Tofu & Egg Rolls

Tofu & Egg Rolls
Terbuat dari tumisan tahu yang digulung ke dalam selembar telur dadar yang diselipin sosis di dalemnya.. ribet yah? tapi worth it kok..^^


Pemirsa... jangan heran jika saya banyak memposting resep olahan tahu. Entah kenapa saya lagi pengen makan tahu-tahuan belakangan ini. Jika kemarin-kemarin saya bikin Steak tahu dan Nugget tahu, sekarang ini saya bawakan lagi resep olahan tahu yang mamamiaa lezatos.... ini dia.. Tofu & Egg Rolls... *asli ini judulnya nagarang-ngarang sendiri.. hehehe..

Sebenarnya hari ini saya sedang malas masak.. karena nguaaaaantuk beraaat. Tapi kasian para pelanggan setia, kalo restorannya gak buka entar malah jajan ke  mamang-mamang yang jualan depan rumah. Jadi, meski berat di mata, berat di hati... tapi teuteup ngeloyor juga ke dapur. Periksa lemari es, banyaknya sayuran dan ketemu tahu nyempil di bawah. Buka freezer, ada sosis, ada ayam juga sih sebenarnya cuma ayamnya beku, beuhh lama lagi donk nunggu cairnya. Ya sutralah mari kita bereksperimen dengan bahan yang meskipun serba minimalis, tapi bisa menghasilkan cita rasa yang maksimal..*apaa seee...mak... 



Read more...


Tofu & Egg Rolls


TOFU & EGG ROLLS


Tofu & Egg Rolls







300 gr tahu kuning, haluskan
1 buah wortel, serut halus
2 tangkai daun bawang, iris halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
3 butir bawang putih, cincang halus
2 sdm minyak untuk menumis
1 butir telur
50 gr corned/daging sapi giling/daging ayam giling


3 buah sosis ayam
3 lembar telur dadar yang terbuat dari 3 butir telur
1 putih telur untuk celupan
Tepung roti, secukupnya
Minyak untuk menggoreng





Tumis bawang putih dengan 2 sdm minyak goreng sampai harum, masukan corned/daging sapi giling/daging ayam giling, aduk-aduk masak sebentar, kemudian masukan wortel serut, tahu yang sudah dihaluskan, dan daun bawang. Masak hingga setengah matang, tambahkan gula, garam dan merica. Aduk rata, matikan api. Sisihkan, dinginkan. Setelah dingin masukan telur, aduk hingga rata. Jika tidak mau repot, proses ini bisa diskip. Jadi semua bahannya dicampurin terus diaduk hingga rata.

Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Sementara menunggu airnya mendidih, kita akan menyiapkan tahu gulungnya, Ambil satu lembar telur dadar, beri 3-4 sdm tumisan tahu, simpan di atas telur dadar lalu ratakan. Taruh satu buah sosis di atasnya,  kemudian gulung, ikat dengan benang supaya isiannya tidak tumpah. Lakukan sampai habis. Jadinya 3 buah tahu gulung ya. Setelah itu kukus tahu selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan dari kukusan, tunggu hingga dingin, atau sampai nggak terlalu panas lah, baru benangnya dilepas.

Siapkan minyak goreng, panaskan di atas wajan. Sementara itu, ambil satu gulung tahu, celupkan ke dalam kocokan putih telur kemudian gulingkan di atas tepung roti. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, potong-potong. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. kayanya enaaakkkk buanget nih mak...uhuk uhuk uhuk...
    lama ga ngeblog banyak yg ketinggalaaannn euy....

    BalasHapus
  2. pilih yang mana ... dimakan pake nasi anget atau kentang goreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih pilih yang kentang rebus aja kakak... hihihi..

      sebenarnya lebih nendang pake kentang goreng, cuma gorengan VS gorengan ngeri juga jadi kadang pake kentang rebus atau nasi aja lah *kembali ke selera asal:D

      Hapus
  3. yang gurih2 gini so pasti enaakk....*pengeeenn*

    BalasHapus
  4. Waaaaa,,kyny enak.. Tp lama y bikinnya.. Hmmm tunggu weekend deh :) yg pntg bookmarked :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa enaaak...
      mangga silhkan dicoba, mudah2an suka yah..
      makasih udah mampir^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^