Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel

Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel

Assalamua'laikum..wr..wb...
WIlujeng Wengi...

Apa yang kemudian bisa kita buat dengan  dulce de leche kemarin itu? bisa dibikin apa aja sih...? banyak sebenarnya.. bisa untuk campuran cupcake, cookies, saus, atau dinikmati langsung dengan roti atau sama sekali tanpa roti sekali pun, misalkeun langsung dicolekin pake jari aja, juga bisa...! Ini memang ajaib pemirsa... Dulce de leche memang terbuat dari susu tapi hasil akhirnya tidak bikin eneg.. Kalo temen-temen pernah makan permen alpen liebe, nah kira-kira kayak gitu lah rasanya, cuma ini versi lembeknya.. kebayangkan.. gregetnya gimana meleleh langsung di mulut, dan nyeeees banget ke hati.... *kyaa lebayy...



Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel



Nah percobaan pertama yang saya buat, sebenarnya bukan saus caramel buat lumpia ini, tapi dibikin cupcake, cuma saya belum sempet ngaplud potonya, dan yang keduluan di aplud yang lumpia... jadi ya sutralaaah yang ini aja yang tayang duluan. 



Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel



Temen-temen pernah denger pisang caramel, atau pisang aroma? ya  ini thu sebenarnya mirip-mirip lha ya... cuma pengen beda aja jadi disebutnya lumpia pisang. Kalo di Bandung, yang namanya pisang aroma itu gampang banget nyarinya, rata-rata di tukang gorengan banyak yang jual. Biasanya pisang ini memang terbuat dari kulit lumpia, diisi pisang yang dipotong memanjang kecil kemudian ditaburi gula pasir,  terus melipatnya cuma digulung bukan dilipat kayak lumpia gini. Terus digoreng. Nah karena melipatnya yang asal gulung itu tadi, jadi gula yang didalem pada moncor tuh sebagaian ada yang keluar. Nah karena terkena panas dari minyak, gula tersebut jadi kecoklatan dan nempel-nempel di kulit luarnya, jadi kayak karamel. Mungkin itu juga kenapa disebutnya pisang karamel... 



Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel



Kalo yang saya bikin ini, memang sengaja, ngebungkusnya rapet banget, ala lumpia gitu, terus pake kulit lumpia-nya juga dua lapis, jadi sama sekali gulanya gak ada yang moncor. Dan biar rasanya lebih nendang saya tambahin cokelat bubuk juga. Kalo temen-temen mau menggantinya dengan meises atau keju atau dulce de leche nya dimasukin ke dalem juga bisa, terserah suka-suka aja lah. Terus yang special itu pasti sausnya donk.. kan pake campuran dulce de leche, wiih bener-bener deh tambah wenaaaaakk.....^^


Resep Lumpia Pisang Cokelat Saus Caramel


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. Lihat lumpia pisang si teteh malem2 gini, hujan pulak skrg..hadeuh jadi ngences...
    apalagi siram saus karamelnya yak..tambah endes donk..

    BalasHapus
  2. Jadi ngiler ngeliatnya. Saya dulu sering juga beli pisang coklat, cuma kandungan minyak gorengnya lumayan banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena minyaknya masuk ke dalem bang.. maknaya saya bungkus rapat biar gak masuk jadi yang ini minyaknya gak begitu banyak...^^

      Hapus
  3. aku ngak suka caramel, jadi aku tanpa caramel aja pesen nya :-(

    BalasHapus
  4. cetaaar poto ma lumpianyaah
    *sluurp
    btw, si teteh akhernya mbikin cupcake! stay tuned, pemirsaaah.. hehe.. ^^v

    BalasHapus
  5. Hihi nuhun mah...
    Iya tunggu saja tanggal mainnya ya:D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^