Gemblong

Gemblong
 Tepung ketan yang diuleni bersama kelapa, garam dan santan kemudian digoreng hingga kering lalu dibalut gula merah...

Assalamua'laikum...
Wilujeng sonten...

Gemblong.... pami nyarioskeun tuangeun jadul ieu teh sok emut ka mangsa simkuring masih keneh di lembur, di Sukabumi nyingcet 100 kilometer ka belah kidul. Aya tukang icalan gemblong nu unggal enjing sok ngider nyandak katuangeun ieu. Dicandak na teh dina balastrang, naon nya balastrang teh, sapertos baskom mung tina kaleng. Salian gemblong aya oge ulen, sareng rarauan. Kadang pami dongkap na telat eta si emak, mak Enap nami na teh, sim kuring sok dongkap ka bumi na. Tuluy weh ngadon siduru sisi hawu bari nungguan gemblong na asak... Waktos harita mah, da simkuring ge masih keneh alit, janten pangaosna hiji na teh mung rp 50-an. Tapi ayeunamah tos teu aya, pami teu lepatmah tos pupus nu icalan na ge. Mung emutan eta sok aya wae..

Tangtosna urang sewang-sewangan pasti garaduh emutan jaman baheula anu kadang masih keneh sok ngolebat na sawangan...  salah sahijina emutan mak enap sareng gemblongna. Sesah hilapna... tah kumargi ayenamah anjeunna tos teu aya janten pami hoyong katuangeun nu kieu teh wayahna kedah tiasa ngadamel nyalira... ngiring kataji? mangga cobian...^^
_________________________


Gemblong


Beberapa postingannya Ummu Fathimah kemarin getas dan gemblong. Saya jadi inget belum pernah bikin. Kalo pun bikin, biasanya gak dibalut gula, jadinya asin gitu. Nah kali ini nyobain yang digulain. Sebenarnya dah lama juga sih gak bikin gemblong ini. Soalnya dulu sempet meletus pas ngegoreng ketan nya, jadi trauma heheh... Tapi alhmdulillah yang ini mah aman sentausa, gak meletus. Kuncinya  di pengaturan apinya, jangan terlalu besar, sedang-sedang saja....Hasilnya lumayan enak, meski kemanisan kayaknya, lain kali gulanya harus dikurangin mungkin. Terus itu gula nya kok kinclong begitu ya... licin, gemblong kan biasanya bopeng-bopeg gula nya...hm....*bingung sendiri...

Resepnya sama seperti Ummu Fathima, pake yang dari sajiansedap.... plek gak dimodif lagi. Makasih ya ummu buat inspirasinya...^^


Gemblong


Gemblong



GEMBLONG
Source: Sajiansedap


Gemblong






200 gram tepung ketan putih
100 gram kelapa parut kasar
1/2 sendok teh garam
125 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
500 ml minyak untuk menggoreng



Pelapis
100 gram gula pasir
100 gram gula merah sisir
150 ml air
2 lembar daun pandan, disimpulkan






Campur tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit  sedikit sambil diuleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan. Bentuk oval pipih. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan.
   
Pelapis: panaskan gula pasir, gula merah, air, dan daun pandan sambil diaduk sampai berbusa dan kental. Tambahkan gemblong. Aduk sampai terbalut. Matikan api. Aduk sampai terbalut gula dan kering.

 Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Salam,



13 comments :

  1. mommy ini yg versi bandung yaa?
    kalo yg marni biasaliat disini gulanya kering :D tapi bahan-bahannya si sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga kering teh... tapi gula nya kinclong gak bopeng hihihi...

      Hapus
  2. Nya eta teh jajanN semasa kecil... duit gocap sekarang mah kaga ada artinya yah... yg menghargai cuma di market2 ato di mol mol...

    Hahahaha....

    Etah gula na kinclong teh mereun kelamaan masak gulana teh...?

    Kl aku mah bikin besta malah jarang berhasilnya... hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ceu...heuheu...

      duka tah enya meureun kelamaan masaknya:D

      Hapus
    2. Kalo uda adem lengket deui nya gulana?
      Aku pernah soalnya bikin yg gulanya begitu, kata mertuanya suami alias emak gue... krn kelamaan masak gulanya...

      *mending teteh mah... keliatannya masih empuk... sy mah jd alot....;(

      Hapus
    3. enya kudu dipisahin teh...
      punya ku itu pas dah lama tetep kering teh, padahal digolerkeun ti siang nepika magrib masih kering, serius...:D

      Hapus
  3. Makanan ini sederhana dan gw ngak begitu suka, tapi penyajian diblog ini dengan teknih foto + gerabah tanah liat nya jadi terkesan mewah tapi tetep ngak pingin nyoba hahaha

    BalasHapus
  4. klo masih basah gini berarti kurang lama ngaduknya Mbak...keburu dimatikan apinya ya....:) saya taunya pas lihat di yutub...link nya udah saya cantumkan di resep getas ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem ummu, tadinya sneneg aja masih meleh gitu hihi, jadinya malah gak bopeng:D

      Hapus
  5. teteh, numpang tanya... saya barusan bikin gemblong, tp pas di goreng, dalemnya knp msh mentah ya, luarnya udah gosong... pdhl udah pake api keciiiillll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah kenapa ya... sejujurnya saya juga kurang ngerti... dua kali ngegoreng, hasilnya mateng luar dalam... terlalu tebal mungkin membentuknya?:)

      Hapus
    2. mungkin kebanyakan gula

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^