Lemon Curd Pie

Lemon Curd Pie

Assalamua'laikum warohmatulloh wabarokatu...
Wilujeng wengi.


Lemon curd pie, merupakan sajian penutup dengan tekstur pie yang renyah, buttery, berpadu dengan lembutnya tekstur curd lemon yang manis asam segar serta aroma lemon yang intens. Ditambah lagi, membuatnya pun tidak begitu sulit. Lemon curd ini akan sangat cocok disajikan sebagai dessert untuk acara-acara spesial bersama teman atau saudara di rumah. 



Lemon Curd Pie
 

Untuk mempermudah pembuatan lemon curd ini, sebaiknya sehari sebelumnya temen temen bisa lebih dulu membuat bahan untuk fillingnya, yaitu lemon curd. Resep lemon curd bisa di clik disini. Cara membuatnya pun mudah saja. Tapi saran saya, jika tidak menyukai rasa yang terlalu asam, dan agar komposisi  rasanya seimbang, sebaiknya hanya memakai 1/3 bagian dari resep lemon curd yang saya buat sebelumnya.  Karena rasanya yang cenderung asam. Kecuali jika temen-temen suka dengan pie yang asam..:)



-------------------------
LEMON CURD PIE


Lemon Curd Pie


Saya pakai loyang pie bongkar pasang diameter 17 cm.



Kulit:
130 gr tepung terigu
50 gr butter + 25 gr margarin (beku)
1 sdm gula halus
3/4 sdt maizena

Filling:
Lemon curd  





Campurkan tepung, maizena, dengan gula, aduk rata. Masukan butter dan margarin yang sdh dipotong kecil, aduk dengan sendok kayu (atau pisau pastry) hingga terbentuk butiran halus, aduk terus hingga rata. Jangan diuleni dengan tangan [untuk mengurangi kemungkinan adonan menjadi bantat, karena telapak tangan menghantarkan panas, sehingga melelehkan butter]. Bulatkan hingga menyatu remahannya. Bungkus dengan plastik, masukan ke dalam lemari es selama 15 menit.

Siapkan cetakan, masukan adonan, rapikan sisi sisinya. Tusuk tusuk dengan garpu. Panggang selama 15 menit di suhu 150'C. Keluarkan dari oven, masukan isian. Panggang lagi hingga matang selama 5 menit di suhu 100-120'C atau hingga filling set. Keluarkan dari cetakan dinginkan di rak kawat, masukan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di dalam lemari es supaya tetep renyah.


-------------------------






Selamat mencoba, semoga bermanfaat...


Wassalam,




6 comments :

  1. itu bahan kulit pienya dikit,bolehlah ya nyontek kakak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo banyak banyak nanti aku ga bisa berhenti makannya :D

      Hapus
  2. Selalu suka blog teteh..cantik fotonya..makasi sharing resepnya ya teteh

    BalasHapus
  3. Aku ngak begitu suka kalo macam ini, bisa ganti martabak telor ngak ??? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bang, diganti buldozer juga boleh kalo buat abang :P

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^