Bubur Tape

Bubur Tape
Tape singkong yang direbus bersama santan, gula dan daun pandan, rasanya manis dan lembut...


Kalo jalan-jalan ke Bandung, yang menarik itu ada tiga hal, peuyeum sampeu [tape singkong], peuyeum ketan [tape ketan] dan peuyeumpuannya [perempuan maksutne hihihi]...*kiddin'...

Nah, permiras... ceritanya, beberapa waktu yang lalu, saya membeli sekilo tape singkong dan dua bungkus tape ketan, niatnya mau dibuat Cake tape keju. Sedangkan tape ketannya mau dimakan langsung aja karena Daddy suka tape ketan hitam. Senangnya, jadi juga dua loyang Cake tepe keju, seloyang dimakan rame-rame, yang seloyang lagi dibawa pulang sama mama. Nah ternyata masih ada sisanya, saya simpan di freezer, karena bingung mau diapakan akhirnya dibuat bubur aja.

Sebenarnya tape ini biasanya dibikin kolak aja gak dijadiin bubur. Cuma kalo saya lebih suka versi yang lembut. Biasanya kalo mama masak tapenya gak begitu lama, kalo yang ini, singkongnya dimasak sampe hancur, dan kuahnya jadi kental dengan jumlah air menyusut banyak. Enak deh, rasanya lebih menggigit... dan paling cocok kalo disajikan dingin..


Bubur Tape

BUBUR TAPE


Bubur Tape








500 gr tape singkong
150 gr + 2 sdm gula pasir
1 liter air
2 gr vanilla bubuk
1 lembar daun pandan
60 ml santan kental


Tape ketan hitam [optional]







Rebus air, santan, gula, vanilla dan daun pandan hingga mendidih, kemudian masukan tape singkong yang sudah dibuang tengahnya. Masak hingga mendidih kemudian kecilkan apinya. Masak terus hingga tape singkong hancur menjadi bubur, dan kuah mengental. Cicipi, paskan rasanya, matikan api, dinginkan kemudian masukan ke dalam lemari es. Apabila akan dihidangkan, sajikan dengan tape ketan hitam, bila suka.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,


4 Komentar

  1. Belum pernaaaah...
    suka pic yg pertama :)

    BalasHapus
  2. Bener2 pengen makan tapeeee
    Cita2 sejak sblm melahirkan, smp skrg blm ketemu itu tape. Hai tape dimana kau dijual :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semarang krisis tape kayaknya.. hehhe tapi kenapa gak coba bikin aja mbakyu dari singkong rebus yang di-ragi-in gitu?

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^