Soto Lontong Ayam

Soto Lontong Ayam


Assalamua'laikum...wr...wb...
Wilujeng wengi....


Kata orang, bahagia itu sederhana... tak melulu harus dengan yang serba mewah, *bukan gak pengen tapi emang gak ada, bahkan ketika itu cuma nemu penjual gorengan dan lontong seharga 500 rupiah saja bagi saya itu juga sudah cukup membahagiakan... Secara.. paska kenaikan BBM, gorengan pun tak kalah genitnya pengen manjat harga... yang biasanya gopek, kini jadi 2000/ 3 buah. Kalo lontong? owh jangan ditanya... bahkan sebelum BBM naik harganya paling murah udah serebuan... Jadi begimana ceritanya ya ini si ibu gorengan bisa ngejual dengan harga miring gini, entah belio ngambil margin untungnya berapa, yang jelas mudah-mudahan usahanya barokah... 

Selain murah, rasanya pun enak... ada tempe goreng, pisang karamel, cireng, gehu, bala-bala, kroket, lontong, dan  yang paling enak itu comronya...! garing dan renyahnya paaas banget... Ukurannya juga sedang, cukup mengenyangkan... Meski sebenarnya saya jarang beli gorengan, ya ikut seneng aja ternyata masih ada yang berani jual murah dengan rasa yang enak... Mengingat di luar komplek sini kondisinya memang tidak semuanya berada... yah, minimal dengan uang seribu masih bisa menikmati sebuah lontong dan sepotong tempe goreng... da apa atuh rakyat mah... pemerintah mau gotongan harga BBM yah ngikut saja... 



Soto Lontong Ayam


Tadi pagi saya beli lontong di tempat si ibu itu, sebanyak 8 buah. Memang niat banget pengen makan soto pake lontong... selain buat sarapan juga sih lontongnya. Kalo bikin kayaknya rada males, selain susah beli daun pisangnya, ngerebusnya juga lama... Tapi yang terpenting kalo beli lontong, pastikan ke penjualnya bahwa lontong yang kita beli tidak mengandung pijer atau sejenis borak gitu... Karena biasanya pijer ini dipake sebagai campuran lontong atau leupeut selain biar lebih tahan lama, juga agar teksturnya lebih kenyal...  Jadi, meski harganya murah, teteup yah, kesehatan jangan diabaikan.... Nah, kalo resep soto nya biasa aja kayak yang sering saya posting, soto kuah santan kuning yang gurih... dengan kucuran jeruk nipis, sambal dan telur. Hasilnya, persis seperti yang saya bayangkan,  sungguh sedaaap...!



SOTO LONTONG AYAM


Soto Lontong Ayam




500 gr ayam potong
200 ml santan
1000 ml air
2 buah wortel, potong-potong
1 batang sereh, geprek
5 cm lengkuas, belah dua, geprek
3 lembar daun salam
2 tangkai daun bawang+ 1 tangkai seledri
1 1/2 sdt Garam
1 sdt Gula
Kaldu bubuk
Merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
Minyak untuk menggoreng dan menumis

 
Bumbu yang dihaluskan
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe
4 btr kemiri, goreng/sangrai
4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3/4 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
4 btr cengkih


Pelengkap
6 buah lontong
3 btr telur rebus
Sambai cabe
Jeruk nipis





Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukan  air, ayam, sereh, daun salam, dan lengkuas masak dengan api kecil. Tambahkan gula, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, rebus sampai kuahnya terasa gurih dan menyusut hingga setengahnya. Masukan wortel, rebus lagi hingga wortel matang, tambahkan santan, gula, pala, daun bawang seledri, dan garam, masak sambil terus diaduk,  cicipi. Matikan api. Angkat ayamnya, kemudian goreng, lalu suwir-suwir.

Penyajiannya, masukan  potongan lontong dan ayam yang sudah disuwir ke dalam mangkuk, siram dengan kuah soto. Tambahkan air perasan jeruk nipis, sambal dan telur rebus. Sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



14 comments :

  1. waw...soto lontong ayam, pas banget kalau besokpagi di siapkan, tolong bikinin lima porsi, ngga pake lama ya soto lontong ayam nya

    BalasHapus
  2. Wuihh..nampak syedaapp
    Ituh aer kpn di masukinnya teh? Kelewat kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahaha kacau, santan nya juga lupa gak ditulisin hihi...
      makasih koreksinya ma..:D

      Hapus
  3. di batam sejak 3 tahun yg alu gorengn 2000/3 tp ukuran besar2,beda lg di Riau 2000/3 kecil2 bangettt...hehe
    heummm sedapnya mbk lontongnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooowww hohoho...
      tapi jadi inget kalo main ke Tangkuban Parahu, gorengan itu 2000/buah, tapi iya gedee... heuheu...
      berarti di luar Jawa memang mahal2 ya mbak?:(

      Hapus
  4. Kak ... udah lama gorengan 2000 dapat 3 dah bukan 500 an. Sekarang mungkin jadi 1000 an

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keuh? kayaknya si kakak ini kurang apdet ya hahhah

      Hapus
  5. wah sama mbak sy jg tadi buat soto ayam n buat lontong sendiri... kebetulan tetangga punya pohon pisang jd kalau pengen daun tinggal minta hehe.. kalau lontong sy cari yg praktis mbk, carax nasi yg sdh diaron tinggal dimasukkan kedalam cetakan lontong yg dari aluminium lalu sy masak ke presto hanya 15 menit lontongnya dah jd...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih gampang ya kang.. duh sayang niy gak punya cetakannya... bikin sendiri kayaknya manteep tu...!

      Hapus
  6. teteh itu papan alasnya beli apa ngecat sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli mbak, di mbak Ririk, hihi males ngecatnya...:D

      Hapus
  7. Kalo bikin lontong ngerebusnya pake panci presto rasanya sama aja ya teh?saya pengen bikin ketan lupis,misal bisa direbus pake panci presto kan bisa irit gas,secAra gas 3kg agk susah nyarinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kayaknya mbak...dulu saya pernah bikin ketupat pake panci presto ca sejam biasanya 3 jam tapi hasilnya sama aja :)
      Bener banget gas 3 kg bikin hectic ajah susah nyarinya...:(

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^