Cireng Isi Sosis Pedas

Cireng Isi Sosis Pedas
Adonan tepung kanji dengan isian tumis sosis pedas, kemudian di goreng sampai kering...


Cireng, kependekan dari aci digoreng. Aci itu bahasa Sunda artinya kanji. Sebenarnya ini lebih tepat disebut gureng, karena saya gak pake aci, tapi pake tepung sagu, soalnya stok tepung kanji saya habis. Hasilnya sama aja kok, mau pake aci atau pun sagu. Teksturnya garing dan kenyal. Tapi jangan terlalu khawatir meskipun sudah dingin, teksturnya gak begitu alot, masih nyaman untuk dikunyah. Karena salah satu hal yang paling menyebalkan saat bikin cireng adalah apabila adonannya kurang bagus, hasilnya kayak makan sendal jepit, alooot...

Resep ini saya modifikasi dari Sajiansedap. Untuk isiannya hasil utak-atik saya sendiri. Rasanya manis asam pedas. Bagi yang tidak suka pedas, silahkan skip cabenya. Sebaliknya bagi penggila cabe, tambahkan saja sesuai selera. Jadi ketika disajikan nanti, tidak usah pake cocolan lagi, karena isiannya udah nampol.  Kecuali jika memang lebih suka disajikan bersama cocolan, seperti yang tampak di foto, saya pakai sambal kacang kental. Atau bisa juga memakai saus sambal botolan dengan sedikit kecap serta irisan cabe. Silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing untuk sambal pelengkapnya. 

.....dan salah satu kabar baiknya adalah, adonan cireng ini ketika di goreng, gak meletus. Asalkan menggorengnya dengan api sedang-sedang saja. Untuk adonan kulitnya, sebaiknya dibentuk tidak terlalu tebal, supaya ketika digoreng matang semua sampai ke dalam.


CIRENG ISI SOSIS PEDAS

Cireng Isi Sosis Pedas






Bahan biang
 40 gr tepung sagu [atau kanji]
120 ml air mendidih


Bahan Cireng
130 gr tepung sagu [atau kanji]
2 siung bawang putih, parut halus
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir
1/3 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
1 tangkai daun bawang, iris halus


Isian
3 buah sosis, potong kecil
2 btr bawang merah
1 siung bawang putih
1/4 sdt garam
1 1/2 sdm saus tomat
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk
Cabai rawit sesuai selera [jika tidak suka pedas, skip aja], iris halus
Minyak untuk menumis





Isian
Tumis bawang hingga harum, masukan cabai, masak hingga cabai layu. Masukkan sosis, tambahkan saus tomat dan sisa bahan lain, aduk rata. Cicipi, tambahkan gula dan garam bila masih kurang. Angkat.


Kulit
Pertama siapkan adonan biangnya terlebih dahulu. Siapkan wadah, masukan tepung sagu atau kanji, tuang dengan air mendidih, aduk rata dengan sendok. Tambahkan bahan kulit yang lain. Aduk hingga kalis dan rata dengan tangan. Ketika akan membentuk cireng, celupkan tangan ke dalam tepung sagu atau kanji untuk memudahkan. Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan, lalu beri isian kemudian bentuk sesuai selera. Lakukan sampai habis. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang. Angkat, tiriskan, sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. aduh ini cemilan favorit nih...kapan ya bisa bikin sendiri??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan makanan special mbak, bisa dibikin kpn aja hehhehe

      Hapus
  2. Mbak, ini setelah dingin alot ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurutku sih kenyal tapi gakalot, biasa aja mbak... kan pake adonan biang dl..:)

      Hapus
  3. hmmmm... ajarin motret dong mbak hehehe.. tapi kameraku standar nih jd gak tll maksimal hasilnya. oya mbak, fesbuknya mbak diah yg aktif ap ya?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih aku jg masih belajar kok mbakyu...
      apalagi dulu saya pake kamera hp... santai aja, biarpun pke kamera seadanya, yang penting tetap kreatif mbak..^^

      Hapus
    2. eh yah, fb ku yang ayudiah respatih di search aja mbak:)

      Hapus
    3. oke langsung meluncur ke fb.. biar tambah deket mbak wakakaka

      Hapus
  4. yaa liatnya jd ngileerrr dah......................

    BalasHapus
  5. mbakkkkk pengeennnnn ituuuuu....................
    *ngecezz

    BalasHapus
  6. iya dech mbak bikin,di iming2i trz jd gak kut iman..............................
    #hihihihi

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^