Nasi Bakar Isi Teri dan Jamur

Nasi Bakar Isi Teri dan Jamur
Aroma gosong dari bakaran daun pisangnya itu meresap sampe ke dalem, bener-bener sedap....


Paling males kalo motret nasi bakar-bakaran kayak gini... selalu mati gaya ngambil angle nya dari mana... jadilah hasil potonya selalu aneh bin ajaib hihihi... 

Nasi bakar lagi? iyaaaa... suka banget soalnya. Pokoknya kalo ada daun dan teri pastilah bikin. Awalnya kerasa ribet, tapi kalo udah terbiasa bikin nasi bakar-bakaran ga akan berasa ribetnya. Kemarin, sebelum bikin nasi bakar ini, bikin juga nasi bakar, cuma isiannya ati ampela, nah hari ini bikin lagi, isiannya teri dan jamur merang *rajin banget yah si emak...

Resepnya persis kayak Nasi bakar yang saya bikin minggu kemarin, cuma ayamnya aja diganti pake jamur. Jadinya tetap gurih dan ada sensasi kenyal-kenyalnya, kebayang kan gimana serunya. Nasi bakar ini cenderung pedas, jadi kalo dibikinnya buat anak-anak, kurangi atau hilangkan cabe rawitnya. Kalo saya, karena penyuka pedas ketimbang ngurangin jumlah cabenya, mendingan anak-anak dibikinin makaroni panggang aja buat makannya hehehe...*emak gak mau rugi...


Nasi Bakar Isi Teri dan Jamur

Nasi Bakar Isi Teri dan Jamur


NASI BAKAR ISI TERI DAN JAMUR
Resep asli milik Fatmah Bahalwan NCC

Nasi Bakar Isi Teri dan Jamur





500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus




Isian:
200 gr jamur merang, potong dadu [aslinya pakai 150 gr dada ayam fillet]
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
2 bh cabe hijau, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
4 bh cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang, iris kasar
1  sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk
4 sdm minyak goreng untuk menumis







Isian
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan jamur, aduk rata, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.

Nasi 
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.

Penyelesaian
Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Atau kalau saya, putarkan ujung-ujung daun kemudian masukan ke dalam nasi. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. subhanallaah...
    Inilah hebat'y si mamih tea...
    Selain maem jd lbh lahap, jg bs ngurangi cucian piring khaann...?
    Hahayyy...
    Ketauan....;-t

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk...
      eh tapi, cucian piring sih gak ada tapi itu dandang kukusan, tempat bakaran dan remah2 daun kering belepotan kemana2...:(

      Hapus
  2. sedep nih kalo ada terinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangeeetss..
      teri nya itu bikin jadi gurih bgt :)

      Hapus
  3. mbk ma tanya,mbk ayu ngedit foto pake apa?yang tulisannya itu,belakangnya ada kotak trsanparan..penasaran saya caranya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kalo ngedit biasa pake photoshop aja mbak.. hihi..
      itu diblok pake warna putih trs di blending gt, eh gmn yah jelasinnya:D

      Hapus
  4. mbak, request nasi tim jamur yang enak yaaaa.... makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi tim yah..hmm.. belom pernah bikin sih, tapi InsyaAlloh barangkali nemu resep nasi tim yang maknyus ntar di share deh...^^

      Hapus
  5. Lagi laper baca inj jd ngiler mbak..minggu lalu sekpet bikin jg nasi bakar ayam dan enaak..ditambah sambal terasi tambah maknyuss deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em.. nasi bakar sama sambel terasi memang jodoh banget ya..:D

      Hapus
  6. waah....saya kelewatan yg iniii.....resep Bu Fatmah jg ya Mbak....mantaabb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pake jamur ini unik banget rasanya um, beneran, ada kenyal2nya gitu..sukaaa pokoknya..:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^