Nasi Bakar

Nasi Bakar
Nasi yang dimasak dengan santan kemudian dikasih isian tumisan teri dan daging ayam, lalu dibakar... sensasi gosongnya itu kayak meresap ke dalam nasi...sedap!


Potonya menipu, pemirsa..... Katanya nasi bakar tapi kok itu belum di bakar ya? hehhe... betul... memang nasinya belum saya bakar, karena belum masuk ke jadwal makan saya pas pemotretan nasi ini. Sedangkan nasi bakar cuma enak ketika dihidangkan masih panas, jadi dipotonya gak ada efek-gosong nya deh. Tapi pas waktunya dimakan, saya bakar dulu kok...  mudah-mudahan pemirsa bisa maklum ya...^^

Nasi bakar ini saya buat beberapa minggu yang lalu. Iseng aja pengen nyobain nasi bakarnya Bu Fat, yang konon katanya super enak. Bener aja, nasi bakar ini memang enak, dan jadi favorit kita di rumah. Anak-anak juga suka banget. Pokoknya gak bakalan rugi deh sedikit merepotkan diri dengan acara nguwel-nguwel daun di dapur kalo hasilnya setimpal...

Mungkin temen-temen ada yang bertanya-tanya, bisa kah kalo memasak nasi nya pake mejikom? ehm, bisa-bisa aja sih, saya liat mbak Nony juga pake mejikom, tapi saya yakin hasilnya akan sedikit berbeda dengan yang dikukus manual pake dandang. Bedanya di mana? di tekstur!  Nasi yang dimasak dengan mejikom, kayaknya agak lembek... atau apa yah namanya, kalo dalam bahasa sunda, henteu haraghag...*halagh...bahasa apa ini? xixixi... Saran saya sih, untuk hasil terbaik, ikuti saja langkah-langkah yang sudah dituliskan di dalam resep. Intinya, best effort for best result... gak akan rugi kok repot sedikit, serius...!


Nasi Bakar


NASI BAKAR
Source: Fatmah Bahalwan via Nonyprakasya


Nasi Bakar








500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus




Isian:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
2 bh cabe hijau, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
4 bh cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang, iris kasar
1  sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk
4 sdm minyak goreng untuk menumis







Isian
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.

Nasi 
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.

Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Atau kalau saya, putarkan ujung-ujung daun kemudian masukan ke dalam nasi. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. jadi inget nasi bakar ayam goreng di malang,enak bangett,,apalagi makannya pas anget2 heummmm.....^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimakannya anget2 di cuaca dingin ya mbak..:)

      Hapus
  2. lebih kurang pulut panggang di sini...bezanya nasi dan pulut...dan rempah untuk intinya juga berbeza

    BalasHapus
  3. duuhh......dari dulu pengen nyoba nasi bakar.....daunnya keburu habis nih :(((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. penasaran ya ummu......
      kebayang aja di Jepun daun daunan pasti mahal...:D

      Hapus
    2. daun pisang frozen mahal....bbrp lembar seukuran buku, harganya 35 rb rupiah.... sama kayak harga daging ayam sekilo :(

      Hapus
    3. kayaknya sy gak bakal bikin pepes2an deh kalo harganya ngeri begitu hihihi..

      Hapus
    4. baru ingeeet klo Mbak Ayu jg mbikin nasi bakar ini....saya pake cara praktis :D

      Hapus
    5. hehehe, apapun caranya yang penting suka dnegan hasilnya um:)

      Hapus
  4. baru mau komplen
    nasi bakar kenapa ga tutung. ngapain sih musti dijelasin segala..?

    BalasHapus
  5. lafaaarrrr....

    itu karung goni exis bangat daaaahh.... kereeeen....

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahha bener banged!
      memanfaatkan apa aja yg ada buat props teh:D

      Hapus
  6. Teh, ini nasinya sama kaya bikin nasi uduk kan ya? :)
    Btw mau tanya, kalau daun pisang bisa d simpan dg cara d frozen?
    Langsung masuk freezer apa gimana ya teh?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai teh suci... betul teh sama kayak nasi uduk aja... gurih gitu...
      kalo saya belum pernah di frozen kalo daun pisang, paling dimasukin ke rak bawah aja. caranya daun dibungkus plastik bening, sangat rapat, aru disimpen. tahan 4-5 hari. tapi lebih dari itu jadi kuning teh...:)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^