Steak Tahu Saus Kacang Polong

Steak Tahu Saus Kacang Polong
Steak murah meriah yang terbuat dari tahu, sedikit ayam cincang diguyur saus kacang polong. Rasanya lumayan enak, padat gizi, dan tentu saja bisa jadi alternatif menu untuk berhemat^^


Sebenarnya ini steak yang dibuat tanpa rencana. Gara-gara di tukang sayur ayam fillet yang saya pesan tidak ada, jadinya banting setir yang asalnya mau bikin menu steak ayam, jadi steak tahu. Tidak apa-apalah.. toh masih sama-sama steak, dan meskipun namanya steak tahu, tapi di-ayamin juga sih dalemnya walopun cuma seuprit, karana saya males banget kalo harus memisahkan tulang dan daging ayamnya sendiri. Jadi saya cuma pake daging ayam seadanya aja. Padahal kayaknya kalo ayamnya dibanyakin, pastilah lebih nendang rasanya...

Saus pelengkap steak ini, saya tambahkan kacang polong sekedar memanfaatkan kacang polong kalengan yang saya beli beberapa waktu lalu dan gak tau mau dimasak apa. Penambahan kacang ini juga ternyata bikin sausnya tambah sedap. Lebih gurih pas kacangnya kegigit..^^



Read more...

Steak Tahu Saus Kacang Polong


STEAK TAHU SAUS KACANG POLONG








Steak
250 gr tahu, haluskan
65 gr daging ayam fillet, cincang kasar [tambahkan jumlahnya bila kurang]
1/2 sdt merica bubuk
1 buah bawang putih, parut halus
1 tangkai daun bawang, iris halus
1/4 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk
2 butir telur
1-2 sdm tepung terigu
1 sdm margarin/ minyak untuk mengoles pan


Saus
3 sdm kacang polong [saya pakai yang kalengan]
1/2 buah bawang bombay, rajang kasar
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt kecap asin
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm saus teriyaki
1 sdm kecap manis
1 sdm tepung maizena, encerkan dengan 2 sdm air
2 sdm saus tomat.
200 ml air


Pelengkap
Kentang goreng/kukus
Wortel kukus
Buncis kukus
Saus sambal/saus tomat




Saus
Tumis bawang bombay hingga harum, masukan air. Masukan sisa bahan yang lain kecuali larutan tepung maizena. Masak hingga mandidih, masukan larutan tepung maizena. Cicipi rasanya, pas kan dengan selera mesing-masing.

Steak
Campurkan semua bahan, aduk hingga rata. Panaskan wajan datar anti lengket, oles dengan sedikit margarin atau minyak. Tuang adonan tahu, bentuknya terserah, begitu juga dengan ketebalannya, suka-suka aja ya. Jangan lupa kecilkan apinya supaya matangnya merata. Balikan apabila permukaan bawahnya sudah terlihat kecoklatan. Masak hingga kedua sisinya matang. Angkat, sajikan dengan saus dan pelengkapnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



16 comments :

  1. wuiiih... Kreatip nie si teteh... Tahu pun bisa dikreasikan segitu kecenya...
    Ck....ck....ck....
    Saluuut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus teh..kalo digoreng biasa mah konsumen pada gak doyan..kalo diginiin kan jadi laku..:D

      Hapus
  2. langsung mulutku gemeteran mau ngileeeeeerrr
    aaahhhrrrggg mau teteh
    cobain ah :D
    kayake aq bisa deh *pede*

    BalasHapus
  3. ah ga bisa di kopas :(
    tapi aq tau caranya xixixixi...

    BalasHapus
  4. ah tetep ga bisa kopas
    *mulai sebel*

    masa aq kudu nulis pakek pensil teh :(
    *jadi spamming deh disini*

    BalasHapus
  5. dirmh ga terlalu suka model2 steak dan saus nya gini Mbak....makanya sy jrg mbikin :D
    disini jg lagi musim kacang polong, seger2 masih dibungkus kulitnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kebalikanya nih, kalo di mari apapun dibikin steak laku terus heheh..

      haduh maaauu..suka banget sama kacang polong...

      Hapus
  6. aduh...mau nah steaknya ;)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^