Candil Ubi Jalar

Cadil Ubi Jalar
Terbuat dari ubi jalar dan tepung kanji dibentuk bulat-bulat kemudian disajikan dengan kuah santan gula merah...

Assalamua'laikum...
Wilujeng enjing...

Sahurnya ditemani hujan yang guede banget... subhanalloh... makanya adem banget deh. Meski jadinya mendung tralala.. tapi tetap semangat dan ceria di hari ke 7 di bulan ramadhan ini. Dan baru sekarang bikin kolak lagi. Kebetulan kolak yang posting adalah kolak sejuta umat,  candil! dah pada hapal pastinya yah... eh tapi dulu waktu saya posting candil ada juga sih pembaca yang komen kalo ybs belum pernah makan candil, saya jadi bertanya-tanya mungkinkah beliau tinggal di Narnia? heheh... *dilempar sendal jepit.. ya belum pernah nyoba aja kaliii...

Nah, karena ini adalah kolak candil sejuta umat, jadi asumsi saya, pasti ibu-ibu, bapak-bapak atau pun om tante pasti sudah hapal betul cara bikinnya gimana. Cuma ubi jalar yang direbus, terus dicampur dengan tapioka. Takaran tapiokanya diseuaikan dengan tingkat kebasahan ubi. Tambahkan tepung tapiokanya sampai ubi bisa dibentuk dengan mulus. Selain memakai tapioka, bisa juga memakai tepung beras. Biasanya di resep-resep yang lain pake tepung beras cuma saya  lebih suka pake tapioka karena lebih kenyal. Tapi balik lagi, semuanya terserah selera masing-masing ya... untuk kuahnya pake santan yang direbus sama daun pandan dan dikasih gula merah, sedikit garam dan gula pasir untuk menguatkan rasanya. Udah gitu aja...^^



Cadil Ubi Jalar


Motret candil ini bener-bener gak ada mood, matek gaya, gak punya ide... jadilah aneh begini... tapi minimal penampakan candilnya teteup jenong dan sekseh yaa... meskipun stylingnya boring banget...




Terus resep.. mana resep... ?
nah itu dia saya gak pake takaran waktu bikinnya kira-kira aja... jadi bingung nih nulis resepnya... jadi ini judulnya bukan mau posting resep, tapi posting poto geje aja.... soalnya dilema simalakama, dibuang sayang, disimpen ngabisin space hehehe... mending diposting aja...^^

Pokoknya tetap semangat ya...


Salam,



12 comments :

  1. Itu kok judulnya juga geje, teh.. xixixi
    Sy kenal candil pas lg di bandung, sukaa.. klo di kampung sy di jogja kayana ga tlalu populer, jarang nemu. Itu duluu tp yaa..mgkn skrg udah bnyk jg yg jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha waduh aku sampe gak nyadar judulnya pun ngaco hahah...
      oooh berarti memang ga populer ya di luar Jabar? heheh

      Hapus
  2. kalau kataku itu biji salak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleeeh...
      asal jangan dibilang biji mata aja
      tatuuut...:D

      Hapus
  3. Cadil ape Candil jeung?
    Huruf N nya masuk lemari mereun ya nyariin org yg blm prnah makan candil...

    Wkwkwkw...
    Bhbhahaahahaa...

    Ukhuk...! Keselek parutan!

    BalasHapus
  4. weitsss ini hidangan wajib buat buka puasa nih kalo dirumahku....yam yammmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sering bikin ya mbak
      aplod donk.....:D

      Hapus
  5. Ini biji salak kalo di jakarta dan hanya ada kalo bulan puasa, tapi aku ngak begitu suka makanan yg mengandung santan dan susu + manis jadi ngak perna beli buat ta'jil puasa.
    Di gresik ngak ada lho biji salak ini, disana biasa nya kolak pisang + ubi + waloh, eh waloh itu bahasa indonesia nya apa yaa #Lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waluh itu sama kayak orang sunda, bilangnya waluh... kalo bhs indonesianya labu kuning, kerennya kabocha heheh...

      Hapus
  6. Saya masih suka bingung nih antara bubur candil dan biji salak... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emh, pa yah bedanya... kalo candil lebih umum kayaknya bisa dibikin dari ketan/beras, kalo biji salak lebih spesifik dibikin dari Ubi aja kali... heheh

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan...kalau kebaca Insyaalloh dibales, kalau enggak jangan ngambek, berarti yang punya blog lagi kelilipan nggak ketauan ada komentar nyelip^^