Makaroni Schotel Goreng

Makaroni schotel Goreng





Assalamua'laikum... wr..wb...
Wiujeng sonten...

Ini kalo mati gaya gak ada ide buat bekal sekolahnya Kirei, saya suka bikin ini hihihi... Soalnya Kirei gak bisa dibekelin nasi, suka muntah*iya book seriusan... dia gak tahan kalo makan nasi sebelum jam 1 siang. Makanya kalo bekalnya nasi gak akan dimakan. Tapi kalo camilan-camilan gurih masih mau... Jadi ya camilannya harus lumayan berkarbo biar mengenyangkan... Paling alternatif lainnya dibekelin spaghetty.. doyan banget dia, tapi yo masak iya tiap hari bekelnya spaghetty hehe.. kadang selingan sama roti atau emh... bubur... aneh ya, bekal sekolah kok bubur hahaha.. bubur kacang maksudnya bukan bubur ayam... ya dia pengennya itu.. soalnya kadang anaknya agak picky... jadi ngikut aja deh terserah maunya apa...




Makaroni schotel Goreng


Resep? ah resep nya sih biasa aja ya mak... makaroni skutel mah dari jaman Firaun maen congklak juga gitu-gitu ajah...  Bedanya yang ini setelah dikukus makutelnya di potong-potong terus dipanir lalu digoreng... Iyalaaah sedap pastinya... dan kalo bikin dalam jumlah yang banyak, setelah dipanir bisa disimpen di frezer buat stock.  Tapi kalo emak-emak pengen alternatif yang lebih sehat, tentu saja lebih baik dipanggang... Topingnya bisa pake saus putih atau taburan keju chedder aja udah cukup... ^^



MACARONI SCHOTEL GORENG


Makaroni schotel Goreng






100 gr macaroni, rebus
100 gr daging ayam cincang
1 buah wortel, serut halus
50 gr keju parut
1 tangkai daun bawang iris
1 buah bawang bombay, cincang [gak ada stock saya ganti pake 3 buah bawang merah] 
3 buah sosis, iris
2 siung bawang putih, cincang
200 ml susu cair
1,5 sdm tepung terigu
3 btr telur
Garam
Sejumput gula
Kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm margarin untuk menumis
Minyak untuk menggoreng


Celupan
Telur kocok lepas
Tepung panir kasar secukupnya





Tumis bawang dengan margarin sampai harum, masukan ayam, masak hingga ayam berubah warna, kemudian tambahkan terigu, aduk lalu tambahkan susu cair, keju, wortel, sosis, daun bawang, masak hingga mengental, kecilkan api. Masukan gula, garam, merica bubuk, pala bubuk dan kaldu bubuk, bila suka, aduk . Masukan macaroni, matikan api. Aduk rata. Tambahkan telur, aduk rata. 

Siapkan pinggan yang sudah dioles margarin, tuang campuran macaroni ke dalamnya. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit dengan api sedang. Jangan lupa membungkus tutup kukusan dengan serbet bersih. Jika sudah matang, angkat, dinginkan, baru dipotong sesuai selera. Setelah itu celup ke dalam telur kocok kemudian gulingkan ke dalam tepung panir, lalu goreng hingga kecoklatan. Apabila masih ada sisa, simpan macaroni schotel yang sudah dipanir di dalam freezer, jadi biasa digoreng kapan saja.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. mauu doong jadi temen sebangkunya Kirei..bekelnya enyak2..karbo pulak, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...duh temennya dah emak2 ginii...*kirei merenung*
      :D

      Hapus
  2. whaaa....Firaun main congklak????? Emang waktu maen congklak Firaun bawa bekel makaroni juga? aya aya wae si teteh mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixix... cuma kejadian di dunia Marbels.. hahah

      Hapus
  3. Jadi kirei ngak perna sarapan dong yaaa ?? Knp bisa begitu makan nasi mesti diatas jam 1 siang ??? gw ngak nendang kalo pagi2 blm kena nasi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem mas, jarang banget.. suka muntah, mual katanya... minum aja jarang ntar kalo dah jam 9 baru deh cemal-cemil.. ntar kalo nasi mah siangan..:)

      Hapus
  4. Comot satu...save resepnya ya mba ayu

    BalasHapus
  5. mb..kalau di panggang apa resepnya sama..mksh

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^