Repost: Puding Santan Gula Merah

Puding Santan Gula Merah
Terbuat dari agar-agar, santan, gula merah dan telur...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Untuk kesekian juta kalinya saya bikin puding ini. Kadang saya menyebutnya agar-agar gula merah dan kali ini lagi pengen nyebutnya puding santan gula merah, atau terserah mau disebutnya apa, kalo temen-temen punya nama yang lain hihihi... Apapun namanya, bagaimana pun cetakannya, saya dari kecil penggila berat puding agar-agar ini.

Puding ini memang termasuk puding super jadoel... dan meski sekarang sudah banyak resep-resep puding mulai dari yang bahannya sederhana sampe yang pake bahan segambreng, tapi puding yang satu ini tetap favorit buat saya. Selain karena rasanya yang enak, juga karena alasan-alasan yang sentimentil. Kenangan saya dengan mama. Mama dulu paling sering bikin puding ini, dan saya akui buatan mama tetap lebih enak. Tapi memang bikinnya lebih ribet dibanding yang saya buat. Santannya harus memakai santan dari kelapa yang sudah tua dan diparut sendri. Gulanya bukan memakai gula merah biasa, tetapi memakai gula kawung [gula aren] yang warnanya coklat tua. Kemudian memasaknya pun sangat lama untuk ukuran membuat puding... padahal, ini kan pake santan jadi harus diaduk-aduk supaya tidak pecah. kebayang puegel donk ya...  Jadi nanti pas pudingnya dingin, dipermukaan agar-agarnya keluar butiran-butiran minyak, dan ajaibnya, meski disimpan di suhu ruang [gak dimasukin kulkas, masutnyah], bisa tahan sampe 3 hari tanpa menjadi cair ataupun basi. Kemungkinan karena waktu memasaknya yang lama itu tadi. Dan hasilnya...memang super! cuma ya itu.... lamaaa bookk...



Puding Santan Gula Merah


Nah, kalo yang saya bikin ini, versi malesnya hehe... saya pakenya santan instan, terus gulanya gula merah biasa. Memasaknya juga gak lama-lama banget, tapi memang ditunggu sampai benar-benar mendidih dan terus diaduk sampai beberapa saat. Tapi tentu saja tak selama yang dibuat mama hehe... hasilnya? ya tetep enak sih.... ^^

 
PUDING SANTAN GULA MERAH 

Puding Santan Gula Merah







1 bks agar-agar putih, sekitar 7 gr [saya pake yang swallow]
1 btr telur
1 bks santan instan [boleh yang 60 ml atau yang 120 ml]
900 ml air
1 bks kecil vanila bubuk/ 2 lembar daun pandan
200 gr gula merah
2-3 sdm gula palem





Rebus gula merah dengan 300 ml air, saring sisihkan. Masukan agar2 kedalam air, tambahkan santan, aduk-aduk sampai rata, baru panaskan diatas api. Kocok telur lalu saring dan langsung tuang di atas agar-agar yang sednag dimasak. Disaring supaya telurnya bertekstur menjadi butiran halus. Masukan gula merah ke dalam agar-agar yang sedang direbus, tambahkan gula pasir dan vanila atau pandan, biarkan mendidih sampai airnya menyusut.

Aduk2 saat proses perebusan. Tunggu sampai airnya agak menyusut. Cicipi dulu rasanya, sesuaikan dengan selera masing-masing.Angkat, masukan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air terlebih dahulu supaya agar-agarnya gampang dikeluarkan. Diamkan hingga uap panasnya keluar, baru masukan ke dalam lemari es.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. mauuuuuu....

    *pose srigala manyun... :D

    BalasHapus
  2. kelihatan mak nyuss sekali nih, dan fotonya juga bagus ..

    BalasHapus
  3. Saya juga mbikin kemarin lusa... Belum keposting :D

    BalasHapus
  4. Salam mbak ayu..santan nya kapan dimasukin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho mohon maaf resepnya geje gini hehe, santannya masukin bareng air mbak... :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^