Sambel Hejo | Sambal Hijau

Sambel Hejo | Sambal Hijau

Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng wengi...


Belakangan kalo nonton tipi, kok ya rasanya ini kepala langsung mumet... yes? yes? yang dimaksud apalagi kalo bukan beritanya.. bad news semua.. jadi medadak pengen jual tipi, juaal kulkas, jual setrikaan..*woii woiiii.. situ mumet karena berita apa bokek? heheh...

Entahlah mungkin cuma saya aja apa gimana yah... Padahal kita-kita ini sehari-hari udah kebanyakan nonton drama. Ada drama korea, FTV, drama India, ini ditambah lagi drama-drama gak penting para petinggi negeri...  Banyak-banyak istigfar sambil elus dada aja deh dan mulai ganti kata "sakitnya tuh di sini"*sambil tunjuk dada.... jadi "ikhlasnya tuh di sini" biar gak sutres kita hihihi...



Sambel Hejo | Sambal Hijau



Ya sutra lah.. lupakan, kita ngebahas sambel aja ya mak... this is it... sambel hejo! Orang Sunda menyebut sambal dengan sambel pake huruf e, dan hejo artinya: hijau, green, ijo royo-royo atau ya terserah mau pake bahasa apa lagi... hihi... Intinya sambel ini warnanya memang hijau, hijau muda leih tepatnya.



Sambel Hejo | Sambal Hijau


Tadinya saya berniat membuat sambal hijau ala Uni, sayang ditengah jalan tersesat jadi sambal teteh, alias dipakein gula hihi... khasnya orang Sunda kalo masak memang ada manis-manisnya ya....  Padahal,  seperti yang kita tau masakan Minang biasanya gak pake gula, nah kalo ini sambel yang merubah pakem, cita rasanya jadi agak manis terus gak pedes-pedes amat... Jadi yang tadinya mau dijudulin sambel lado ijo, jadi kembali ke selera asal, sambel hejo heheh...

Soal rasa? ini cocok untuk lidah saya... enggak tau kalo buat temen-temen.. mudah-mudahan suka ya... kalo gak suka pake gula skip aja. Eh iya, ini saya tambahin juga cabe gendot ya selain tomat dan cabai... memang gak begitu lazim kalo cabe gendot dibikin sambal, seringnya biasanya dibuat campuran untuk tumisan, tapi ya lagi-lagi sambel ini memang sambel yang anti-mainstream... karena bisa mengakomodasi penggila cabe gendot yang mengidamkan penyajiannya dalam bentuk sambel...heheh ^^




Resep Sambel Hejo | Sambal Hijau



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

wassalam,



16 comments :

  1. Ingat masa2 di bandung dengan kenangan cabe gendot..halah...
    he eh teh kalau kasih gula memang namanya jadi bukan samba lado ijo..he he he..
    sekarang sayah kalau buat sambal ga pakai gula..kalau pakai bisa diprotes sama kakanda..padahal sambal dikasih gula ya enak juga..beda orang beda selera ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya sy suka jg yg gak pske gula...tapi entah knp ini tangan kok gatel pengen masukin gula hihihi
      Di medan gak ad cabe gendot ya?

      Hapus
    2. Di batam teh..belum pernah liat cabe gendot..kalau di medan ga tau teh...belum pernah ke medan he he he....
      kadang saya juga gatel pengen masukin gula ke masakan, tapi ya demi...jadi ga jadi deh

      Hapus
  2. sambal hejonya ngga di cowet, jadinya kurang mantep kliatannya yeuh

    BalasHapus
  3. Whuzzzz... percaya and yakin ini pasti enak... buat sy lg ya mom....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh boleh kasian bumil bisi ngacay hehe

      Hapus
    2. Eeh... Mbak Lina hamil beneran??

      Hapus
    3. Iya Ummu udah berapa bln ya lupa hehe

      Hapus
    4. Iya Ummu udah berapa bln ya lupa hehe

      Hapus
  4. Kak ... mau, kirim lah. Buat stok aku jalan2 bisa di bawah nich hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleee bang tapi ntar apa kagak muncrut kalo jalan2 bawa ginian? Hehe

      Hapus
  5. Hadeuuuhhhh...pas buat dibatle sama rebusan daun singkong nih,pas dengan menu maksi saya kali ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya jodoh banget ya ama daun singkong:D

      Hapus
  6. alhamdulillah..untunglah sayah takpunya tipi..haha..
    sambel hejonya bikin ngiler ihh, tinggal nyari nasi anget + tempe goreng..yummm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mah aduuuh kebayang yah botram Bareng hehe

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^