Talam Ubi Gula Merah

Talam Ubi Gula Merah
Talam ubi biasa dengan gula merah...


Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing... 

Aihhhh... talam lagi, talam lagi... jangan bosen-bosen ya, saya aja yang makannya gak bosen kok. Tapi memang ada beberapa alasan kenapa saya seneng banget bikin talam. Pertama, saya punya stock ubi yang lumayan banyak, terus talam adalah resep yang relatif mudah untuk dibuat. Campurkan semua bahan, diblender, langsung dimasukan cetakan lalu dikukus. Beres... dan alasan lainnya adalah, anak-anak ngefans berat dengan talam. Saya sendiri heran, karena biasanya mereka tidak begitu suka dengan kueh tradisional yang basah seperti ini. Tapi setiap kali saya bikin talam, selalu habis... 

Kali ini talam yang saya buat memakai gula merah yang dicampur dengan satu sendok makan gula palem untuk memperkuat rasa manisnya. Resepnya seperti biasa yang dari mbak Hesti. Hasilnya ternyata memang sangat enak. Kalo talam yang biasa saya buat itu sudah enak, maka yang pake gula merah, kadar enaknya-sekiranya bisa dipersentasekan-, akan naik menjadi 50 persen dari enak yang biasa hahah...
Cobain deh, bakalan tau bedanya kalo dah nyoba sendiri...^^


Talam Ubi Gula Merah


TALAM UBI GULA MERAH


Talam Ubi Gula Merah







180 gr ubi yang sudah direbus dan dihaluskan
2 btr telur
40 gr tepung beras
35 gr tepung tapioka [seharusnya 25 gr]
200 ml santan kental
1/2 sdt garam
120 gr gula merah, sisir halus + 1 sdm gula palem



Lapis santan
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam








Siapkan kukusan, jangan lupa membungkus tutupnya dengan serbet bersih.
Campurkan semua bahan kemudian blender sampai halus. Biarkan beberapa saat sebelum dituang ke dalam cetakan. 
Siapkan cetakan [saya pakai cetakan pie], olesi dengan minyak. Tuang adonan yang sudah di blender kedalam cetakan dengan ketinggian 3/4 cetakan. Kemudian kukus selama 10 menit.

Sekarang kita akan menyiapkan lapisan santannya. Campur dan aduk semua bahan hingga rata. Setelah 10 menit lapisan ubi dikukus, tuang lapisan santan. Kukus lagi kira-kira 5-7 menit, atau hingga matang. Angkat dari kukusan, kemudian dinginkan, baru dikeluarkan dari cetakan. Sajikan.

Selamat mencoba, smeoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. perasaan pernah tayang yang ini..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mang, baru bikin na ge kamari...
      ini tayang perdana, dan mamang dapet pertamax...:D

      Hapus
  2. ah mau coba ah, aku suka soalnya ubi

    BalasHapus
  3. saya juga mau mbikin talam nih....tp blm tau kpn...hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan lagi banyak ubi ungu, cobain aja heheh

      Hapus
  4. penasaran wangi gula merahnya itu lhoh....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^