Baked Mung Bean Kuih [Bingka Kacang Hijau]

Baked Mung Bean Kuih [Bingka Kacang Hijau]
Kue tradisional yang lembut dan manis ini terbuat dari kacang hijau, santan, gula, tepung terigu, telur dan beras... 



Penampakannya memang kurang menarik ya pemirsa.. tapi percayalah ini termasuk salah satu kue tradisional yang enak banget. Pas baru pertama keluar dari oven, tekstur atasnya kering, namun di alamnya lembut banget. Sekilas nampak seprti cake yang bantat, tapi ketika digigit, lembut seperti dodol, dan kacangnya itu, masih berasa banget, dengan aroma dan rasa gurih dari santannya juga, pokoknya pecinta makanan tradisional harus banget nyobain bikin ini.

Saya bikin bingka ini sore hari, dan besoknya dibawa mudik ke rumah bumer, jadi bingkanya dimasukin kulkas dulu, makanya penampakannya sedikit "berkeringat". Dan karena sesi pemotretannya di rumah bumer jadi saya jepret seadanya saja, yang penting pemirsa ada gambaran lah dikit... 
O yah, satu lagi.. di resep aslinya bingka ini memakai tambahan bahan pewarna makanan, cuma saya skip karena nggak yakin punya saya pewarnanya sudah ber-SH atau belum, merknya lion brother, jadinya saya urung menambahkan pewarna ke dalam adonan bingkanya. Tentunya, jika ditambahkan pewarna, penampakannya akan lebih terlihat cantik. Kalo punya saya, nampak buluk hehehhehe...

Cara bikin bingka ini, cukup unik dan gampang, tidak perlu pakai mixer, cukup campurkan semua bahan... iya, semuanya kecuali biji-bijian buat taburan, abis itu terus diblender sampai halus. Awalnya saya pun ragu, khawatir bingkanya jadi bantet, tapi saya percaya aja deh sama yang punya resep, soalnya beliau udah ahli banget dibidangnya... dan ternyata hasilnya memang memuaskan. Meskipun punya saya, permukaannya retak-retak, mungkin karena api atasnya terlalu panas. Cuma over all... sangat memuaskan... worth it to try lha...


Baked Mung Bean Kuih [Bingka Kacang Hijau]


BAKED MUNG BEAN KUIH [BINGKA KACANG HIJAU]














1 1/2 cup kacang hijau yang sudah di rebus
1 cup air
1 1/2 cup tepung terigu
1/2 cup tepung beras
2 cup santan
1 cup gula pasir
3 sdm butter [saya pakai margarin]
2 butir telur
1/2 sdt garam
1 sdt pewarna hijau [skip]
Biji-bijian [wijen/ biji selasih]








Campurkan semua bahan, kecuali biji-bijian, kemudian  blender hingga halus. Kalo saya, karena kapasitas blendernya tidak bisa memuat sebanyak itu, jadi bahannya dibagi dua, diblendernya separuh-separuh. Masak adonan ini sebentar saja hingga beruap, saya skip proses ini karena kelupaan, kurang teliti baca resep. 

Panas kan oven di suhu 180'C, kemudian olesi loyang dengan minyak, lalu simpan di dalam oven selama 5 menit. Keluarkan loyang, tuang adonan tadi, lalu panggang selama kurang lebih 60 menit, atau hingga matang. Keluarkan dari oven, tunggu hingga benar-benar dingin, baru dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. tapi penampilanyah kurang seksay ah...

    BalasHapus
  2. kenapah dari kemarin eror wae susah masuk kemari..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. piraku mang? padahal dimari normal2 aja, ngeblog lancar ajya..:D

      Hapus
    2. sueer ceu...
      piraku bohong sayah kan jujur pisan kecuali dipepet
      yoweslah sekarang udah normal lagi
      semoga bukan otakku yang error, hehe...

      Hapus
    3. weleh, masalah kemaren aja blom kelar ditambah pula suseh diakses..:(

      Hapus
  3. kapan yaa bisa nyoba resep2 bingka....btw fotonya vintage , cakeep :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga baru pertama kalinya um, makanya takut bantet karena belum pengalaman...
      dibikin vintage biar lebih samar warna bingkanya, kusam soalnya hehehhe*curang..:D

      Hapus
    2. oiya, dulu pernah mbikin sih, bingka kentang resep sajian sedap, ga pakai tepung blas , haduuh jadinya lembek... >.<

      Hapus
    3. adi kentang panggang donk hehehe,
      itu resep aslinya kyk gt?
      ini jg adonannya cair um, tp jd mengeras sih lama2...

      Hapus
  4. waduuuuh, itu buku yg buat alas aya catetan utangna saha teteh...?

    qiqiqiqi.....

    BalasHapus
  5. mb mau cobain... keknya enak deh, kalo dikonversi ke gram kira2 gmn tuh y? setau sya 1 cup air= 250 ml, kalo tepung 1 cup= 110 gr. berarti di resep 2 cup= 500 ml y? -dina

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kueh ini memang enak sekali...
      tapi mohon maaf sy sndiri belum pernah mengkonversi resepnya ke gram, jadi gak bisa memastikan, khawatirnya salah..:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^