Homemade Dulce de Leche dengan Panci Presto

Dulce de Leche

Assalamua'laikum... wr..wb...
Wilujeng enjing...


Konon.... Banyak cerita mengenai asal muasal dulce de leche ini. Salah satunya adalah seorang caudillo Argentina Juan Manuel de Rosas, di abad ke-19. Suatu hari di musim dingin di rumah Rosas, saat itu pembantu Rosas sedang membuat lechada—sebuah minuman yang terbuat dari susu dan gula yang direbus sampai berubah seperti karamel—lalu seseorang mengetuk pintu. Sang pembantu secara tidak sengaja lupa mematikan api ketika membuka pintu, namun saat kembali ke dapur, susu itu telah hangus dan berubah menjadi dulce de leche. 

Dulce de leche  sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya Gula-gula susu, adalah sebuah sirup yang terbuat dari susu. Sirup ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup di Argentina. Selain di Argentina, dulce de leche juga sangat terkenal di Uruguay, juga Paraguay dan Brazil. Di Perancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait. [Wikipedia].



Dulce de Leche


Menurut informasi yang saya kumpulkan, saking keponya pengen bikin dulce de leche dengan cara aman dan relatif mudah, setidaknya ada 7 cara yang bisa kita lakukan. Ini sekedar informasi aja yah, untuk eksekusinya terserah temen-temen kira-kira mau pake cara yang mana... Pertama direbus langsung dengan kalengnya, tapi atasnya dibolongin... Kedua, dituang ke dalam sauce pan kemudian dimasak dengan api kecil, ketiga dipanaskan dengan cara double boiler selama 1- 1,5 jam, keempat dimasukan ke dalam wadah kemudian dimasukan ke dalam microwave, kelima, di-steam-bake di dalam oven selama 1,1/4 jam, keenam direbus di dalam panci presto, ketuju, dimasak di dalam slowcooker. Dan yang ke delapan, ini tambahan dari saya, yaitu direbus di dalam panci biasa tanpa dibolongin. Nah mau pilih yang mana? sesuaikan dengan tingkat kesenggangan waktu dan ketersediaan alat di rumah ya pemirsa... Kenapa berhubungan dengan kesenggangan waktu? karena bikinnya luamaaaa... bisa mencapai 3-4 jam tergantung cara yang dipakai. 



Dulce de Leche



Untuk hasil terbaik dan cara yang tercepat dan relatif nggak rempong, pilihan saya jatuh pada pemakaian panci presto. Awalnya sih ngeri-ngeri gimana getooh... gimana kalo panci meledak ya cin? secara itu kan kaleng tertutup kok iseng-isengnya direbus, di dalam panci bertekanan pulak! Makanya saya sendiri jadinya  maju mundur cantik *kayakSyahrini mau bikin ini. Tadinya mau direbus dipanci biasa aja deh.. etapi, sayang gas, luamaa bener... 4 jam-an bok! apa gak lumutan itu ya nunggunya. Akhirnya saya pilih make panci presto aja, sambil merem-merem ngeri juga nyalain kompornya. Dan yang seharusnya ngerebusnya cuma makan waktu sekitar 1 jam 45 menit, jadinya 2,5 jam. Karena teuteup aja ngeri. 


Jadi begini ceritanya... saya ngisi pancinya hampir penuh, sementara kompornya di set kecil gitu, jadinya buat mendidihkan airnya sendiri sampe sekitar 45 menit, jadi kalo dihitung efektifnya perebusan itu cuma satu jam, karena yang 45 menitnya dipake buat mendidihkan air. Dan karena ngeri, saya matikan dulu pancinya, terus uap panasnya dikeluarin. Abis itu saya buka dulu kondisi air di dalam panci.. wih ternyata masih 3 centi-an aja donk di atas kaleng susunya... Tapi kemudian saya tambahin lagi airnya supaya tingkat kepenuhannya seperti semula, terus saya rebus lagi selama 1 jam. Jadi total perebusan selama 2,5 jam belum ditambah mendinginkan panci selama kira-kira 1/2 jam. Ya elah.. kalo diitung-itung sama aja ya lama hahah... etapi itu karena saya nya yang terlalu paranoid. Kalo misalkan orangnya lempeng gak begitu ngeri gimana gitu, gak pake acara buka-buka panci, tinggal lanjutkan perebusan selama sekitar 45 menit lagi maka dulce de leche yang kental dan kecoklatan sudah bisa langsung jadi...^^


Dulce de leches's Recipe

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. Wuih rasanya pasti nikmat nih mbak, jadi pengen rasain juga gimana, ^.^

    Oya datang ya kalau pengen sertifikat spesial buat mbak, ^.^

    BalasHapus
  2. Teksturnya mirip gula merah yang diencerkan.

    BalasHapus
  3. Rasanya mirip gula2 karamel ya? Sy jg punya panci presto tp masih ragu mau bikin hehe... sy takuut ntar meledak

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh lebihenak dari gula karamel bang, kan ini ada susunya, jadi lebih guring...:)
      sama emang bikin parno ya :D

      Hapus
  4. katrok aku teh, blom pernah nyobain dulce de leche, qeqeqe..
    kesiaan..kesian.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku jg br nyobain ma...hehe..
      Ternyata memang enaks....

      Hapus
  5. Mbak.. baiknya jenis skm yg merk apa yg dipake untuk bikin dulce

    BalasHapus
    Balasan
    1. frisian Flag yang Gold juga oke mbak rasanya:)

      Hapus
  6. Beli toples jar nya dimana mba? saya suka modelnya

    BalasHapus
  7. Hai mbak, dulce de leche ini seperti karamel yang di dalam bang bang bukan? Manis banget ga mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo dipanasin jd chewy, rasanya mirip spt alpenlibe, mani bgt klo dimakan langsung, lbh cocok untuk selai :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^