Bingka Pisang Gula Merah

Bingka Pisang Gula Merah
Bingka ini terbuat dari pisang dengan gula merah, yang dimasak dengan cara dikukus...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...


Coba-coba bikin bingka dari pisang yang pemanisnya pake gula merah. Ternyata rasanya tidak secetar talam ubi yang dipakein gula merah kayak yang saya bikin beberapa waktu kemarin. Keseluruhan sih enak, tapi enaknya biasa aja gak sampe enaaak banget hehehe... kalo tekstur dan aromanya sih oke. Teksturnya lembut dan aromanya pisang banget plus gula merahnya itu bikin wangi. Tapi apa yah, kurang klop gitu, menurut saya sih.

Dulu pernah sekali bikin bingka, tapi dari kacang hijau. Nah itu rasanya mantab, lembut dan enak. Jadi resep bingka pisang ini juga ya kira-kira aja dari resep yang itu. Kalo temen-temen mau nyoba, tapi gak punya gula merah, bisa pake gula palem ya, cuma harap diperhatikan takaran gulanya kurangi dikit, biar gak kemanisan. 



Bingka Pisang Gula Merah



BINGKA PISANG GULA MERAH


Bingka Pisang Gula Merah







350 gr pisang ambon, haluskan dengan garpu
2 sdm margarin
150 gr gula merah, sisir halus [kurangi atau tambahkan sesuai selera]
25 gr gula palem
125 gr tepung terigu
1/4 sdt garam
130 ml santan kental
2 btr telur
Wijen untuk taburan







Masukan 1/2 bagian pisang ambon ke dalam blender. Tambahkan telur margarin, terigu, gula dan garam. Nyalakan blender, proses hingga halus. Campurkan 1/2 bagian pisang sisanya, aduk rata. Siapkan loyang, oles dengan minyak, panaskan dalam oven sebentar. Kelaurkan loyang dari oven, tuang adonan, taburi dnegan wijen, panggang di suhu 160'C selama 40 mneit atau hingga matang. Tunggu sampai agak dingin, baru keluarkan dari loyang. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



4 comments :

  1. rasanya ky gimana c teh? belom pernah tau rasanya bingka...

    *ngenes pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumahanyaa...
      lembut gr teh, gurih manis enak sih tapi tergantung bahannya. dulu bikin yg kacang hijau enak banget kalo yang ini mah rasanya kurang klop, entah kalo gulanya diganti pake gulpas lebih nendang kali rasanya...

      Hapus
  2. klo berdasar pengalaman saya, klo pake gula merah atau gula palem, biasanya rasa pisangnya jd samar atau tertutupi manis gurihnya gula merah/palem....sedangkan klo pakai gula pasir rasa pisangnya lebih kuat....tapi masalah selera relatif sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm..iya ummu,
      yanag pake gula merah itu memang khas aromananya:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^