Kroket Pisang

Kroket Pisang

Assalamua'laikum...warohmatulloh wabarokatu..
Wilujeng siang...

Kroket pisang ini adalah salah satu korban dari laper mata saya. Liat pisang tanduk gede dan panjang *eh? langsung pengen borong... gak banyak-banyak tapi, cukup dua biji ajah*katanya mborong:P. Nyampe rumah terus mikir... kerjaan udah numpuk nambah pula beli pisang tanduk, yang mana pastinya kudu dioleh lagi. Beda hal dengan pisang ambon yang tinggal lep. Pisang tanduk biasanya disajikan matang, minimal dikukus gitu... Tapi siapa yang doyan pisan kukus. Anggota pasukan gak ada yang minat kalo cuma pisang kukus... hah akhirnya tarik napas, muter otak, nyari ide, bagusnya diaapain biar laku..?

Pisang tanduk ini memang unik ya pemirsa, penampakannya yang besar, kekar panjang, jadi gak usah beli banyak-banyak cukup satu atau dua buah saja, bisa bikin sepiring pisang goreng. Satu sisir cukup buat dibagi ke tetangga, kalo setandan, mayan buat se RT tuh... jadi waktu kemarin tiba tiba terlintas ide cemerlang *halagh, buat dibikin kroket, dari buah ini saja jadinya 26 buah. Kenyaang lah pastinya... Etapi sebenrnya saya bikin ini gak niat buat digoreng tapi dipanggang. Karena belakangan saya terlalu sering makan gorengan. Cuma pas udah selese dibulet-buletin, iseng saya goreng 8 buah*teuteuupp, yang satu dimakan, 7 sisanya dipoto.. makanya jangan heran kok ya seuprit banget haha.. 




Kroket Pisang



Enakan mana yang dipanggang ama yang digoreng? emh... nah itu masalahnya saya juga belum sempet manggang. Sisanya saya simpen aja di freezer hihi... tapi kalo ditanya yang digoreng gimana rasanya.. wih enak donk pastinya. Kraukk gitu.. tapi penampakanya unyuu hideung. Soalnya pas dipanir, gak dicelup dulu ke telor atau terigu dulu, langsung aja gitu, padahal adonan ini kan dasarnya manis, kalo digoreng pasti item. Tapi itu item gak pait, biasa aja kok.. enak garing kriuk tapi dalemnya agak basah. Mayan lah.. buat bocil. Nanti di update atau saya posting deh kalo sempet yang versi panggangnya. Cuma gak janji ya heheh... :P


---------------------
KROKET PISANG



Kroket pisang





450 gr pisang tanduk yang sudah dikukus dan dihaluskan (berat bersihnya segitu)
1 sdm butter/margarin
1 1/2 sdm maizena
35 gr keju, parut
2 sdm skm


Minyak untuk menggoreng
Tepung panko kasar, secukupnya





Campur semua bahan, kecuali minyak dan tepung panko. Aduk rata, ambil 1/3 sdm adonan pisang, bulatkan. Gulingkan ke tepung panko, hingga seluruh permukaannya tertutup rata. Lakukan sampai habis. Goreng sampai matang dengan api sedang. Sajikan hangat.



---------------------


Selamat mencoba, semoga bermanfaat..


Salam,


 

14 comments :

  1. Cobain ahhhh, anakku ga tlalu doyan pisang. Syapa tau dibikin ini jd suka. Tapi, pisang rasanya juga beda2 sih yaa... anw, fotonya selalu kereennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mbak jade , kayaknya pake pisang uli jg bisa selain pisabg tanduk. Pisang uli lbh enak. Mudah mudahan bocil nya suka ya mbak (⌒▽⌒)

      Hapus
  2. ceuk saya juga kalau yang pake bahan dasar pisang mah, mau diapa-apain maudi gimana-gimanain ge' bakalan suka...gimana, coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah gak gimana gimana mah asyik aja hehehe

      Hapus
  3. riceking follownya ternyata udah follow sejak kuda minum susu tah.
    asik adsensenya kliatan euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Gimana mksdnya mang aku gak ngerti ヽ(*≧ω≦)ノ

      Hapus
  4. Nah ini ketemu olahan pisang.punya pisang raja d kulkas bingung mau d apakan.itu knp mesti d kukus dulu ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak harus dikukus dulu biar gampang buletinnya :)

      Hapus
  5. boleh ga tepung panko nya di ganti tepung pani/tepung roti teh...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh teh, tapi sebaiknya dicwlup ke telur dl atau tepungvterigu yang diencerkansedikit air sebelum digulingin ke tepung panir biar kokoh dan gak item :)

      Hapus
  6. Pisang dibikin kroket? Baru tahu soal ini nih Mommy.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^