Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam

Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam
Cake ketan hitam dengan tambahan pisang dan cokelat bubuk...


Assalamua'laikum...
wilujeng enjing, selamat pagi...

Cake ini rasanya unik. Mirip kayak brownies ketan hitam tapi ada pisangnya. Sekilas mirip Chocolate banana bread, tapi berpasir... Teksturnya lembut dan agak berminyak. Rasa cokelat dan pisangnya masih kerasa kuat tapi aroma ketannya juga masih ada. Yang harus selalu diingat adalah, karena cake ini memakai gula palem, ada baiknya gula palem diblender dulu sampai halus, untuk memudahkan pengocokan. Karena gula palem memiliki tekstur agak susah menyatu dengan butter jika langsung dikocok. Ribet sih, tapi percayalah... ini akan sangat memudahkan pada tahap berikutnya. 

Waktu kemarin bikin ini, gak habis hari itu juga, jadi saya iris tipis, kemudian dipanggang lagi hingga kering. Enak jadi kayak cookies... cobain sendiri deh. O yah, resep asli cake ini dari Sajian Sedap kemudian dimodifikasi sama teh Yulyan Cooking with Love, yang dimodifikasi lagi sama mbak Hesti. Thanks ya buat sharingnya...^^





CAKE PISANG COKELAT KETAN HITAM
Source: Hesti Kitchen


Cake Pisang Cokelat Ketan Hitam







200 gr margarin
125 gr gula palem, [blender sampai halus]
200 gr pisang, [saya pakai pisang ambon ] hancurkan dengan garpu
125 gr tepung ketan
50 gr tepung terigu
4 btr telur
25 gr cokelat bubuk
1 sdt baking powder [saya skip]







Kocok margarin dengan gula palem hingga lembut dan rata. Masukan telur satu persatu, sambil dimasukan tepung terigu sedikit sedikit. Tambahkan pisang sambil dikocok rata. tambahkan sisa bahan yang lain sambil terus dikocok perlahan. Matikan mixer. Aduk dengan spatula. Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu. Panggang di dalam oven dengan suhu 180'c selama 40 menit atau hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan. Keluarkan dari oven, balik di atas rak kawat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. cake pisang coklat ketan hitam dan segala resep menarik yang ada disini selain tampilannya keren keren, menarik dan pastinya makjleb rasanya, bakalan lebih maju dan berkembang pesat kalau dikut sertakan Berani Jadi Miliarder nya Metro TV..artikelnya baca deh di desa...;o)

    BalasHapus
  2. Mb Ayu, aku barusan nyobain resepnya, hmmmm....enak banget, mb. perpaduannya pas, rasa pisang, coklat, ada krenyes2 tepung ketan itemnya, manisnya pas. Trus atasnya kutaburin keju dan almond, jadi ada gurih2nya gitu... Tks sharing resepnya ya, mb.
    -ida-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap tuh mbak Ida pake keju sama almond, lebih nyam-nyam pastinya...:)
      kok saya gak kepikiran pake toping ya hihihi....^^

      Hapus
  3. geuningan etah jadi rajin pisan nge-cake nya ceu...?

    BalasHapus
  4. pada mbikin ini semuaa.....jd pengeen...

    BalasHapus
  5. penasaran sama rasanyaaaaa :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^