Pastel Goreng Renyah Jilid 2


Pastel Goreng Renyah

Assalamua'laikum.. wr..wb
Wilujeng sonten...

Bandung seharian ini mendung bookk, hujan enggak cerah juga enggak, kayak males-malesan.. persis kayak saya nih seharian males-malesan, mentang-mentang hari libur... diliburin deh semuanya.. masak, moto, makan... *makan berat maksutnya, kayak makan gajah atau makan tronton gitu... tapi ngemil mah jalan terus yoo.... mana tahan, apalagi kalo banyak cemilan... ada krupuk tahu, puding, buah-buahan, bakso ah kuenyang... tapi teuteup sih, ngakunya belon makan hihi.... dan tau gak pemirsa, semalem saya kan iseng ke Lembang, beuh itu mah segala we diembat.. kenapa ini yah... apa efek timbangan yang mulai beramah tamah apa gimana...  yang jelas, meski nggak ke cafe tapi...puasss... memang deh,  berburu jajanan pinggir jalan khas priangan di Lembang itu,  tempat yang tepat... ada bajigur, bandrek, ciu, lolobi, seupan boled, seupan taleus yang pake kelapa parut, dan yang jangan ketinggalan itu ketan bakarnya pemirsaaa... sedeeep banget... apalagi cocolannya macem macem, ada yang pake srundeng, oncom pedas*favorit saya.. dan semacam bumbu kacang apa tauco gitu yah, pokoknya uenak banget... dan yang paling penting, murce-murce mak, ramah ke dompet... 



Pastel Goreng Renyah



Ini pastel dibikinnya kapan ya.. lupa pokoknya beberapa hari setelah bikin pastel yang kemarin deh... dibikin lagi, karena kemarin itu kurang puas sama kulitnya, meskipun pas di tingkat kerenyahan dan rasa, cuma sayang kulitnya gak berjerawat saat digoreng... mungkin buat sebagian orang, pastel gak jerawatan itu gak masalah, tapi buat saya jerawat itu cuma masalah kalo nemploknya di wajah, tapi kalo nangkringnya di pastel, itu seksi... ketje beraaaat... kesannya gimana gitu... semakin berjerawat, makin nampak kalo pastelnya renyah, kalo gak jerawatan, kalopun di-aku-aku renyah, tapi teuteup aja buat saya kayak ada yang kurang gitu heheh...




Pastel Goreng Renyah


Nggak ada trick khusus sih, buat bikin pastel berjerawat kayak gini, bahannya juga sama aja kayak pastel yang kemarin saya bikin itu lho... bedanya cuma airnya ditambahh 20 ml jaadi 120 ml, asalnya cuma 100 ml... terus airnya yang asalnya cuma anget aja, nah ini dituangnya pas masih agak panas, jadi ke adonan terigunya lebih lembut dan lebih elastis.. makanya adonan lebih mudah saat digilas... Hasilnya kulit lebih tipis,  jadi pas digoreng keluar deh jerawat-jerawatnya. Simple aja kan?  Nah kalo untuk isiannya persis aja kayak kemarin cuma gak pake telur rebus, cuma kentang tumbuk sama wortel..  tetap enak kok...^^



PASTEL GORENG RENYAH


Pastel Goreng Renyah




250 gr tepung terigu
50 gr margarin
1/2 sdt garam
120 ml air hangat [agak panas]
2 sdm minyak sayur 
Minyak untuk menggoreng




Isian
200 gr kentang kukus lumat
2 buah wortel ukuran sedang, potong kotak kecil
2 siung bawang putih
2 tangkai daun bawang
4 siung bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt kaldu bubuk
1/3 sdt garam
1/2 sdt gula
3/4 gelas air




Isian
Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dirajang halus, sampai wangi, masukan irisan daun bawang, aduk-aduk, tambahkan wortel, masak sampai layu. Tambahkan 1/2 bagian air. Masukan gula, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, aduk hingga airnya menyusut, masukan kentang, dan sisa air, aduk-aduk, masak hingga airnya mengering, cicipi, matikan api.

Kulit
Didihkan air, masukan margarin ke dalam air, matikan api. Biarkan hingga margarin cair dan air menjadi hangat, kemudian tuang ke dalam terigu yang sudah dicampur garam, tambahkan minyak, aduk asal rata, jangan terlalu lama mengaduk supaya kulit tidak alot.

Penyelesaian
Ambil adonan, kemudian tipiskan, cetak bulat. Ambil 1 sdm adonan, lipat sisi- sisi nya kemudian pilin. Lakukan sampai habis. Goreng adonan di dalam minyak hingga terendam semua dengan api sedang, angkat, tiriskan, sajikan.
 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



8 comments :

  1. napa bisa kontak batin ya teh? tadi lagi bengong kok tetiba pengen pastel yg kulitnya jerawatan. eh tapi mikirin kalo kudu bikinnya itu yg malesin, mwahahahahah. langsung bookmark, nunggu rajin dateng :D matur tengkyu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha sehati kita mbakyu... embweer bikin kulitnya itu suka males yo...:D
      sama2..:)

      Hapus
  2. hoo..jadi jerawatan itu cirinya pastel renyah ya mak..
    sipp, dicatet..

    BalasHapus
  3. Nah ini aku suka, kirim kirim kirim ntar aku goreng sendiri aja ngak papa

    BalasHapus
  4. Aaaaahhhh... ini mah sy duyan bgt mom....
    :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^