Gemblong Ketan Hitam

Gemblong Ketan Hitam
Tepung ketan, dicampur garam dam kelapa kemudian digoreng lalu dibesta dengan gula pasir

Assalamua'likum...
Wilujeng sonten...

Tos dinten rebo deui... nincak kana dinten katilu sasih romadhon, alhamdulillah... kumaha ibu-ibu, masak naon dinten ieu.. kaleresan simkuring ge ngadamel bala-bala, asinan, emih anu dibanjur ku sambel kacang, es campur, teras aya keneh puding sareng kueh Talam. Pami kanggo makan besar na? tah pami eta mah teu disiapkeun kumargi di abdimah tuang teh mung waktos sahur doang, pami buka mah tara tuang sangu...heheh... 

Ayeuna teh tos mimiti lebet ka usum halodo pami di Bandung mah. kumari 3 dinten kamari mah masih keneh hujan ageung... janten karaosna panas pisan, najan tos sonten ge... tapi alhamdulillah puasamah lancar...^^
________________



Gemblong Ketan Hitam


Hari-hari menjadi fakir quota berakhir sudah hehehe... tapi teteup waktunya mepet-mepet sama jadwal ini itu. Namanya bulan ramadhan tentunya harus cermat bukan cuma mengatur pengeluaran materi tapi juga harus cermat mengatur waktu antara berburu pahala dengan aktivitas harian ebo-ebo kayak biasanya... jadi tetep aja yah gak bisa ngalor-ngidul lama-lama... maapkeun....*blaaah sok-sok sibuk...

Bikin gemblong ketan hitam ini emang niat banget, suka aja sama sensasi rasa dan aroma ketannya itu yang khas. Kebetulan dipostingan gemblong sebelumnya ada yang ninggalin komen kalo ternyata setelah mencoba resep gemblong yang ituh hasilnya kurang memuaskan. Konon katanya dalemnya gak mateng padahal luarnya udah gosong. Saya sendiri agak bingung, padahal resep itu [resep aslinya dari sajiansedap]  sudah saya ujicobakan dua kali menggoreng dan hasilnya selalu bagus. Mateng luar dalem terus gak meledak, itu yang juga penting. Makanya saya coba bikin untuk ketiga kalinya, dengan resep yang sama, hanya tepung ketannya diganti pake ketan hitam. Dan bener aja pemirsa... hasilnya juga bagus. Terus masalahnya dimana? entahlah... mungkin gemblongnya terlalu tebal atau bagaimana, karena sayangnya komentatornya sendiri tidak meninggalkan pesan lebih lanjut...



Gemblong Ketan Hitam


Nah karena ini ceritanya mau menampilkan segi tekstur daleman gemblong jadi poto-potonya banyak yang dari jarak dekat... maksudnya sih biar lebih jelas aja gitu keliatan dalemnya, meskipun, karena pakenya ketan hitam jadi gak begitu jelas juga detilnya...



GEMBLONG KETAN HITAM

Gemblong Ketan Hitam








200 gram tepung ketan hitam
100 gram kelapa parut kasar
1/2 sendok teh garam
125 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
500 ml minyak untuk menggoreng



Pelapis
100 gram gula pasir
100 gram gula merah sisir
150 ml air
2 lembar daun pandan, disimpulkan






Campur tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit  sedikit sambil diuleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan. Bentuk oval pipih. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan.
   
Pelapis: panaskan gula pasir, gula merah, air, dan daun pandan sambil diaduk sampai berbusa dan kental. Tambahkan gemblong. Aduk sampai terbalut. Matikan api. Aduk sampai terbalut gula dan kering.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



10 comments :

  1. buatnya dari ketan aja ya? kayaknya enak ya Ay?

    BalasHapus
  2. Kalo aku bikin gemblong item tuh perbandingan ktn item:ktn putih:kelapa parutnya 1:1:1 .. ga meletus dan legitnya dapet . .
    Kbetulan bikin hr jumat kmrn wat ebo2 pengajian jumatan... yum... sayang ga kepoto , buru2 .
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ini ketannya udah kcampur ma ketan putih kyknya hihi
      ..

      Hapus
  3. Aku tak suka gemblong, lebih baik ketanitem nya di jadiin brownies aja kak :-) #maksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah dek...lain Kali dibikin brownies aja hehehe

      Hapus
  4. saya kurang suka gemblong....gimana coba?

    BalasHapus
  5. Sukaa... Yang pake ketan hitam lebih empuuk ^^

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^