapok bereksperimen menjadikan oatmeal sebagai salah satu bahan tambahan untuk roti. Terakhir saya bikin jadi honey oatmeal bread, yang meksipun rasanya beneran enak, tapi teksturnya jadi beremah dan agak padat. Kali ini, saya pake metode water roux, maksudnya biar teksturnya lebih ringan, dengan jumlah air yang dibanyakin dari biasanya. Ternyata hasilnya tetap tak selembut yang pake tepung terigu biasa.

Dari satu resep ini, saya bagi jadi 3 bagian. 1/3 bagiannya saya bikin bentuk donat dengan glaze, nah sisanya saya buat braided bread dengan filling kopi. Untuk yang dibikin roti isi kopi, hasilnya sangat lembut meski seratnya tidak begitu panjang, dan tetap lembut meski disimpan sampai keesokannya [tapi yang ini dibahas besok aja, biar gak kepanjangan, otak dan jari lagi gak bisa kompak...pikirannya lagi gak fokus nih]. Nah kalo yang dibikin versi donatnya, hasilnya jadi gak begitu lembut. Kenapa? entahlah, saya juga bingung... Untung glazenya enak, jadi teteup sedap meski tidak begitu lembut.



Baked Oatmeal Doughnut

Saran saya, kalo temen-temen mau bikin ini tapi pengen yang lembut, sebaiknya ganti saja oatmealnya dengan tepung terigu protein sedang, dan jumlah airnya dikurangi. Apabila adonannya masih terasa lengket, tidak apa-apa, tidak usah ditambah terigu lagi. Salah satu tips untuk memudahkan membentuk adonan roti yang menempel dan terlalu lembek yaitu lumuri tangan dengan minyak. Meski adonannya sangat lengket, tidak akan menempel. Untuk glazenya, campurkan susu kental manis dengan gula tepung dan kasih essens vanilla kalo ada. Perbandingannya silahkan suka-suka ya, sesuaikan tingkat kemanisannya dengan selera masing-masing. Aduk semua bahan lalu semprotkan di atas donat...^^



BAKED OATMEAL DOUGHNUT


Baked Oatmeal Doughnut






Water roux [starter]

25 gr tepung terigu protein tinggi [saya memakai cakra kembar]
125 ml air


Bahan Roti
125 gr adonan water roux
300 gr tepung terigu protein tinggi
60 gr oatmeal, blender halus
11 gr ragi instan
35 gr mentega
200 ml air [atau kurangi jika terlalu lembek]
70 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
 Susu cair untuk olesan




Pertama, siapkan dulu bahan untuk starternya, yaitu dengan mencampur terigu dan air, aduk hingga rata kemudian masak di atas api kecil hingga mengental tapi jangan sampai mendidih dan bergerindil. Angkat, dinginkan.

Siapkan bahan roti, campur semua bahan kering, aduk hingga rata tambahkan air dan bahan starer, uleni adonan hingga kalis. Tambahkan mentega, uleni kembali hingga elastis. Setelah itu istirahatkan adonan selama 30-60 menit, atau sampai adonan mengembang menjadi 2 kali lipat.

Apabila adonan telah mengembang dengan baik, kempiskan, kemudian tinggal dibentuk sesuai selera. saya membentuknya ala donat gitu. Setelah itu adonan diistirahatkan kembali sampai mengembang. Oles permukaannya dengan susu cair kemudian panggang di suhu 180'C selama 10 menit dengan api atas bawah. Angkat, simpan di rak kawat. Semprot permukaannyadengan glaze.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. wiih isi kopi...mau dong..hmm

    BalasHapus
  2. eta sih namanya donat jibrug ceu...

    BalasHapus
  3. Jadi Kayak roti ya Mbak... Sekilas malah mirip cookies...hehe...maauu donk ^^

    BalasHapus
  4. Glazenya kereen..selama ini kalau bikin glaze suka berantakan hehehe....

    Enaknya kalau pagi2 ada yang bikinin beginian terus sarapan pake roti yang baru keluar oven...

    BalasHapus
    Balasan
    1. welehh itu malah belepotan teh heuheu...
      iyaaa... sedep bgt ya aromanya:)

      Hapus
  5. Balasan
    1. water roux itu adalah salah satu tehnik membuat roti denagn cara merebus sebagian tepung terigunya hingga mengental dna jadi biang kira2 begitu mbak:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^