Chococino Peanut Butter [homemade]

Chococino Peanut Butter [homemade]


Assalamua'laikum..wr..wb...
Wilujeng siang...


Yeah ternyata saya termasuk orang yang bukan pecinta selai.  Buktinya, jarang banget beli selai... Apalagi selai buah, kalo pun ada seringngnya nganggur. Cuma selai kacang atau cokelat yang sebenarnya masih bisa saya makan, itu pun ogah-ogahan, tapi bingungnya entah kenapa kemarin waktu ada sekantung kacang tanah malah saya bikin selai hihi... Kayaknya sih mau dibikin buat isian roti lagi, tapi ternyata oh ternyata males banget nguleninya. Jadi sementara nunggu mood nya dateng, selainya disimpen dulu...



Chococino Peanut Butter [homemade]



Jadi sebenernya kenapa kita harus bikin selai kacang sendiri kalo di supermarket selai kacang berjejer unyu-unyu tinggal dicantol, gampang... Eits, jangan salah, membuat selai kacang sendiri itu lebih gampang dari yang dibayangkan, karena tak seribet bikin pecel yang kudu ngulek sendiri kacangnya.. cukup masukan ke dalam blender, kita mah merem aja, ntar juga jadi hahaha... iya bok, sesimple itu.. Terserah ya kacangnya mau disangrai atau digoreng, masukan ke dalam food prosessor/ blender juga gak masalah, tambahin bahan yang lain, terus pencet deh tombolnya.. cuma nunggu beberapa saat walllaaaa... selainya jadi..! dan jangan dikira, asal kualitas kacangnya bagus, dan komposisinya pas, selai homemade buatan sendiri pun rasanya tak kalah lezat...dan tentu saja hemaat!.... *ini emak-emak kalo denger kata hemat, sinyalnya pasti lengsung kenceng hahah...




Chococino Peanut Butter [homemade]



Saya sendiri sudah beberapa kali bikin selai kacang... Masalahnya cuma satu, blenderan punya saya udah meronta-ronta minta di lem biru... jadi hasilnya kurang begitu halus.. memang blenderannya udah jadul gitu... mana tiap hari disuruh kerja paksa, menggiling smoothies buat si nyonya hihi.. makanya pisaunya udah gak tajem, jadi hasil blenderannya gak bisa halus banget... Kalo yang dulu pernah saya buat, penampakannya bisa sehalus ini, karena waktu itu pisaunya masih bagus, belum pada bingkeng... alias plintat plintut...:P dan tentunya kalo temen-temen punya foodprosessor hasilnya pasti lebih aduhaaiii.... so worth it to try...^^




CHOCOCINO PENUT BUTTER






150 kacang goreng
4 sdm gula pasir [disarankan gula halus, tambahkan bila kurang manis]
Sedikit garam
1 sdm cokelat bubuk
1 sdm capucciono instan [optional, gak pake juga gak masalah]




Masukan kacang ke dalam blender, kemudian proses hingga halus. Tentunya apabila memiliki food processor, hal ini akan lebih mempermudah pembuatannya. Setelah kacang halus, tambahkan sisa bahan lainnya, proses lagi hingga kacang menjadi lembut, bertekstur halus dan berminyak. Biasanya jika memakai blender, tidak bisa sekaligus jadi. Proses penghalusannya harus dibantu dengan cara diaduk manual memakai sendok, kemudian proses lagi. Lakukan terus menerus hingga memperoleh tekstur seperti yang diinginkan.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. duh mbk,pingin banget jilat hehehe..enak kayaknya^^

    BalasHapus
  2. duuuhh si teteh udah bikin selai kacang lagi, sy tetep blm bikin juga... Hmmhhh... Kalo ada kacang tanah bawaannya pgn nyambel mulu, walhasil selai yg dicita2kan tak kunjung digarap...

    Haha...

    Sendok itu bnr2 cakep yah teman2...

    *woy, salah mata!

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iyah, belom nyoba juga yak...? waduh emang sih lotek lebih menggoda ya huahhaha...
      iya donk, sedok mini gitu aja maharani, tapi kalo udha suka dibeli aja deh ahahha

      Hapus
  3. klo pisau blendernya bisa di copot di asah aja mbak. ak biasanya begitu. lumayanlah hasilnya drpd gak di asah sm sekali :D. Btw, gmn kabarnya mbak diah?foto2nya semakin kinclong yak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? serius? yang bingung itu gimana nyopotnya yak?:D
      bukan cuma tumpul mbak tapi udah pada plintat plintut, suka dipake ngeblender es batu ahhah...
      makasih2..

      Hapus
  4. Aku juga bukan pecintai selai coz ngak demen makan roti beginian. Demen nya makan resol atau tahu isi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 sih yang demen hehe kita mah nebeng aja.. aja ya dimakan hahah

      Hapus
  5. aku iri banget ama hasil foto2mu haha. cakep2 semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah aku malah iri sama mbak noni yang jalan2 teyus.. aku jg suka sih ajlan-jalan, bolak balik dari dapur ke tengah rumah hihihi

      Hapus
  6. jadi isian roti manis enak bgt inih..yumm..
    kalo kurang alus sekilas jadi mirip sambel pecel yak, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak uenaaak bangeeeet, sayang gambarnya gak ada yang kece jadi gak bisa tayang ihikkkss...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^