Cireng Isi Bumbu Pecel

Cireng Isi Bumbu Pecel
Adonan tepung sagu/kanji yang diberi isian bumbu pecel, kemudian digoreng...


Ih... lagi-lagi cireng. He'em, lagi seneng makan cireng. Lagian tiap kali bikin, cuma sedikit kok paling-paling satu resep ini jadinya sekitar 9 atau 10 buah aja. Yang makannya paling saya sama Kirei. Segini aja udah kenyang banget. Buat yang pengen bikin, tapi konsumennya banyak, silahkan digandakan saja ya resep ini. Soalnya makan 3 buah itu gak kerasa lho... saking asyiknya makan cireng. Tapi saran saya kalo pengen cirengnya lebih bergizi silahkan untuk isiannya dikreasikan sesuai selera,  dengan daging, misalnya. 

Beberapa hari yang lalu, saya bikin yang isian sosis pedas, kali ini isiannya cuma bumbu pecel aja. Maksudnya biar gak usah pake cocolan lagi, kan sambel nya udah ada di dalem. Kalo di Bandung Cireng isi bumbu kacang itu emang udah biasa, sebelum akhirnya dimodifikasi jadi aneka isian lain. Hasilnya jadi lebih praktis, karena isiannya gak ngulek sendiri, tapi pake bumbu  pecel yang udah siap pakai gitu. Tetep enak kok, beneran.


CIRENG ISI BUMBU PECEL


Cireng Isi Bumbu Pecel






Bahan biang
40 gr tepung sagu [atau kanji]
120 ml air mendidih

Bahan Cireng
130 gr tepung sagu [atau kanji]
2 siung bawang putih, parut halus
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir
1/3 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1 tangkai daun bawang, iris halus [nggak pake]


Isian
Bumbu pecel siap pakai, secukupnya






Pertama siapkan adonan biangnya terlebih dahulu. Siapkan wadah, masukan tepung sagu atau kanji, tuang dengan air mendidih, aduk rata dengan sendok. Tambahkan bahan kulit yang lain. Aduk hingga kalis dan rata dengan tangan. Ketika akan membentuk cireng, celupkan tangan ke dalam tepung sagu atau kanji untuk memudahkan. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan, lalu beri isian kemudian bentuk sesuai selera. Lakukan sampai habis. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang. Angkat, tiriskan, sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



11 comments :

  1. mau dong AYu, dikirim ke Medan

    BalasHapus
  2. Jeng Noni:
    dah balik ke rumah tah?
    hihi...

    BalasHapus
  3. kemarin bikin juga si cireng tapi pake bumbu rujak..kayaknya lagi hits itu cireng bumbu rujak banyak yang jual jadi kabita kan ngeliat postingan teman2 yg makan cireng
    pake resep seingetnya aja..lupa berapa takarannya hehehe

    anakku qila ngabisin 10 biji teh hehehe..pas lagi ujan2 makan cireng baru diangkat dari penggorengan enaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi QIla doyan banget ya...:)
      he'em lagi ngehits nih si cireng... saya pake bumbu pecel biar gampang aja gitu:)

      Hapus
  4. Balasan
    1. kmrn tombol riplynya ga bs diclick teh, hehhe maap.

      Hapus
  5. blm mbikin lagi...dulu pernah mbikin alot...hiks....

    BalasHapus
  6. Ijin recook dan share ya mbk.. 😘

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^