Repost: Agar-agar Gula Merah

Agar-agar Gula Merah
Terbuat dari agar-agar, santan, gula aren dan telur... aromanya sedeeep banget...




Setiap kali saya membuat puding ini, pasti kangen banget sama mama. Soalnya agar-agar ini adalah salah satu makanan favorit saya dari kecil. Pokoknya sukaaa banget. Meskipun bahan-bahannya simple tapi yang paling khas dari agar-agar ini adalah aromanya yang enak banget karena terbuat dari gula aren. Terus ngapain judulnya jadi gula merah yah...? *biarin donk suka-suka yang ngasih judul hihihihi...

Agar-agar yang terbuat dari gula aren, lebih enak rasa dan aromanya dibanding dengan gula merah yang terbuat dari gula kelapa biasa. Gula aren ini sendiri terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau dan biasanya dicetak di dalam batok kelapa. Di daerah asal saya di Sukabumi, biasanya tidak begitu sulit mencari gula aren ini. Tapi kalo di Bandung sih saya agak susah nyarinya, karena kurang tau yang jualnya dimana. Lha terus itu dapet gula arennya dari mana?


Read more...

Ehm... Jadi begini pemirsa... saya dapet gula ini dari tetangga saya yang katanya baru pulang dari Ciamis.. Alhamdulillah...langsung kepikiran bikin agar-agar ini deh... soalnya udah lama banget gak bikin..^^


Agar-agar Gula Merah



AGAR-AGAR GULA MERAH


Agar-agar Gula Merah





1 bks agar-agar putih [saya pake yang swallow]
1 btr telur
Kelapa tua parut dari 1/4 buah
1000 ml air
1 bks kecil vanila bubuk
1 lembar daun pandan 
3 buah gula aren [maaf tidak ditimbang]
Gula pasir [hanya sebagai penguat rasa]





1. Rebus gula merah dengan 300 ml air, saring sisihkan.
2. Masukan telur ke dalam kelapa parut, aduk-aduk hingga rata kelapa dan telurnya, lalu peras dengan air sisa merebus gula merah [700 ml]
3. Masukan agar2 kedalam air perasan santan, aduk-aduk sampai rata, baru panaskan diatas api.
4. Masukan gula merah ke dalam agar-agar yang sedang direbus, tambahkan gula pasir dan vanila, biarkan mendidih sampai airnya menyusut. Aduk2 saat proses perebusan, karena mengandung telur dan santan jadi bisa tumpah dan mengerak kalo dibiarkan. Tunggu sampai airnya agak menyusut. Cicipi dulu rasanya, sesuaikan dengan selera masing-masing.
5. Angkat, masukan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air terlebih dahulu supaya agar-agarnya gampang dikeluarkan..diamkan hingga uap panasnya keluar, baru masukan kulkas yah.. soalnya lebih enak disajikan dingin...


Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



12 comments :

  1. Numpang tanya bu...
    Sy blm prnah bikin agar2 yg d kasih telur... Itu ada berasa amis kaga ya bu? Trs nyampurin telur ama parutan kepala aiiiihnh kelapa gitu ya bu? Ayo bu jwblah aku bu..Mkc bu... Babay bu...
    Ibuuuuuu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. emhh..kalo menurut aku mah yang sensitif sm bau amis.. nggak tuh biasa aja teh...

      iya si mamah kebiasaannya gitu, jadi telurnya dicemplungin ke kelapa supaya nanti jadinya halus. Kalo pake santan instan campurin semua bahannya terus diaduk, dan saring. Kalo nggak gitu nanti putih telurnya jadi ngambang kayak bikin mie telor, ya jaidnya aneh gitu..makanya harus disaring telurnya.

      siiipp^^

      Hapus
  2. Wajib d coba...
    Biasanya kaga prnah make telor...

    Tau gak c... Aku br bl bukunya wied harry tauu...
    (gdebug»»»k mn aja selama ini «««)
    Norakyah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum teh coba ajah..kalo pengen lebih keras, aqirnqya dikurangin aja.

      wah asyik donk bisa diet ala FC :D

      Hapus
  3. aku kalo bikin ga pakai telor mba...jadi pengen cobain, pas lagi punya gula aren juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. heh? masa? aku pikir default agar2 ini emang pake telor hihihi...
      tapi kalo pake telor terus santannya pake yang cair harus disaring dl sebelum dimasak soalnya ntar putih telurnya bisa ngambang2 kayak kita bikin mie intsn pake mie.. ngerii kan?:D

      Hapus
  4. saya jg belum pernah mbikin yang pakai telor....males ribet2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kya..kyaaa.. karena saya pikir emang harusnya make telor jadi santei aja bikinnya...:D

      Hapus
  5. wah puding ini juga puding kesukaanku mbak. mama d rumah juga bikinnya sama persis kayak gtu pake telur juga. jadi kangen nih pengen bikin puding ini. emang bener mbak paling enak kalo pake gula aren. wanginya beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tosss deeehhh....
      akhirnya ada yang sefrkeuensi nih, alias akuh hhahahah...

      Hapus
  6. Waiyaaaaaahhhh.... bolehlah tambah ribet dikit tapi rasanya jadi mantap! Aku mau coba juga! Doakan sukses yaaaaaa.....!!!!

    BalasHapus
  7. silahkan mbak ira,mudah2an sukses yaaaaaa....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^