Chocolate Avocado Ice Cream

Chocolate Avocado Ice Cream

Assalamua'likum...wr..wb...
Wilujeng enjing...

Es krim abal-abal lagi yaaa pemirsah... Ini dibikinnya beberapa minggu yang lalu, waktu Bandung belum sesekseh ini dinginnnya... Kalo sekarang mah ogah ah, males bolak balik urusan sama freezer... Meski gak ngaruh juga kalo urusan makannya, mau cuaca dingin menggila atau panas membara laku aja, biar pun cuma es krim abal-abal... susah emang kalo keturunan eskimo, maunya es- es-an mulu...



Chocolate Avocado Ice Cream



O yah, saya pengen cerita soal pemotretan es krim ini, saya paling gugup kalo motret semacam es- es an gitu.. Kenapa? karena mereka punya limit kece, maksudnya kita gak bisa lama-lama moto nya... harus jitu tembakannya, eh jebretannya.. kalo enggak ya jadinya kayak gambar di atas.. keliatan es krim bagian bawah udah meleleh dengan lemesnya, nah yang atas masih agak mulus dan kokoh penampakannya... ya karena yang atas ditambahin kemudian, setelah bagian bawahnya mencair hihihi... Settingannya juga diatur seminimal mungkin, biar gak puyeng ntar kalo tiba-tiba pas diliat hasilnya malah jadi noraaak... cara aman, pilih properti yang serba minimalis :D*bilang aja biar gak perlu ngemodal properti banyak-banyak...



Chocolate Avocado Ice Cream


Balik lagi ke resep... Ini sama kayak bikin chocolate banana icecream itu ya... bedanya yang ini pake alpukat bukan pisang, tapi tata caranya sama persis kayak yang kemarin. Buahnya dibekuin dulu, kemudian diblender halus dengan bahan yang lain... Sempet ada yang nanya, gimana kalo buahnya diblender dulu baru dibekuin? ya bisa-bisa aja sih, tapi jadinya lebih kayak sorbet kali yaah... beda emang? menurut saya sih beda... kalo buahnya dibekuin lalu diblender, maka hasilnya lebih halus dan creamy, butiran esnya lebih kecil ketimbang kalo misalnya buahnya diblender dulu kemudian dibekukan.  Justru disitulah kita dapet efek creamynya... *JMO...

Sebenarnya yang rasa alpukat lebih enak kalo gak usah ditambahin cokelat bubuk... cuma waktu itu alpukatnya ada sedikit bintik-bintiknya... jadi kurang cantik hasilnya, makanya saya tambahin cokelat bubuk... tapi saya sarankan gak usah deh ya... Kenapa? karena ternyata setelah beberapa kali percobaan dengan alpukat, buah ini memiliki kekurangan*dibalik beberapa kelebihannya... setelah disimpan lebih dari dua hari, meski pun sebelumnya buah sudah dipastikan sangat matang dan sama sekali tak berasa pahit, tapi setelah lewat dua hari di dalam freezer, rasa pahitnya muncul dan nge-hint banget... Nah ketika kita menambahkan cokelat bubuk ke dalamnya, ini memperparah rasa pahitnya... beda kalo yang gak ditambahin cokelat bubuk, rasa pahitnya jadi lebih tersamar saat kita menambahkan SKM atau madu pada saat dihidangkan... Sampai sekarang saya masih bingung gimana mengatasi rasa pahit pada alpukat ini... Jadi saran saya kalo mau bikin yang rasa alpukat kayak gini sebaiknya gak usah banyak-banyak, bikin yang kira-kira bisa habis dalam dua hari, supaya rasanya tak berubah... Tapi secara keseluruhan es krim abal-abal yang memakai buah alpukat memiliki rasa yang lebih gurih, creamy, lembut dan enak... ^^


 
CHOCOLATE AVOCADO ICE CREAM
 

Chocolate Avocado Ice Cream





2 buah alpukat matang, potong kecil-kecil
1 1/2 sdm cokelat bubuk
Pilih salah satu dari ketiga ini atau boleh boleh ditambah ketiga, Susu kental manis, madu, gula
30 gr susu bubuk

Bekukan alpukat, masukan ke dalam blender, tambahkan SKM/ madu/gula atau ketiganya dan cokelat bubuk. Proses sampai halus. Pindahkan ke dalam wadah, bekukan lagi, sajikan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Salam,



4 comments :

  1. Ari di kampung saya mah alpuket teh warnanya hijou ceu....


    *ketauan ga mbaca....

    BalasHapus
  2. itu yang di bawah kok choco chipsnya kaya biji kopi ya.. :D
    potonya makin ketjee badai ajeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dibawah emang biji kopi mah... haha gak nyambung ya... nggak tau kenapa bukannya chocochips yang di acak-acakin di bawah malah milih kopi:D
      yang motonya juga dooonk.... *ngarep hahahh... kebetulan aja cahaya lg bagus tapi beberapa hari ini mah gelap2an trs ... dah masuk musim ujan...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^