Lemon Curd

Lemon Curd

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...


Sering denger lemon curd? Lemon curd terbuat dari air jeruk lemon, gula, kuning telur serta parutan kulit lemon [lemon zest], dan butter. Semua bahan ini dimasak dengan cara double boiler [setidaknya ini yang saya buat], hingga teksturnya mengental, lembut  dengan aroma yang sangat lezat. Dibeberapa resep kadang ditambahkan juga putih telur, seperti resep yang saya coba dari joyofbaking ini. Di resep yang lain, kadang hanya kuning telurnya saja, dan bahkan tanpa tambahan butter.



Lemon Curd



Umumnya di Inggris, diakhir abad ke 19, lemon curd disajikan sebagai bahan olesan untuk scone atau pun roti. Namun skrng lemon curd sering jg dibuat untuk filling cake, pastry atau pun cookies, bahkan muffin. Sebagai pengganti selai jg enak. Jika teman teman pernah denger Lemon meringue pie, nah isiannya itu biasa menggunakan lemon curd ini, kemudian dikasih meringue di atasnya. 

Lemon curd sebaiknya dibuat dari lemon segar, bukan dari syrup lemon, karena hal ini akan menentukan aroma dan rasanya. Lemon asli memberikan tidak hanya rasa yang sedap juga aroma lemon yang intens. Untuk membuatnya, relatif mudah. Lemon yang sudah diperas dicampur dengan telur dan gula, diaduk rata, kemudian dimasak dengan cara double boiler dengan api yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk mencegah penggumpalan pada lemon, karena kita menambahkan putih telur ke dalamnya. Lama pembuatan sekitar 10 menit. Apabila lemon curd sudah mengental, namun tetap lembut maka segera angkat dari panci. Pelan pelan teksturnya akan lebih mengental.



Lemon Curd



Setelah Lemon curd diangkat dari panci, angkat kemudian untuk mencegah penebalan pada permukaanya, lemon curd harus ditutup dengan cling wrap sebelum dimasukan ke dalam lemari es. Kalo saya, setelah diangin-angin, lemon curd disimpan di dalam jar jar kecil yang bersih, kemudian ditutup rapat. Lemon curd tahan di lemari es [chiller], kurang lebih selama 6 hari. 



--------------------- 
 LEMON CURD
Source: Joyofbaking


Lemon Curd





3 btr telur
85 ml (aslinya 80 ml) air perasan jeruk lemon
150 gr gula pasir
56 gr butter, potong kecil
1 sdm parutan kulit jeruk lemon (bagian kuningnya saja, jangan sampai terkena bagian putihnya karena rasanya getir)




Panaskan air di dalam panci. Di tempat terpisah, siapkan sauce pan, campurkan telur dan gula aduk dengan handwhisk sampai tercampur rata masukan air perasan jeruk lemon. Taruh sauce pan di atas panci yang mendidih (double boiler), kecilkan api, jika diukur kira kira suhunya 70'C ( kira kira aja). Lemon curd harus diaduk terus menerus supaya tidak ada bagian yang menggumpal. Setelah 10 menit, teksturnya akan mengental. Angkat dari panci masukan butter dan parutan kulit lemon. Aduk hingga butter leleh dan rata. Tutup permukannya dengan cling wrap. Setelah dingin simpan di dalam lemari es. Maksimal 6 hari.


---------------------






Semoga bermanfaat...


Wassalam,




12 comments :

  1. bikinnya gampang ya mbak,kayak bikin krim custard...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mirip mirip kak, tapi dibanding custard yang ini lebih intens rasa lemonnya :)

      Hapus
  2. sajian keren mbak, fotografer food lover ini

    salam kenal dari newbi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam eknal juga mas, masih belajar nih, terima kasih sdh mampir:)

      Hapus
  3. Wah keren... simple juga yah, cocok buat dicoba nih

    BalasHapus
  4. Mba, dengan resep ini jd berapa gram atau berapa ml ya hasilnya?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh gak ngitung mbak kira kira aja ya, jadinya sekitar 220 ml an gt deh...

      Hapus
  5. Teh... ini pake telor utuh atau kuning nya aja ya? soalnya di ulasan disebut kuning telur tapi di resep disebut 3 btr telur.. misal di simpen di freezer bisa ga?
    makasih
    Irma

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake putihnya juga teh, bisa kok disimpen di frizer, jadi masa simpannya lebih lama. yang penting ditutup rapat.

      Hapus
  6. Mbak diah,ini selain buat pie utk apalagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cake, cookies, scone, buat selai roti jg bisa heheh :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^